h1

RMS bukan perusuh

2 Juli 2007

 whre1.jpg

wew kok bisa??

Mungkin bagi sebagian besar orang RMS adalah sekolompok orang perusuh yang tidak puas akan kebijakan pemerintah indonesia sehingga mencoba “melepaskan” diri dari negara Indonesia… akan tetapi apakah bener RMS adalah sekolompok perusuh? sangat disayangkan apabila pemikiran ini menjadi justifikasi untuk menyelesaikan setiap masalahRMS di ambon… nah lo, bagi saya untuk menjustifikasi tentang suatu kelompok setidaknya kita harus memahami sejak awal terbentuknya kelompok itu sampe skr.. ga hanya mengambil sepotong, sepenggal apalagi tak tuntas :p

Salah satunya adalah yang ditulis Intelejen Indonesia pada artikel “Ambon Manise RMS Pahite” ada poin2 yang sangat brilian yang ditulis dengan hati2 namun ada juga yang menjelaskan cara berpkir yang mengangap enteng masalah ini.. diantaranya adalah :

“Sayang Blog I-I tidak sempat menyampaikan kepada SBY bahwa reaksi terbaik atas insiden Lapangan Merdeka Ambon adalah anggap saja sebagai riak kecil kekecewaan sekelompok kecil saudara kita di Ambon. …..”

Busyet dah kejadian kemaren adalah riak kecil? yah gpp dah karena masih satu kelompok dengan anggapan “perusuh RMS”.. yang jadi masalah adalah ketika semua orang beranggap kaya gitu.. ga intelektual… ga Polisinya, ga tentaranya, ga pejabatnya.. maka yang terjadi apa? penyelesaian yang dilakukan jga adalah penyelesaian “perusuh”.. bukan penyelesaian masalah..

Bagi saya RMS bukan perusuh yang sekedar melakukan tindakan spontanitas akan tetapi gerakan ini merupakan gerakan ideologis yang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun, mereka mungkin saja melakukan kaderisasi yang terkoordinir selama ini sehingga gerakan mereka tetap Eksis.. di setiap desa2 yang sudah menjadi basis mereka sejak awal2 RMS berdiri…RMS telah memanfaatkan celah kebodohan pemerintah yang menganggap mereka sebagai kekuatan yang tidak diperhitungkan sehingga mereka tetap berjaya… dengan cerdas mereka membangun kekuatan dari personal2 yang memang sudah sejak awal simpati kepada RMS…..

Yang sangat mengherankan apakah orang2 yang menganggap RMS ga ada apa-apanya, RMS hanyalah sepenggal kain warna-warni, yang kadang dikibarkan oleh seseorang yang lagi stress. jadi ga usah terlalu di buat serius, santai aja lama2 jga mati sendiri. padahal “Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) sebenarnya kelanjutan dari pertentangan antara golongan nasionalis-republikein dan golongan federalis ekstrim yang berkembang sejak tahun 1946. Pemberontakan ini juga bagian dari pemberontakan di Makassar, sejak pemberontakan Andi Azis pada awal bulan April 1950. [Mailing List|Milis Nasional Indonesia PPI-India] nah sekarang kemanakah gerakan pemberontakan Andi Aziz? mereka sudah menghilang ditelan bumi akan tetapi kenapa RMS tetep Eksis disini.. sejarah RMS seperti saya kutip dari sumber yang sama dianataranya :

[ppi] [ppiindia] Antara Kambing Hitam dan Mimpi Inlanders

From: “Ambon” <sea@xxxxxxxxxx>

To: <”Undisclosed-Recipient:;”@freelists.org>

Date: Sun, 25 Apr 2004 22:51:11 +0200

** Mailing List|Milis Nasional Indonesia PPI-India **

http://www.oposisionline.com/php/news.php?newsid=61

Republik Maluku SelatanAntara Kambing Hitam dan Mimpi Inlanders

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) sebenarnya kelanjutan daripertentangan antara golongan nasionalis-republikein dan golongan federalisekstrim yang berkembang sejak tahun 1946. Pemberontakan ini juga bagian daripemberontakan di Makassar, sejak pemberontakan Andi Azis pada awal bulan April

1950.

————————————————————————–

Inti pemberontakan RMS ialah usaha mempertahankan secara ekstrim ide

federalisme melalui perjuangan bersenjata. Pemberontakan ini melibatkan

kesatuan-kesatuan KNIL (Koninklijk Nederlands Indisch Leger–Tentara Kerajaan

Hindia Belanda-red) di Ambon. Sebenarnya ada segi lain dari peristiwa ini,

yaitu tindakan indisipliner dari kesatuan-kesatuan KNIL.

————————————

Pemberontakan RMS adalah peristiwa berdirinya Republik Maluku Selatanyang mencoba lepas dari Negara Indonesia Timur (NIT). Peristiwa terjadi diAmbon, 25 April 1950, oleh orang-orang bekas KNIL dan pro-Belanda di bawahpimpinan Mr. Dr. Ch. R. Soumokil, bekas Jaksa Agung Negara Indonesia Timur.

Terbentuknya Republik Indonesia Serikat (RIS) yang diikuti pembentukan Angkatan

Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) telah menimbulkan masalah, terutama

dari tentara KNIL yang tidak bersedia bergabung dengan Tentara Nasional

Indonesia (TNI) sebagai pasukan inti APRIS. Soumukil yang memimpin gerakan separatis ini telah mempersiapkan secara

matang “Proklamasi RMS” dengan memindahkan pasukan KNIL dan pasukan Baret Hijau

yang terlibat pemberontakan Andi Azis ke Ambon. Maka pada 25 April 1950, mereka

mengumumkan berdirinya Republik Maluku Selatan, setelah sebelumnya melakukan

teror dan pembunuhan.

selengkapnya klik disini

“Soumokil telah mempersiapkan secara matang “Proklamasi RMS” ini…” nah dengan persiapan matang kaya gitu masihkah pemikiran kita bahwa mereka perusuh? tapi itu kan dulu? wahh kalo skr kan beda lagi… hehehehe munkin kalo sekedar spontan aja sih kecill.. tapi ini adalah gerakan “ideologi” bukan gerakan yang biasa dan setiap gerakan ideologi mempunyai ajaran yang didoktrin terus menerus kepada pengikutnya sehingga hal itu tetep ada walau sudah berpuluh2 tahun berlalu.

“RMS sudah lama mati di Maluku, sedang gerakan dan kegiatan RMS di Belanda lama-kelamaan menjadi semacam “dokumen hidup” dan ritual politik. RMS di Belanda, makin berkurang popularitas maupun dukungan aktifnya.”

Di Belanda mungkin sudah tinggal “Dokumen hidup” tapi diMaluku? ini yang jadi pertanyaan, dari puluhan orang yang ditangkap.. apakah ada orang2 tua-tua yang bentar lagi dah almarhum? tidak kan malah yang ditangkap adalah pemuda2, remaja, siapakah mereka? Dokumen Hidup dan Ritual Politikkah ?

Sudah terbukti kejadian2 yang berkaitan dengan RMS selalu ada setiap tahun… satu ditangkap.. muncul lainnya.. “hilang satu tumbuh seribu” hehehhehe, pada tiap tanggal 25 April bendera Benang Raja tetep aja berkibar… dengan megah.. bah satu atau dua pokoknya tetep ada, padahal kalo mo dibilang Ambon nih kota sebesar apaan sih?naek motor aja ga sampe 20 menit dah bisa dari ujung ke ujung dah, lebar sama panjangnya mungkin hanya seluas kecamatan di daerah Jakarta sana…trus ada lagi Barak2 Aparat ga kehitung deh.. itu ga termasuk dengan barak2 tentara yang berdiri di pertokoan2 sisa2 kerusuhan 99 dulu.. apa lagi.. kalo jalan2 di kota ambon kira2 nih Tiap perempatan jalan diambon ada satu pos tentara lengkap dengan senjata yang moncongnya masih tetep diarahkan ke Jalan Raya… Apa yang salah?

Yang disayangkan adalah indonesia selama ini menafikkan hal tersebut, indonesia sejak jaman soekarno Sampe SBY tetep meneruskan tradisi pemikiran mereka tentang riak2 kecil yang bergejolak di bumi Maluku. tradisi bahwa sekelompok perusuh RMS masih bergentayangan di Maluku.. so hadapi mereka dengan perusuh.. dan bukti selain diatas adalah “bebasnya” Alex Manuputy yang sampe sekarang lage “vakansi” di Amerika sono, oi Where Is Indonesiaan Hero. yang katanya menjaga Indonesia ini..

Mo ngomong apa.. Alex emang bisa bebas dengan se enak hati sebab yang ditangani adalah ketua kelompok perusuh bukan Pemimpin dari gerakan Republik Maluku Selatan, so buat apa susah2 nahan dia wong cuman perusuh kok :p ini adalah contoh cara pemikiran pemerintah indonesia saat ini.

Dan kalo skr coba anda baca koran tiap hari.. atau ga usah deh jauh2 di website provinsi maluku aja deh apa tuh berita pertamanya? ” Harganas Usung Keluarga bla..bla..bla.. Aduh mak Harganas dah basi pak Gubernur.. mana sikap pemerintah tentang kejadian kemaren? masihkah tetep bungkam dan menunggu masyarakat tetep gondok jga? kita menanti jawaban dari anda Pak.. bukannya malah kita disuruh menunggu lagi..gila dari belom reformasi sampe dah reformasi sampe skr masuk ke repotnasi masih tetep bungkem ga mau kasih tentang sikap pemerintah..

Harganas Memalukan?
Siapa yang malu? apanya? dimananya? weeee yang malu kan pejabat2 tuh bukannya rakyat.. mereka malu karena ada Bapak Presiden :p malu karena RMS dengan cerdik telah melayangkan pukulan telak ke wajah mereka.. karena dari kemaren2 laporan mereka sih udah menghajar “hantu-hantu” RMS sampe ga bisa berdiri lagi namun wushhhh hantu-hantu itu malah muncul di depan mata kepala mereka sendiri, depan Presiden lagi yang selalu membaca bahwa RMS telah tiada.. hehehhee

Tapi bagi saya peristiwa kemaren merupakan keajaiban yang patut disyukuri oleh pemerintah.. polisi dan yang ngerasa pelayan rakyat di Negeri ini, jika selama ini mereka hanya mengejar “hantu” RMS yang bergentayangan di bumi maluku.. maka pada hari itu mereka ga usah susah payah.. dengan rela hati telah datang 30 pemuda menyerahkan diri.. kepada mereka dengan dada busung mereka berkata “oi polisi.. tentara..dan pejabat2 indonesia.. inilah kami kelompok perusuh, silahkan ditanggkap kami rela mati demi membela Tanah Air kami” [silahkan baca artikel "spirit atawa bunuh diri"] dan jika mereka jeli maka akan didapat seluruh anggota RMS di di Dunia ini. Unjuk gigi RMS kemaren bukan lah persoalan besar.. hanya persoalan biasa seperti pengibaran bendera .. nah cuman dalam penanganan RMS jangan memakai tradisi yang udah usang dari dulu2 coba untuk cerdas sedikit lah.. masak kalah dari RMS :D

Biasanya dalam pertunjukan tuh ada show time.. yang mengatur tentang kapan seorang pemain muncul dan keluar atau kapan pertunjukkan akan berakhir.. nah dalam persoalan ini panggung telah tersedia selama puluhan tahun di Bumi Maluku ini, para pemain sudah ada.. dan sejak dulu selalu muncul gonta-ganti .. namun yang jadi pertanyaan kapan akan berakhir? masing-masing kalo sekarang nih aku bilang nya antara aparat dan mereka sedang maen “enggo lari” kalo indonesianya sih “petak umpet”..

Karena kemaren RMS dah unjuk gigi kepada dunia.. skarang rakyat Maluku sedang menanti unjuk gigi dari para pelayan rakyat Indonesia.. beranikah mereka menyelesaikan masalah ini sampai tuntas dengan pemikiran baru, jangan sampe hanya persoalan ini maka masyarakat maluku yang sudah kecewa menjadi lebih kecewa lagi..

Dan kalo rakyat dah kecewa…. ga tau deh apa yang akan terjad….

Dengan Ikhlas

About these ads

25 komentar

  1. heheheh !!! LewaT dikiT boleh yah…

    eh Boleh ga Kita Tukeran Link !!!


  2. oit… lewat dikit ama banyak harganya sama kok :D hehehehe thanks to visit here..
    wew tukeran bisa tuh.. Bung Parket ayo buat link blog anak ambon samua :D


  3. check dis song man.. http://www.soundclick.com/8ballsleplesinmind
    RMS DISS…

    semua org butuh kemerdekaan. Kita pernah merdeka dulu dr Belanda. Tapi skg kita dijajah lagi oleh korupsi, kemiskinan, dll. Kita harus merdeka dulu dari yg ini. Bukannya malah merdeka untuk menjadi anggota federasi penjajah kita dulu!! Teringat lagu Jhon Lenon “Imagine” huh, mudah2an dunia bisa spt itu!! DAMAI!!


  4. linknya salah euy..
    nih yg bener : http://www.soundclick.com/8ballsleeplesinmind


  5. @mdee
    semangat!!! setuju pak! yang mo merdeka jangan menawarkan mimpi buruk lagi, disaat mimpi buruk yang skarang belom selesai :D

    @mdee
    the best song for moluccans people!


  6. Harusnya pemerintah juga sadar diri…
    Selain berusaha meredam aksi separatis tsb, seharusnya pemerintah melakukan introspeksi diri kira2 apa penyebab semua itu lalu lakukan tindakan penebusan


  7. #deKing
    tanya kenapa mas.. hehehhehe


  8. [...] paleng banyak ya itu RMS.. hehehehe waduh tapi emang kebanyakan nyasarnya ke tulisan saya “RMS bukan Perusuh“. dan yang paleng menggelikan adalah dengan kata kunci “Zaman Batu Tua” wekz! [...]


  9. beta sangat stuju dgn artikel di atas, bisa tukeran link? coba kaka liat beta blog…. danke


  10. #steven
    thanks seven.. okehh dah tukeran link yo
    parker pung tamang ka?
    makasih lai e su maen ka sini
    *segera meluncur*


  11. Wowowowowoowowow
    Bener2 cinta ambon pean ya? :P sejak kapan ganti profesi dari tukang kabel jadi ahli sejarah? :P
    btw…emang bener kang. separatisme adalah buah ketidakadilan, meskipun tetap tidak bisa dibenarkan. wih..sok bijaksana. jangan2..kerusuhan yg sempat bikin aku nekat kesana..juga gara2 rms kang ya?
    zzzzzzz


  12. lha harus to.. cintah sekaligus benci hehehhee
    halah.. pinda propesi sejak kabel butuh sejarah jga hehehehhe

    yups.. setiap gerakan yg politik selalu terlahir dari ketidak adilan bahkan kekalahan.. *bijaksana on :mrgreen: *
    ummmhhhhh analisa-nya kemaren belom jelas jd belom bisa sayah simpulkan hehehheh ;)


  13. artikel di atas paleng benar soalnx. ado…mangapa samua orang maluku pung pendapat kaya artikel di atas itu katong su di mana……


  14. oia…..kerusuhan ambon saja pemerintah seng becus ….mala ada yg bawa datang jihad dari luar buat prang di ambon jadi buat apa kita tinggal skarang dlm naungan (maluku) nkri lebih baik kita pisah aja biar aman…


  15. #Bung Ronni
    kayaknya semua orang maluku yang mau sedikit berpikir deh heheheh

    oia…..kerusuhan ambon saja pemerintah seng becus ….mala ada yg bawa datang jihad dari luar buat prang di ambon jadi buat apa kita tinggal skarang dlm naungan (maluku) nkri lebih baik kita pisah aja biar aman…

    aha…. konsep pisah dari NKRI hanyalah impian belaka kayaknya heheheh bukan apa2 sayah mungkin bisa menerima tapi akan dibawa kemana maluku?? konsep maluku yang berdiri sendiri itu seperti apa Bung? jangan membuat kita keluar dari mulut harimau masuk dalam mulut buaya heehhee
    thanks bro…
    “if you are Mollucan, Say Mena!!!”


  16. KEMERDEKAAN ITU HAK SEGALA BANGSA DIDUNIA, SETIAP PENJAJAHAN YANG TERSELUBUNG DAN PENINDASAN HARUS DILENYAP DARI BUMI MALUKU.

    SEGALA PERAMPOKAN OLEH PENJAJAHAN SELUBUNG RI JAWA
    DI MALUKU HARUS DIHANCURKAN, MALUKU UNTUK BANGSA MALUKU, DAN MALUKU BUKAN UNTUK RI JAWA.


  17. halah RMS tarus…!!!

    klo bicara RMS seng akan abis”, knp seng abis” karna ada pro & kontra.

    daripd pikir yg balong pasti, mending pikir ale deng keluarga hidup dolo, pikir di ambon skrng biaya nai samua. ikang, sayor di pasar paleng mahal..!!

    mending berdoa saja sana, apa yg mo terjadi iko yg diatas pung mau saja.!!!


  18. yuk ikutan forum skyscrapercity.com di forum indonesia.. yg peduli pembangunan di indonesia, mungkin bisa meramaikan thread ambon http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=28918496#post28918496

    terima kasih


  19. “repoeblik maloekoe selatan”
    “NEVER DIE”


  20. rms bukan separatis memang,..tetapi ada ketidak puasan sekolompok masyarakat maluku atas ketida pedulian pemerintah pusat atas maluku…


  21. abang Al..gaga e…Mantab….hormat e..


  22. Untuk para komentator2 yg bisanya menyalahkan pemerintahnya doang dan mendukung berpisah :
    1. yg harus diperbaiki adalah SDM kalian sendiri termasuk para pejabat2 daerah (putra daerah) mulai dari (Gub sampe Lurah) yg korup, sdh tau APBN – APBD adalah u/ kepentingan rakyat ambon, kenapa ko dilahap sendiri, untuk kep. pribadi ?
    2. Bagaimana nasib jembatan merah putih galala – poka atao mana ke mana entahlah, kalian pada ga tau khan, coba tanya Gub sana kenapa kok ga di acc, apakah ada maksud lain oleh Gub. ?
    3. Pernahkah kalian dengar kabar tentang kemajuan NEGARA TIMOR LESTE itu ?, sudah seperti apa negaranya ? Tau tidak pemimpin mereka XANANA GUSMAO stelah merdeka tinggalnya di gubuk derita ? makan dan minum susah ?
    Kesimpulan : Justru kalian lah yg menjajahi diri kalian sendiri, org2 kalian klo sudah jadi pejabat negara sudah lupa akan janjinya terhadap rakyat ambon, namun sebelum mereka (yaitu org kalian sendiri)berkampanye berusaha menjadi org2 tertinggi di ambon apa janji mereka terhadap kalian ? pastinya yg indah2 bukan, namun setelah tau APBN – APBD dianggapnya seperti duitnya sendiri.
    Jadi salahkanlah pemerintah daerahmu sendiri, jgn di perlebar ke pemerintah pusat, jangan lah berkhayal akan berpisah coba belajar dari TIMOR LESTE, apa kata rakyatnya bukan apa kata presidennya. PAHAMI itu.
    Jika pemerintah daerahnya mo jujur, transparansi dong anggaran pemerintah daerah berapa ? anggaran negara berapa ? ke rakyat ato setidaknya ke raja2 ato ke LSM, trus anggarannya buat apa ? dikemanakan ?
    Klo ada bantuan dari investor ato dari negara tetangga transparansikan dong berapa nominalnya untuk apa ? Jangan diem aja, sudah seharunya Dinas Informasi dan Komunikasi berperan akitv dalam hal ini.
    Terima kasih


  23. RMS harus diberantas dengan tangan besi.


  24. RMS adalah bentuk kekesalan rakyat maluku terhadap pemerintahan Jakarta, karna selama ini mereka (pemerintah JKT) hanya menganak tirikan rakyat yg ada di maluku dan sekitarnya.
    satu hal yg paling menonjol adalah dalam hal pelaksanaan OTODA, dimana maluku merupakan wilayah yg 70% adalah laut dan 80% kepulauan. otoda yg digadang-gadangkn ternyata semu belaka. penyerapan APBD di hitung dari luas daratan, bukan lautan, bayankan saja berapa besar hasil bumi dari laut yg di alirkan ke pusat?

    menurut saya;
    isu-isu central yg ada di maluku harus di jadikan sebagai compage kpd pemerintah agar lebih memperhatikan Maluku dri segi pemerataan pembangunan di segala bidang dalam pencapaian kesejahteraan Rakyat, vix populis vox dei…


  25. […] Bagi saya rakyat Maluku tidak bersalah, jadi kenapa harus minta maaf? (baca link tentang ini di sini) […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: