h1

Rasa Sayang & Kebodohan Bangsa

4 Oktober 2007

Rasa sayang hey
Rasa sayang sayang hey
Hey lihat nona jauh
Rasa sayang sayang hey

Rasa sayang e
Rasa sayang sayang e
orang injak kepala kita
baru mau marah-marah

(*)

rasa_sayang.jpg

“Senandung senja pelabuhan Buru”**

Kampanye Malaysia yang meng-klaim lagu “Rasa Sayang-Sayange” mengenai Hak Cipta Lagu Rasa Sayang makin tajam, mulai dari seniman-seniman Nasional sampai seniman daerah (Maluku) turut berkoar-koar mendukung pemerintah untuk menuntut penggunaan Lagu Rasa Sayang e (hey) sebagai lagu nasional malaysia.

Sayah tidak ingin mengikuti tren dukung-mendukung tentang hak milik lagu ini, sebab bukan hanya lagu ini menjadi klaim antar bangsa indonesia dan malaysia, namun di Indonesia sendiri lagu ini menjadi masalah antara Menado dan Maluku dalam hal kepemilikan lagu tersebut – walau sayah lebih condong kepada Maluku – .

Persoalan pencipta lagu ini masih simpang siur, ada beberapa musisi yang telah meng-klaim sang pencipta lagu tersebut akan tetapi ada juga yang menganggap bahwa lagu ini tidak diketahui siapa penciptanya alias NN, saya mungkin condong dengan pendapat kedua, jika diliat lagu ini sangat jelas mengandung lirik-lirik jenaka tentang kerinduan akan tanah maluku, banyak lagu2 maluku yang tidak diketahui pencipta-nya namun dapat diliat ciri khas daerah maluku, ciri khas tersebut dapat diliat dari logat dalam menyanyi, penggunaan konsonan “e” “o” dll, kata-kata jenaka dan kerinduan terhadap Maluku namun tidak diketahui pencipta lagu2 tersebut karena rata-rata lagu-lagu ini sudah ada dan dinyanyikan secara turun temurun.

Sayah hanya ingin melihat ketidakbecusan atau bisa dikatakan sebagai kebodohan bangsa ini dalam menjaga setiap aksesori dirinya sendiri, saya (mungkin) akan mendukung malaysia bahkan kerajaan mana saja yang mau menjaga kelestarian setiap kebudayaan bangsa ini, .

Kebodohan para pejabat yang berwenang untuk mengenalkan budaya indonesia kepada negara lain tidak pernah berjalan dengan semestinya, apa yang bisa diharapkan dari kegiatan dinas Pariwisata yang mengurus tentang aset2 budaya bangsa ini, apa yang telah dilakukan oleh mereka untuk mengenalkan aset2 bangsa ini, contohlah lagu daerah yang telah hilang dari pendengaran anak2 jaman sekarang, jangankan mengenal, menyentuh saja tidak pernah apalagi berbangga dengan kebudayaan asli negeri ini, lebih baik setiap aset bangsa dimiliki oleh negara lain sehingga bisa dihargai dengan sesuai dari pada dinegeri ini tetapi tidak dihargai sama sekali?

yaa kayaknya pepatah kejamnya ibu kandung tak sekejam ibu tiri mesti diganti menjadi kejamnya ibu tiri tak sekejam ibu kandung.

 pulkam.jpg

Pulang Kampung – Yamdena Tanimbar ***

Ah lagu ini selalu mengingatkan masa kecil sayah menikmati sunset dipinggir pantai sambil memainkan gitar dan totobuang dan menyanyikan Rasa Sayang e.

Rasa sayang e
Rasa sayang sayang e
lia tana ambon dari jao
rasa sayang sayang e

diteruskan dengan lagu “Mande-mande”

 mande mande anakoda e mande
kalo rasa bagimana
beta pulang kaweng dengan se

sahureka reka gaba-gaba ampa bua
kalo nona sayang beta
mari dekat dekat jua

malayo malayo malayo
mala ditingal mala ditanjong tanjong yo
mala ditingal mala ditanjong tanjong yo

(yg ini jga diklaim aja biar sekalian semuanya :lol: )

—–
*karangan sendiri
**Foto : “senandung senja pelabuhan Buru” Mahendratama P Adhi
***Foto : “Pulang Kampung” Fahrul P Amama

About these ads

184 komentar

  1. isabella adalahhhhh kisa cinta dua duniaaaaaa :lol:


  2. Engkau bagai air yang jernih Di dalam bekas yang berdebu…
    :lol:


  3. rindianiiiiiii kekasihku sayanggggg
    wkakakakakkakaka :lol:


  4. ah yaa….
    dua bayud uda disini, lalu ndak salah kalo saia ikotan juga tho
    mhuahuahuahua,…
    *ikotan nyanyi*
    DANDUT IS THE MUSIC OF MY COUNTRY!!! MY COUNTRY!!! DANGDUT IS THE MUSIC OF MY COUNTRY OH MY COUNTRY…
    mhuahuahua


  5. halah.. pada nyanyi… :P
    bangga yah nyanyi lagu mereka?? :P


  6. yah sepakat sama tulisan ini, seperti yang saya bilang juga tadi di blognya anto, sebenarnya memang buda kita hampir sama, cuman pemerintah aja yang kurang menjaga heritage bangsa ini jadi beginilah….

    Apa kata dunia!!!


  7. arul, liat emoticonnya dong… serasa ngejek gitu.
    btw, enak lho komen di[sini] aku udah pertamax :lol:


  8. sekalian hetrikz….

    eh liriknya lagi totobuang dong… ?


  9. ah gagal hetrikz…. :(
    @ anto : liat emoticonku juga, ngejek kan… :P hehehe


  10. ih arul. pede amat… bukan hetrik tuh.
    mendingan hetrik sono di bloger malay…linknya ikutin tuh :lol:


  11. buset pada semangat semua pagi2 :lol:


  12. Aghhh….
    Aku merasa ketinggalan berita soal Endonesa…
    Rindu koran…
    ><


  13. #natt
    makanya jangan ama bule singa terus skali2 sama mas2 jawa gitu kek
    wakakkakaka :lol:


  14. Kalau emang nggak jelas statusnya

    berarti ada dua pilihan
    1. Melakukan penyelidikan untuk memastikan status *lirik Roy Suryo

    2. Berlomba membuktikan siapa yang lebih pantas memilikinya.
    Kalau memang Malaysia bisa lebih menghargai lagu itu dan digunakan untuk iklan yang bagus Sementara kita lebih banyak menelantarkan lagu itu, kenapa tidak direlakan saja ke malaysia?

    Tapi selalu ada pilihan ke-3. Cuekin aja, dan tetap lanjutkan hidup dengan keyakinan kalau lagu itu milik kita :P


  15. Ngga ada stok kecengan orang jawa :p
    Eh, eh…
    Tapi kata si Bule Lotion temen saya, dia tahu lagu Rasa Sayange itu dari neneknya
    yang notabene orang Endonesa…
    Hmmm
    Jadi ini lagu dari Endonesa kan??


  16. #hoek
    mana pengiringnya???
    hoek sendirian diatas panggung kayak ondel2 aja nih
    wakkakak :lol:

    #arul
    betull rul.. siyalnya tradisi kebakaran jenggot setelah kepala dipukul kayak gitu tetep dijaga sampe skarang..

    Apa kata dunia!!!

    mungkin “kasiannnn deh lo” :lol:
    —-
    lirik totobuang nanti sayah cari dulu dah :)

    #om mardun

    1. Melakukan penyelidikan untuk memastikan status

    lahan korup baru?? :shock:

    Berlomba membuktikan siapa yang lebih pantas memilikinya.
    Kalau memang Malaysia bisa lebih menghargai lagu itu dan digunakan untuk iklan yang bagus Sementara kita lebih banyak menelantarkan lagu itu, kenapa tidak direlakan saja ke malaysia?

    seharusnya begitu.. tapi saya kira bukan berlomba, saya melihat ini harusnya menjadi pelajaran (lagi) kepada negara ini bagaimana menghargai budaya mereka sendiri… orang malaysia bangga dengan melayunya nah orang indo nih bangga sama apanya??

    tuh pilihan ketiga sayah lagi jalanin sekarang nih :lol:

    #natt
    yaps… “Rasa Sayang e” emang dari Indonesia, tepatnya lagi dari maluku, sebuah lagu tentang kerinduan terhadap negeri ambon, lirik2 jenaka dan gaya pantun serta logat nyanyiannya hanya bisa didapat pada lagu2 maluku lain semcam lembe-lembe, bulan pake payong, dll :)


  17. btw masalah marketing gini kan emang kt selalu kalah, bayangin aj artis Indonesia malah menawarkan liburan ke malaysia :o sambil bilang ‘malaysiaku malaysia kamu juga’ :o pinter emang marketingnya mereka..


  18. olesio sajange seng sekalian diikoetkan…???

    biar lengkap sekalian…!!!!

    okerio….

    *dikedjer orang semaloekoe*


  19. wah…berarti semua lagu daerah sekarang di bikin hak ciptanya ..buruan…nanti keduluan malaysia bikin hak cipta pada semua lagu daerah kita. Kayak ada berita hak cipta tempe dipegang orang jepang…waaah kita bakalan gak bisa makan tempe …hiks..hiks


  20. dasar maling…sia


  21. Mungkin – dahulu kala – banyak orang Maluku yang berimigrasi ke Malaysia .. kemudian kawin campur disana dan akhirnya mereka menjadi warga negara Malaysia. Nah, kepada anak cucunya, dia sering nyanyiin lagu itu sebagai tanda kerinduannya pada tanah Maluku.

    *asal komen :lol:*


  22. ganyang malaysia!!!!

    *kaburrr*


  23. *mengungsikan siti nurhaliza ke jogja
    *tendang suaminya jauh2 :lol:


  24. *niru itik*

    goyang siti nurhaliza!!


  25. wah momen bagus nich
    untuk instropeksi diri
    tempe uda di claim jepang.
    pulau diambil
    eh Hey nona jauh juga di claim m’sia
    masi nggak mau jaga asset Bangsa.

    he..he..he….he….
    besok-besok monas do claim juga


  26. Salam Saudara,

    Isu ini mesti ditangani dengan bijak,

    Lagu itu adalah lagu rakyat dan milik rakyat…

    seperti apa yang saudara ungkapkan :

    “tanah leluhur, tanah tempat ibu dan bapak bertemu”

    Ya…disana juga tanah leluhur moyang ku ..dan disini juga tanah leluhur orangtua ku….dan aku hanya insan kerdil milik tuhan ku..


  27. Begonolah, pas negara laen mau ngeclaim sesuatu bahwa itu miliknya, baru kita rebut, baru kita merasa hak kita, padahal dulu2nya kita ngak peduli dengan hal itu .

    Ah jadi ingat siti nurhaliza yang juga diclaim laki2 dari bangsa laen… :(


  28. WAH…!!! suara kamu jelek bangett Booy!!!

    *tutup mata,hati dan telinga


  29. Cintailah negeri ini.
    dan cintailah bayut boy yang malang ini.

    *geal geol…


  30. Asli cuma mo Hetrixxxx dan nyampah aja
    *sumpah pemuda


  31. Pertama denger di inpoteinment :mrgreen:
    Kipas terooossss! :lol:


  32. * lirik pic paling ataz *

    weleh picna indahhh bangeeeettttzzz dapet dari mane nehhhh…..


  33. adoedoedoedoeh…itoe anto kenapa kasih link ke azereo…???

    bisa bikin poeasa batal itoe…apalagi orang-orang kaoem nasionalis…bisa sampe poetoes oeratnja gara-gara memaki malajsia….


  34. Rasa Sayang’ milik Nusantara! milik Kepulauan Melayu (Malay Archipelago). Bukan hanya dinyanyikan di INA malah di Singapur & Brunei. Iya mungkin aslinya dari Maluku tapi itu sebelum berdirinya negara yg bernama Indonesia & Malaysia. Maka Indonesia tiada hak dan bukti mengatakan lagu itu milik anda.


  35. wah jadi begitu ya saudara almas ?


  36. argghhhhhhhh……


  37. pantes aja, di dalam negeri sendiri aja masih belum jelas punya siapa, wajar aja mereka main pake aja tuh lagu


  38. ngeklaimnya kemana ya? Saya tertarik nih. :D


  39. nomer 34 itu kupipes dimana2 :lol:


  40. dana, mau ngeklaim apa? klaim jadi tuhan? ikutan dong :P


  41. Jauh sekali yaks, Malaysia nge-klaimnnya??? Kenapa nggak lagu2 daerah dr padang, aceh, yang rumpun melayu, kok malah lagu dr Maluku???


  42. Wah, saya juga selalu mempertanyakan bagaimana komitmen pemerintah dalam melestarikan dan sekaligus mengembangkan seni dan budaya nasional. Terlepas dari mana lagu rasa sayange berasal (Menado atau Maluku seperti yang Bung Almascatie bilang), yang pasti saya merasa lagu tersebut sudah menjadi milik bangsa. kalau sekarang diklaim Malaysia bahwan dijadikan jingle pariwisata, kita perlu mempertanyakan sikap pemerintah dalam menghadapi “pelecehan” dan arogansi Malaysia untuk ke sekian kalinya ini.

    *Darah bergolak setiap kali mendengar berita bangsa kita dilecehkan bangsa lain*


  43. sheila majid aja pernah nyanyi “antara anyer dan jakarta” ngga papa :D..
    gitu kali ye pikirnya


  44. pokoke™ kita sudah dirugikan,sudah dilukai,sudah dizholimi :evil: padahal kalo tuh lagu ga dklaim orang juga bentaran lagi bakal punah dari Indonesia,wong ga dilestarikan juga :)
    btw rasa sayange bukannya dr manado? *men-SulUt*


  45. ya,saya ga heran klo merasa punya hak tapi ditelantarkan dan dipungut orang lain baru merasa kehilangan dan ribut meperdebatkannya,contoh kasus pulau sipadan dan ligitan yg harus di kuasai malay dikarenakan negara ini merawat pulau tersebut,namun Indo malah ribut mikirin urusan-urusan yg ga penting dan cenderung berpihak pada golongan tertentu.


  46. lalalalala…disini ribut, disana ribut, dimana-mana ribut soal lagu…

    mari kita klaim kangeng™ band milik Indonesia…

    *ditimpuk*


  47. satu lagi bukti Malaysia gak kreatif
    masa gitu ajah NGEBAJAK………
    malu oi……..!
    malu, tak de malu ke?


  48. murid lebih pintar dari gurunya ini adalah pepatah yang sangat tepat buat hubungan endonesa dan malesya. Dulu malesya mendatangkan banyak orang endonesa buat memintari mereka. Setelah murid pintar? dibodohilah gurunya. Hhahahahahaha


  49. whuaaa kejam pisan atuh, gak bener banget tuh :(


  50. kalo gak salah nenek moyangnya orang malaisia kan sebagian dari maluku, sebagian dari jawa, sebagian dari riau, sebagian dari sulawesi, sebagian dari kalimantan.

    jadi sebetulnya orang malaisia itu ya orang indonesia juga….

    *** manggut-manggut : ooo gitu toh ***
    *** garuk-garuk : lah sesama sodara kok gelutan ? ***
    *** kabur ***


  51. #ekowanz
    sayah melihat bukan pada marketingnya sih, tapi sayah melihat penciptaan jati diri sebagai orang melayu terus dipertahankan dan dijaga, kebanggaan ini sudah tidak ada di Indonesia yg nota bene masih termasuk melayu jga… jadi sangat wajar mereka berbuat begitu sebagai upaya nasionalisme malaysia sebagai negara melayu yang masih mempertahankan budaya melayu aseli

    #celotehsaya
    hahhahahhaa.. ole sio sayang kalo bisa diklaim sekalian aja yah :evil:
    *hajar celotehsayah pake batang sagu*

    #dokterarekcilik
    aha… seharusnya bukan skarang lagi tapi belom terlambat kan untuk berbuat, skarang tinggal kita menunggu usaha pemerintah, sayah rasa masyarakat akan mendukung usaha2 pemerintah untuk melestarikan kekayaan indonesia nih..
    kalo tempe emang dah dari dulu tuh dipatenkan ama jepang, skarang kita aja yang gigit jari :)

    #resta

    hust.. pemilik barang aja ga ngurus… wakakka :lol:

    #bang Eby

    Mungkin – dahulu kala – banyak orang Maluku yang berimigrasi ke Malaysia .. kemudian kawin campur disana dan akhirnya mereka menjadi warga negara Malaysia. Nah, kepada anak cucunya, dia sering nyanyiin lagu itu sebagai tanda kerinduannya pada tanah Maluku.

    aha sayah jadi ingat sejarah bahasa melayu ambon, yang memang dari daerah sono akan tetapi sampai diambon kemudian bercampur dengan logat daerah sampai muncul logat melayu ambon, selain itu kalo sayah perhatikan ga hanya lagu akan tetapi budaya2 pantun di desa2 yang ada di ambon dimana budaya melayu sangat kuat berperan, namun lagu ini sayah melihat unsur budaya melayu ambon lebih berperan dari pada budaya melayu aslie.. kalo soal perpindahan itu mungkin bisa jga sih bang habis sejarah orang ambon sering muter2 mlulu sih wakkakak :lol:

    #itikkecil
    lha?? teriak ganyang malah kabur cari penyanyinya slam duluan :lol:

    #arya
    hust.. dasar perusak rumah tangga orang jangan2 kaw naksir sama suaminya jga :lol:

    #caplang
    ceile ini niru jalan itik atawa niru goyang2 itik wakkakakka :mrgreen:

    #ahmadbinbanjar

    wah momen bagus nich
    untuk instropeksi diri
    tempe uda di claim jepang.
    pulau diambil
    eh Hey nona jauh juga di claim m’sia
    masi nggak mau jaga asset Bangsa.

    sepakat, seharusnya ini menjadi momen bagus untuk melestarikan aset bangsa, akan tetapi jangan sampe hanya sekedar dikoar2 aja tanpa ada kerja nyata
    *masak pemerintah kalah sama kaum muda yang mencintai budaya bangsa ini yah* :lol:
    *salam kenal yah*

    #dekrinchi
    yaps.. sebenernya bukan isu tapi fakta yang harus ditangani dengan bijaksana, seperti ahmadbinbanjar semua ini harus menjadi instropeksi pemerintah dalam menjaga kedaulatan bangsa ini… hal2 kecil yg sepele seperti ini telah merongrong kekuatan bangsa gimana hal2 besar.. :)
    *salam kenal yah*

    #regsa
    hohohoohohohho….. akhirnya kan bikin malu sendiri kan? :)
    *itu siti nurhaliza dah bahagia para saingannya diharap ga usah iri lha*
    wakakkakak :lol:

    #ina Ratu hetrik
    heh?? perasaan kemaren kaw terpesona dengan suaraku kok skarang malah mengingkarinya??
    *buka hati ina dengan jurus memanah rembulan* :lol:
    ——–
    woiii sapa yg malang, sayah masih laki2 sejati tauk :evil:

    *tendang ina ke Toraja* :lol:

    #takodok
    panas…panas…panas…
    kipas…kipas…kipas…
    *kayak iklan PLN yah* :mrgreen:

    #Ferry Zk
    mau?? ambil dari teman2 fotografer ambon mas..
    makasih

    #celotehsayah lagi
    wakkakkkakkaka
    biasa ga usah diurus.. kan anto sudah terkenal sebagai raja nyampah
    *lirik anto lansung kaburrr* :lol:

    #abangnya biru

    Rasa Sayang’ milik Nusantara! milik Kepulauan Melayu (Malay Archipelago). Bukan hanya dinyanyikan di INA malah di Singapur & Brunei.

    ada klaim baru??

    Iya mungkin aslinya dari Maluku tapi itu sebelum berdirinya negara yg bernama Indonesia & Malaysia.

    berarti Maluku yang berhak kan untuk mengklaim lagu itu sebagai lagu daerah maluku? dan kan sudah dari dulu lagu itu disebutkan sebagai lagu daerah maluku? n skarang malaysia mengambil lagu tersebut sebagai lagu nasional trus gimana? hehehehe.. sayah sepakat kalo setiap lagu itu adalah multikultural tidak dimiliki oleh siapapun jga, tapi kalo sudah saling mengklaim maka yang ada hanyalah saling klaim, karena malaysia jga tidak berhak untuk mengklaim lagu tersebut..

    Maka Indonesia tiada hak dan bukti mengatakan lagu itu milik anda.

    emang Maluku itu dimana to?? :lol:

    #bachtiar
    gimana kamerad bachtiar? masih sadarkah anda
    wakkakakkaka

    #mbok venus
    waaaaaaaaaaaa
    *kabur naek pohon* :lol:

    #ayahshiva
    yups… klaim dari manado dan maluku ini sebenernya dah lama dan skarang kayaknya ga bergolak lagi, karena hampir semua sepakat lagu ini dari maluku sih walaupun pengarangnya tidak diketahui

    #danalingga
    nge-klaimnya ke negara melayu aja mas
    wakkakakkak :lol:

    #antogirang
    nomor 34 yg mana
    *binun itung comment dari tas* :mrgreen:

    hoi tuhan cukup satu kalo dua apalagi tiga maka “rasa sayang” bisa jadi poligami
    wakakkakak :lol:

    #neen

    Jauh sekali yaks, Malaysia nge-klaimnnya???

    habis kalo deket mah udah pasti tawuran mba.. wakkakaka makanya dicari yg jauh biar harus lewat laut dulu :lol:

    #pak sawali

    Saya juga selalu mempertanyakan bagaimana komitmen pemerintah dalam melestarikan dan sekaligus mengembangkan seni dan budaya nasional.

    sepakat pak… harusnya pemerintah malu kepada masyarakat tentang komitmen a.k.a janji2 mereka sendiri, pelestarian aset bangsa tidak diperhatikan bahkan dijual, setelah ada yg make baru mulai kebakaran jenggot

    kalau sekarang diklaim Malaysia bahwan dijadikan jingle pariwisata, kita perlu mempertanyakan sikap pemerintah dalam menghadapi “pelecehan” dan arogansi Malaysia untuk ke sekian kalinya ini.

    nah ini jeleknya.. katanya ini merupakan produk kebudayaan melayu *seperti yg mereka katakan* trus dengan mengklaim kan berarti sudah menjadi hak milik mereka dan bukan lagi produk melayu *binun negara melayu nih yang mana sih*

    *ikut bergolak, sudah dilecehkan namun jarang dibela*

    #funkshit
    lha sheila nyanyinya pas harga tiket murah e makanya ga apa2
    wakkakakak :lol:

    #`Kade
    hohooohhoohhoho sabar bos… sabar…. katanya orang indonesia itu diinjak dulu baru mo melawan sih makanya skarang diinjak2 dulu baru ngelawan
    wakkakakak
    *pura2 ga baca propokatornya* :lol:

    #baliazura

    Indo malah ribut mikirin urusan-urusan yg ga penting dan cenderung berpihak pada golongan tertentu.

    you got the point bro..
    trus yang salah sapa yah :(

    #cK

    lalalalala…disini ribut, disana ribut, dimana-mana ribut soal lagu…

    kerasa banget qosidahnya chik
    wakakkaka :lol:

    #kang tutur

    satu lagi bukti Malaysia gak kreatif
    masa gitu ajah NGEBAJAK………

    iks.. betul sekali pak, btw kata mereka sih itu lagu melayu, yg heran apa bener malaysia negara melayu?? :lol:

    #beratz
    aha… apa ada hukum karma nih :lol:

    #mba liezmaya
    gimana mba? kita ganyang lagi ataukah kita tuntut di pengadilan internasional? :mrgreen:

    #hadiwibowo

    kalo gak salah nenek moyangnya orang malaisia kan sebagian dari maluku, sebagian dari jawa, sebagian dari riau, sebagian dari sulawesi, sebagian dari kalimantan.
    jadi sebetulnya orang malaisia itu ya orang indonesia juga….

    wah kalo gitu mereka hanyalah bangsa campuran doang? butuh diteliti sama ahli sejarah nih yah
    *sesama sodara dilarang saling salib doang pak kalo gelut ga apa2* :lol:


  52. HAJAAARR….
    sIKAAAATT….

    BUMI HANGUSKAN MALAYSIA ….!!!

    GANYANG MALAYSIA !!!


  53. ha ha ha…oentoeng tjoeman dihadjar pake batang sagoe…kalo pake bamboe gila bisa mampoes ik…

    ole sio sajang seng diikoetkan sekalian adja…???setjara orang Indonesia lain djarang ada jang taoe kan…???

    kalo diikoetkan maljsia pasti lakoe toeh lagoe…

    *kaboer djaoeh*


  54. Sebenarnya kalau dipikir-pikir, bukan kebodohan bangsa. Malaysia [ditambah Singapura dan Brunei] itu tau sifat-sifat bangsa kita.

    Pertama, REAKTIF berlebihan. Kita memang sangat reaktif [dan bukan aktif]. Ketika sedikit disentil oleh negara tetangga kita bereaksi dgn cara berlebihan dan cenderung emosional. Setelah reaktif dan kasusnya mereda, ada sifat lain lagi : PELUPA. Lupa bahwa masalah yang dulu itu belum terpecahkan dan menganggapnya tidak ada. Setelah disentil lagi, kembali ke sifat pertama : REAKTIF.

    Pola REAKTIF-LUPA ini tidak diikuti dengan alternatif lain misalnya DIPLOMASI yang bagus dan juga PELESTARIAN milik-milik bangsa Indonesia.

    Saya rasa Malaysia, Singapura, USA, Eropa, dan negara-negara lain tahu kalau Batik, Angklung, Lagu Rasa Sayange, dll itu milik bangsa kita. Tapi mereka juga tahu kalau kita cuma merasa saja bahwa itu milik kita tanpa ada usaha untuk melindunginya secara hukum. Kita suka mengklaim sesuatu milik kita, tapi berhenti pada batas klaim itu saja. Tidak ada follow up-nya.

    Klaim juga harus disertai perlindungan hukum. Iya nggak ?

    Tapi ini juga memang Sindrom terselubung yang ada dlm diri orang Malaysia dan rumpun Melayu yang lain. DUlu Mereka dianggap murid dan anak bawang di Asia Tenggara, kalah jauh sama Indonesia. Dan mereka ingin MEMBUKTIKAN bahwa mereka juga mampu. Salah satu caranya adalah Mengganggu Saudara Tuanya (Indonesia). Menganggap apa yang dipunyai saudara tuanya adalah miliknya. Sindrom Malaysia itu adalah ingin bersaing tapi dengan cara MENYENTIL sifat-sifat bangsa kita.

    Masalahnya, mereka bisa saja seperti mengganggu Naga yang sedang tidur. Tapi naga-nya (Indonesia) sering cuma bangun, reaktif, marah-marah. reda, dan akhirnya tidur lagi (lupa). Begitu seterusnya. :)

    *sorry pak kalau jadi ngeblog….*


  55. tambahan pak….

    Nanti saya nggak heran kalau kerajinan Patung Asmat, Lagu Poco-poco, bahkan bisa saja Museum Nasional diklaim milik Malaysia… :mrgreen:

    kalau polanya tetap seperti itu….

    *sad but true*


  56. sudah diambil orang baru ribut mengklaim, lha gak dijaga dari dulu-dulu…

    besok-besok lagu dari sabang sampe meroke ituh bakal diakui milik malesa juga :mrgreen:

    lieur!!! mikiran yang beginih.

    saya (mungkin) akan mendukung malaysia

    saya juga udah mulai berpikir kesituh… *gak tau malu ikut2an* :lol:


  57. malesa- malesa…. lah lagu sms ajah di bajak


  58. apa masih perlu-kah aku nyampah disini setelah begitu banyak orang yang buang hajat disini? :twisted:


  59. jangan nyampah, tapi cukup ngeklaim aja. :lol:


  60. @almas
    memang gitu maksudku (yang nomer 2)
    gimana mau menghargai, la wong orang Indonesia aja lebih suka lagu luar negeri daripada lagu-lagu sendiri :P

    btw, saya bukan om…. grrrrr saya masih 20 tahun :D


  61. gimana cara jadi WNM(warga negara malesa) yaa??


  62. Indonesia kayaknya harus lebih bnyk belajar lagi menghargai sebuah karya seni. ditangan Malaysia, lagu itu mungkin lebih bernasib baik.


  63. mmm…bener juga segh kek komeng diatas soale bangsa endonesanya sendiri ndak menghargai lagu-lagu daerah…liad ja, yang diafalin malah lagu-lagu qosidahan dari britney spears, atao nasyidnya muse…tapi ya, tetep aja, mencuri itu DOSA!!!


  64. Keganasan ikan Hiu merengut keperawananku. (Bag.1)

    Whitetip reef Shark. (Triaenadon obesus) yg di foto di Medang, Perairan Kita.
    Gambar didapat dari/Picture taken from Sharks – Squali http://www.robertosozzani.it/Sharks/cont.html
    Sumber dan Inspirasi : Sebuah restoran china, WWF Indonesia, Gatra.c…


  65. #mbah mbel
    buset :shock:
    trus ntar TKI dikirim kemana kalo malaysia pada hangus :lol:

    #celotehsayah
    jubile dah wakakkkakakkka :lol:
    *pengen hajar pake bambu sinting biar ga terlalu sakit*

    woo.. :evil:
    kalo lagu itu diikutkan jga perkara orang maluku serang aja deh kalo indonesia ga mau wakakkakkaka

    #bang fertob
    aha.. sepakat sekali bang, pola reaktif & pelupa kayaknya dah menjadi tradisi negara ini, setiap masalah lansung ditanggapi dengan aksi berlebihan dan juga cepat melupakan.

    Tapi mereka juga tahu kalau kita cuma merasa saja bahwa itu milik kita tanpa ada usaha untuk melindunginya secara hukum. Kita suka mengklaim sesuatu milik kita, tapi berhenti pada batas klaim itu saja. Tidak ada follow up-nya.

    yups.. kayaknya nih pola harus ditambah lagi nih bang, “selalu menyepelakan masalah”, ga serius dalam bertindak dll.
    *gimana nasib bangsa ini kedepan yah* :shock:
    berarti indonesia ini termasuk Naga Tua yang pikun setiap masalah ga hanya masalah luar negeri saja tetapi masalah dalam negeri pun berlarut2 sampai dilupakan orang, salah satu contoh riil paleng masalah RMS ambon yg sampe skarang tidak tuntas penyelesaianannya.. pola Reaktif-Pelupa emang dipake sekali dalam penyelesaiannya pak :)

    Nanti saya nggak heran kalau kerajinan Patung Asmat, Lagu Poco-poco, bahkan bisa saja Museum Nasional diklaim milik Malaysia…

    hahhahahaha karena itu termasuk produk melayu juga kah? bener2 menyedihkan berhadapan dengan kondisi yg Indonesia hanya menjadi korban mlulu tanpa mempunyai kekuatan membendung hal itu :(

    #tan adalas
    yeee sapa bilang ga dijaga? dijaga mas tapi di buku2 sejarah taon 60-an doang yg digunakan buat bungkus kacang, bukan dijaga sebagai kekayaan bangsa :lol:
    —-
    lagu sms yg mana? wakkakkak ada aja mas satu nih

    #extremusmilitis
    *ambil papan jitakin extremusmilitis* :lol:

    #danalingga
    klaim sampah ke malaysia?? boleh2 itu.. kemaren kan kita dah klaim “asap kiriman” ke malaysia kan mas? wakkakkaka :mrgreen:

    #mardun

    gimana mau menghargai, la wong orang Indonesia aja lebih suka lagu luar negeri daripada lagu-lagu sendiri

    hiihhihii ya gimana lagi, lagu2 tersebut hanya menjadi vosil doang, padahal lagu2 tersebut malah mempunyai kekuatan dan kenangan yg tidak bisa dilawan oleh lagu2 baru skarang ini :)

    *ga manggil om lagi*
    wakkakakkakka

    #traju
    silahkan daptar ke DInas Tenaga Kerja terdekat untuk dikirim kesana mas :lol:

    #pak telmark
    betul pak, kita harus lebih banyak menghargai kebudayaan kita sendiri, jati diri Indonesia sampe skarang tidak jelas *bagi sayah* jadi sayah ga heran kalo penghargaan yang diberikan asal-asalan aja.

    #hoek :shock:
    qosidahan britney ama nasyid muse??? lagu baru hoek? wah asyik tuh wakkakka :lol:


  66. indon ma malay ga pernah akurrrr


  67. MalingSia

    trully Maling Asia


  68. rasa sayange bwt bangsa sendiri


  69. .
    .
    ruamene… yen wis koyo ngene.. *geleng2*


  70. @ finkz
    jangan pake kaya “ind*n” deh…


  71. #finkz
    akur kok mba` *dirumah mewah… yg malay majikan yang indon pembantu* :lol:

    #rd limosin
    wekz…. trus dilaporin kemana nih
    wakkakakka :mrgreen:

    #Rie
    kita mah dah sayang terus nih buat bangsa tapi orang2 diatas ga sayang kali kita :lol:

    #ruyas
    sing ndi ramene?? ono dangdutan tah mas
    wakkakakka :lol:

    *tendang anto pake tempat sampah* :evil:


  72. hahahaha
    menurutku sikap Indonesia yang tidak ga berani tegas makanya kepala kita ini sering di injak2


  73. Mungkin maksudnya tanah Maluku juga milik bangsa malaysia kali… :mrgreen:

    BTW, gak nyiapin blogframe nih…

    #Ngipas2 uang THR, belom tau mau dialirkan kmana# :mrgreen:


  74. Waduh, lagi ribut soal lagu daerah, ya. Pemerintah kudu ambil sikap yang tegas tuh, agar negara laen ngga asal caplok kekayaan budaya lain.

    Hingga sekarang gue masih seneng mempromosikan lagu daerah. Gue ngga nyangka kalo ini lagu masih menjadi polemik. Gue kira ini lagu Ambon. Wah, harus diselidiki tuh almas.


  75. melestarikan lagu daerah tidak menghasilkan duit…tidak ada yang bisa dikorupsi makanya nggak ada yang minat…


  76. Rasa sayang e
    Rasa sayang sayang e
    orang jitak kepala kita
    e kita bisa bangun rumah

    *ngumpulin serakan papan korban pen-jitak-an almas buat bangun rumah* :lol:


  77. oedah jij kasih adja ole sio sajang…

    wakakakakakak…bjar indon perang ama malay…

    *propokator mode on*

    tenanglah…kalo perang toh kita menang…setjara…orang indonesia poenja joko-joko jang bisa menoenggangi naga itoe….

    *lagi mikir, lagoe apalagi jang bisa dikasi ke malay*dihadjar bamboe gila*diradjam nasi ja’at*


  78. Yg menciptakan lagu Rasa Sayang e… itu lah pemiliknya…
    *Kok suka ribut seh?????*

    Senja yg indahhh…..
    Almas nyanyinya yg keras donk… aku ga denger nichhhh…..!!!! :lol:


  79. Ass,udah pindah kelain hati nih bukan parcuma lagi tapi rasa sayang e…Wslm.


  80. dah dapat blum liriknya toto buang??


  81. hmmmm….. po perlu lagi ganjang malaysia?? gak perlu kayaknya. ngentek-entekke energi. Asembuh kang..radonk. oi..kalo di sms mbalens dunk..pulsa kok nggak dihabisin..mau buat apa??? lagian kalo habis juga masih ada yang jualan..zzzz


  82. saya justru heran kalau ada orang indonesia yang menyebut kata IND*N.
    itu merendahkan. :sad:


  83. ga ikut.. dalam kasus kontroversi..pengen nonton aja
    *gelar tiker*


  84. malaysia..
    capek ngomentarin-a ah… :p
    bikin lieur!!!
    maap om, baru aja kelar mid-test ni..
    otak masih capek.. ntar aja balik lagi..
    skrg nyampah aja dulu.. :mrgreen:


  85. Mungkin lebih tepat lagi “(Rasa) bodoh yang menjadi kesayangan bangsa”


  86. Malaysia bangsat! hihi :P Indonesia juga :D


  87. ga papalah. skali2 indonesia dibajak :D (kan selama ini indonesia sudah SERING membajak) :D


  88. ada apa ini!? ada apa!?
    gemana? uda sampe mana beritanya?
    ada gerakan darii femerintah?
    lebih baek kita bangkitkan mendiang soekarno agar bisa menjadi jendral untuk menyerang Malesa!!!
    HEDUUFFFF MALESA!!


  89. saat aku mengenali dirimu,
    perasaan aku sering terganggu :lol:


  90. adakala aku rasa curiga,
    adakala semacam tak percaya., :lol:


  91. adakah kau setia kepadaku mencuri lagi kita :lol:


  92. ganti lagu ah..,


  93. Wiiiiduuurrriiiiii :lol: eh kliru yah :P


  94. ah ini aja deh., ;)

    ketika pertama, kujumpa dengan mu :lol:
    hohohohho., kliru lg yah :P


  95. nah,, ahirnya nemu yg aLe suka neh.

    ihlasnya hati..
    seringkali disalah arti.. :lol:


  96. tulusnya cinta..
    tidak pernah engkau hargai :lol:


  97. udah ah :lol: cape gwe nyanyi lagunya Malingsia :lol:


  98. ahm..ehmm..uhuk..uhuk….


  99. *mengendaf-endaf*


  100. YAY!!!! KOMENG KE 100 + HETTRIX!!!
    MHUAHUAHUAHUA!!!


  101. setelah pulau2 terluar…sekarang budaya yg akan dicaplok…


  102. yasuda.
    daripada mengumpat kebodohan bangsa kan ya mending memperbaikinya to ?? ukeyhh ??
    siiiipp…


  103. rendang juga udah diklaim milik dia…

    ga kreatip banget, apa2 tinggal klaim


  104. KOrban-korban cinta juga neh.


  105. orang padang mandi diladang
    boleh kita menumpang mandi
    kalo ada umurku panjang
    boleh kita berjum lagi

    yeaaahhhh

    rasa sayange …. rasa sayang sayange……..


  106. yah beginilah indonesia ku


  107. jadi indonesia punya apa ??


  108. #harriansyah
    sepakat om.. setahu sayah indonesia hanya tegas pada saat jaman “soekarno” *maaf* selebihnya hanyalah sifat kanak-kanak yg membangun negara tanpa memiliki ketegasan sama sekali.

    #dewa-dewi
    oit ga ribut2 kok mbak cuman lagi rebutan aja wakkakakka
    :lo:
    ah bener mba kalo ini lagu ambon, polemik terjadi hanyalah pada saat malaysia mau mengangkangi lagu ini sendirian dan menetapkan lagu ini sebagai lagu nasional mereka :)

    #imcw

    melestarikan lagu daerah tidak menghasilkan duit…tidak ada yang bisa dikorupsi makanya nggak ada yang minat…

    hohohoooh sayah sepakat benerrrrrr
    terima kasih pak.. ungkapan diatas adalah kebenaran :mrgreen:

    #extremusmilitis
    *timpuk pengamen extremusmilitis pake dayung* :lol:
    *lagunya bagus tuh*
    wakkakkakak

    #celo engga pernah login
    wekz ni anak propokator beneren dah :p
    *jepit kukunay celo pake tang*

    joko-jok <<< ini apaan lagi hihihihi mendingan cari pasukan katak aja yah*
    :evil:
    lagu “sms” atawa lagu “terminal tirtonadi” aja :lol:

    #mba dwi
    betullll…. penciptanya sapa mba :) *lugu mode on*

    waaaaa suaraku habis setelah demo ke kedutaan papua :lol:

    #fira
    waalaikum salam
    aha saya ga pindah kok mba fira cuman lirik kiri sedikit aja
    hohohoohho :lol:

    #aRuL
    belom om :(

    #pegawai kadipaten jogjakarta
    betul ga usah diganyang kita ganyang makanan buka aja yah ntar wkakakkaak
    buset kalo cewek mah sayah balas masak cowok pun dibales wakkakaakkaka

    #antobilang :) thanks anto sayah baru tau habis pake indonesia yang disingkat gitu enak sih ternyata ada sejarahanya yah
    thanks om

    #may
    *sambit may pake piringan kasih sayang* :lol:

    #deeT
    nyampah kok marah2 wakakka
    moga-moag sukses midnya yah :mrgreen:

    #Cepheus
    aha… bener tuh tapi ga usah dicoret2 aja :mrgreen:

    #anang
    berarti
    Malaysia dan Indonesia sam-sama bangsat?? :lol:

    #nisa
    wekz yang dibajak apa nih?
    *kalo mbajak cewek2 manis mah mau sayah*
    wakakkakak

    #hoek
    weks?? bangkitkan??: jubile ga boleh lewat santet om wakkakak

    HIDUP MALESA <<<< malesa ini negara mana to?
    wakkakakakka :mrgreen:

    #aLe penyanyi cilik
    *selamat anda mendapat hadiah setangkup kembang malaysia* :lol:

    #hoek
    *ikat hoek di pohon pisang trus sambit pake kelereng* :lol:

    #passya.net
    uhmm berarti tinggal menunggu aja yah pak.. kalo kita bentar lagi menjadi budak mereka :mrgreen:

    #niezmaniez
    aha…. kalo soal memperbaiki dalam soal musik atawa budaya kita disini sudah melakukannnya niez, doakan aja semoga dapat berjalan dengan lancar niez :)

    #novee
    rendang?? buset trus bentar lagi pecel trus lontong, soto dll :lol:

    ga kreatip tapi licik :lol:

    #Liexs
    waaaaawww betul mas korban cinta penasaran heihihihihi

    #icha
    *ambil mik sambit icha*
    mba.. kalo nyanyi jangan dilapangan dong, nyanyi tuh di samudra atlantik gitu
    *kaburrrrrr* :lol:
    #syafriadi
    ya begitulah *manggut2 sambil sruput kopi pahit* :mrgreen:

    #nandar
    indonesia punya frangky dkk
    *ingat lagu indonesia merah darahku putih tulangku* :lol:


  109. Gilaaa… ini komen terbanyak yang pernah aku liaaaat :D sampe lupa de, aku mo nulis apa ..


  110. wah gila gak habis habis ngebahas masalah ini, udah mending kita lupain sejenak, kita sambut hari kemenangan


  111. #indah
    ye alah.. malah sayah takut mba indah comment *masih inget cerita angin*

    #ayahshiva
    yups.. udah selesai kok pak.. meman lagi mo nyambut bulan kemanangan nih :lol:


  112. benar, salah satu kebodohan bangsa sendiri..padahal batik sudah duluan dipatenkan sama Malaysia…


  113. jadi menyayangi adalah sebuah kebodohan?


  114. #imam brotoseno
    kebodohan yg terus dipelihara dari hari kehari.. dan diturunkan dari generasi ke generasi
    argggHHHhhhh

    #COTsD
    wekz dododoooo yg lagi buka acara sayang2an
    wakkakakka :lol:


  115. halah dasar Tuzky :mrgreen:


  116. wekz.. hust….hust….hust….
    sanah bikin thesis jangan ngelayap mlulu
    wakakkakakak
    *pasti baru bangon tidor dan siap2 buka nih* :mrgreen:


  117. Bang blognya bagus
    salam kenal


  118. kekekek


  119. bangblog <<<< ini anak mana??? :shock:


  120. :shock:
    lagu pramuka kayaknya?


  121. lagu pramuka kan “nalikaning in tirtonadi banjarmasin..
    wakakakka :lol:


  122. 121!
    wah, jadi inget wiro sableng dengan kapak 121-nya…
    :lol:


  123. nalikaking banjarmasin…ngenteni tekamu seko bandar udara syamsudin noor…


  124. wah, jadi inget wiro sableng dengan kapak 121-nya…

    walah jadi dirimu ini si nenek sinto gendeng tah shiwi wakakkakak :lol:

    nalikaking banjarmasin…ngenteni tekamu seko bandar udara syamsudin noor…

    halah wes nyambung..
    *tendang shiwi ke pontianak aja* :mrgreen:


  125. ah…diganti wae…

    nalikane ing juuwanda…ngenteni tekamu seko kalimantan….

    *puwas nyampah*


  126. yeee ga berani ke kalimantan
    whowowhwowhowhowowo :lol:
    rasa sayang e
    rasa sayang sayang e
    liat shiwi dari jauh
    rasa ……… …….. eeeee


  127. *dibaca pake nyanyi*

    buah mangga buah belimbing
    buah jeruk buah rambutan
    buah semangka buah pepaya
    itu nama buah buahan…

    rasa sayange rasa sayang sayange…


  128. *dibaca dengan laga pantun*
    jalan-jalan ke gunung malintang
    liat nona tidur talantang
    kalo malam bulan makarau
    inga beta dibawa jandela

    * :lol: *


  129. ih…pantunnya jorok!


  130. cetingya di Ym aja dong, jangan di box komen. :lol:


  131. *siyul siyul*
    :mrgreen:


  132. #shiwi
    yee tu pantun itu sering dinyanyikan kok ama orang yg ge panen cengkih… ntar aja dah sayah kasih laen lagi heeoehoeohe

    #anto
    hust cheting sama kaw malah tidur gitu
    :p

    #nyonya parid
    *kebiasaan siyul2 brisik tauk* :evil:


  133. Saya cuman mau bilang hadir…. yang ada deh nongol commentnya,,,,


  134. Lagu rasa sayange punya Malay….
    Mereka memang tidak tahu malu, mencuri di depan mata kepala sendiri.
    Sungguh hebat dan tebal rasa tidak malunya.

    Mungkin syairnyapun telah di ubah seeeh…


  135. bentar lagi, bengawan solo… abis itu, tanduk majang a.k.a olle’ ollang:(

    Met Lebaraaaan!!!


  136. apoese kapan ja diklaim…???

    ik pingin denger lagoe itoe persi malengsia…

    betewe, apdet apdet


  137. *baru liat*

    Cape deee… – –

    *ngeloyor pergi*


  138. #bindrang
    silahkan tinggalkan kuku anda di dapur mas :lol:

    #pak agorsiloku

    rasa sayang e itu lagu melayu.. jadi siapapun berhak untuk memakainya

    kalimat diatas kan yang jadi apologi mereka skarang pak.. ga ada alasan lain lagi
    parah :)

    #suandana
    kalo pemerintah asal ngomong doang yah bisa terjadi mas.. :)
    mohon maaf lahir dan batin jga yah

    #celo
    apoese??
    perang besarrrrrrrrrrrrrrr :evil:

    *iya lagi dibuat kecapekan nih* :lol:

    #rozenia
    lelah deh… wakakkakakka
    *tarik rozenia ke kelas agama* :lol:


  139. ::hmm all, bukannya itu berarti Malay mengakui bagian dari Nusantara… angkat almascatie jadi presiden nusantara… :lol:


  140. weks :shock:
    nusantara katanya cuman di peta doang hihihi
    wah berarti cuman presiden di poto nih
    ga mao ah.. duitnya dikit
    *kaburrrrrrr*


  141. boekan jang bener habis ini malengsia maoe mengklaim kalo Indonesia itoe bagian negara malengsia…

    betewe, almast djadi presiden…???menteri toekang sampahnja pasti banjak…masa sekali njampah 9 komen…???

    *poesing*


  142. heh?? dioperasi plastik atawa dikebiri atawa dicangkok??
    *mikir cara malengsia klaim indonesiaan*

    wakakkakkakakkaka
    biarin.. sekalian bales aja :lol:
    *puwas hati sayah*


  143. lah enakan kalo kita dikleim malengsia kali…

    kan oetang negara kita ditanggoeng mereka…kalo oedah diloenasi mereka…kita memisahkan diri adja :D


  144. weh.. betul jga yah.. *manggut-manggut*
    kaw aja celo yg berpura2 jadi presiden indonesia untuk membicarakan penggabungan ini yah
    *siapkan jas buat jadi asisten* :lol:


  145. kalo ik jang djadi presiden…

    hal pertama jang ik lakoekan adalah ganti akoen keoeangan Indonesia ke rekening pribadi di bank Swiss…teroes kaboer ke negara jang ndak poenja perdjandjian ekstradisi ama Indonesia….

    *koroepsi oedah mendarah daging roepanja*


  146. ye ileh.. niatnya itu ngejual apa gadein atawa tukar tamba?
    hihihihihiih


  147. ja itoe kalo ik jang djadi presiden…

    soalnja menoeroet ik pribadi..pertjoema Indonesia ditolong kalo pendoedoeknja lebih seneng nama daerah daripada nama negara…

    oedah meresapi entrj terbaroe ik kan…???


  148. kalo ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi,
    kalo ente jenggotnya panjang boleh kita numpang lagi,
    rasa sayang e e rasa sayang e


  149. hidup malaysia


  150. indonesia harus muhasabah diri


  151. #celo
    uhmmm udah sih… tapi mungkin bagi sayah ada tahapan2 kebanggaan daerah dan nasional itu ada, kayaknya kalo dalam negara maka rasa kedaerahan itu akan muncul tapi pada saat tertentu berhubungan dengan negara lain maka nasionalisme akan menjadi satu
    ^_^
    sangat meresapi kok.. sebab sayah pernah mengalami hal2 kayak gini sih hiehiehihie

    #warmorning
    weks jenggot ana tidak panjang2 amat trus hanya beberapa urat doang wkakakakak
    *salam kenal yah* :lol:

    #perjuangan :) silahkan hehehehe

    jangan melakukan sesuatu pada orang lain jika tidak ingin orang lain melakukan sesuat terhadap anda :lol:


  152. gimana apa perjuangan kita mutilasi setelah digangbang bareng-bareng aja :)

    kayaknya kalo dalam negara maka rasa kedaerahan itu akan muncul tapi pada saat tertentu berhubungan dengan negara lain maka nasionalisme akan menjadi satu

    sori-sori maaf nih kalo bahasaku kasar…

    kalo yang seperti apa bukannya rakyat munak…???

    kalo ada daerah lain yang kena masalah hebat, mereka pura-pura prihatin…dan menyalahkan pemerintah atas keterlamabatan respon dan sgala macamnya itu…

    tapi begitu sesuatu dari daerah tersebut diklaim oleh negara lain…langsung marah ga karuan….

    dan jujur….gw juga masuk ke dalam golongan rakyat munak…

    *udah g pake ejaan jadul lagi*


  153. #celo

    sori-sori maaf nih kalo bahasaku kasar…

    kasar banget yah
    *sikat bibir celo biar alus*
    wakkakakakkaka

    kalo yang seperti apa bukannya rakyat munak…???

    sebenernya ga muna jga.. kayaknya hampir semua negara deh.. ga hanya indonesia.. kebanggaan tiap daerah selalu ada, dan ini normal kok kalo sayah liat.

    kalo ada daerah lain yang kena masalah hebat, mereka pura-pura prihatin…dan menyalahkan pemerintah atas keterlamabatan respon dan sgala macamnya itu…

    aha… sayah kira bukan persoalan pura-pura tapi kemanusiaan aja, dan soal keterlambatan memang sayah anggap itu merupakan tanggung jawab pemerintah.. banyak contoh pada saat terjadi musibah rakyat secara secara sukarela membantu tanpa dikordinir pemerintah walaupun pemerintah yang seharusnya melayani dan menyelesaikan masalah tersebut..

    tapi begitu sesuatu dari daerah tersebut diklaim oleh negara lain…langsung marah ga karuan….

    itulah nasionalisme bukan chauvinisme
    ^_^

    dan jujur….gw juga masuk ke dalam golongan rakyat munak…

    lha kalo sayah apa lagi.. sayah hanya bangga pada negara pada saat TIMNAS PSSI maen bola tok e
    wkakkakakak

    *ejaannya ilang?*


  154. ejaannya dihilangkan karena banyak yang sewot…

    mbok ya kalo komen diblogg saya juga serius gini lho… :? lha wong bisa komen serius og sukanya nyampah :?

    sebenernya ga muna jga.. kayaknya hampir semua negara deh.. ga hanya indonesia.. kebanggaan tiap daerah selalu ada, dan ini normal kok kalo sayah liat.

    padahal kebudayaan daerah pasti kebudayaan nasional…tapi kenapa lebih senang memanggakan sebagai kebudayaan daerah…???primodialisme…kalo yang saya sering gembor-gemborkan di bloggnya mbak rose itu gini…

    saya/kelas saya/daerah saya yang paling hebat!yang lain sampah

    okey that’s good…that’s hurt…

    itulah nasionalisme bukan chauvinisme

    kenapa harus menunggu serangan dari luar untuk membangkitkan nasionalisme sedangkan disintregrasi dari dalam dibiarkan menghabisi nasionalisme…

    beidewei eniwei basbang….primodialisme itu termasuk disitegrasi lho…

    sekjali lagi gw, g munak…gw juga gitu…


  155. halah lupa matiin bold…

    matiin dunks…!!!sampai sebelum okey…


  156. kalo comment ga apa2 toh pake ejaan.. kalo post nih yang susah.. habis kalo serius baca postnya maka mo comment serius lagi dah capek kepala :lol:

    hehehhehe tanpa kebudayaan lokal maka nasionalisme itu tidak ada, tidak ada dinegara yang didirikan hanya dari satu suku atawa multikultural kebudayaan yang menjadikan kebudayaan nasional.. sebenernya kebanggaan terhadap budaya lokal ga masalah selama itu ga mengarah pada kebanggaan sempit.

    saya/kelas saya/daerah saya yang paling hebat!yang lain sampah

    nah itu yang berbahaya.. mengangga kelompok sendiri yang paling hebat, benar dll :)

    kenapa harus menunggu serangan dari luar untuk membangkitkan nasionalisme sedangkan disintregrasi dari dalam dibiarkan menghabisi nasionalisme…

    aha menarik sekali, sekali lagi pada saat pandangan sempit menggejala maka kebanggaan lokal primordialisme menjadi senjata ampuh untuk meruntuhkan nasionalisme, hanya yang mau berpikiran luas mampu memahami ini sayah rasa.
    kalo indonesia mah.. jangankan primordialisme, saling dukung antar partai aja dah bisa membuat negara hancur..
    ^_^


  157. halah…ik masi ngantoek tadi ndak sempet tidoer…

    besok ik komen dagh….
    :lol:

    __ __V


  158. meng-klaim? apa klaim tu asalnya bukan perkataan inggeris?indon pun ciplak juga…


  159. #celo
    makananya jangan nungguin aku.. belajar kek wakkakkaka :lol:

    #aku anak malaysia
    makasih info-nya *ga penting amat* :lol:


  160. @aku anak malaysia
    gitu kok mau-maunya njiplak dari negara tukang njiplak :lol:


  161. @celo
    wakakkakakkaka
    *ngakak guling2*

    nyang goblik sapa jadinya dong? :lol:


  162. yang bego itu yang nyiptain lagu…

    bikin lagu bagus kok g diroyalti…

    dijiplak degh ama negara tukang jiplak…

    terus…

    dijiplak lagi degh ama negara tetangga yang sedemikian tersohornya :lol:


  163. yang bego itu yang nyiptain lagu…
    bikin lagu bagus kok g diroyalti…
    dijiplak degh ama negara tukang jiplak…

    emangnya orang dulu butuh royalti??
    skarang aja kali karena semua orang pada serakah abisss :lol:

    itu diatas ungkapan hati beneren dah
    *kaburrrr*


  164. *lupa kalo itu lagu jadul*

    halah lagu jadul juga dijiplak :?


  165. kalau itu milik indonesia… kenapa pakai bahasa melayu?.. kenapa tak pakai bahasa maluku je? nak paten? bodohnya… pernah baca undang-undang paten? ciri-ciri yang boleh dipatenkan? tahu? bangunlah dari memikirkan benda tak berfaedah macam ini…


  166. rasa sayang e
    rasa sayang-sayang e
    e lihat dari jauh rasa sayang-sayang e

    perasaan itu udah terdengar cukup maluku deh buat saya…atau kuping situ ndak pernah denger maluku itu gimana :?


  167. eh salah liriknya yak :P

    maklum nggak terlalu doyan lagu maluku…lebih doyan papua…

    @almast…dibenerin dunks tuh lirik diatas :P


  168. #celo :lol:

    #malingsial & indonesia

    kalau itu milik indonesia… kenapa pakai bahasa melayu?.. kenapa tak pakai bahasa maluku je?

    :lol:
    anda pernah ke ambon/maluku? sebaiknya anda datang atau sekali2 belajar mengenai sejarah bahasa ambon/maluku dulu yah… bahasa maluku itu terdiri dari dua bahasa, yakni bahasa tana dan bahasa melayu ambon, bahasa melayu ambon ini yang menjadi bahasa maluku dari jaman malaysia belom dikenal dan masih menjadi malaka boss.. bahasa melayu ambon sudah berkembang baru malaysia hadir, so jangan heran kalo bahasa yang ada pada lagu tersebut masih bercorak melayu..
    sebaiknya anda belajar lagi lah…

    bodohnya… pernah baca undang-undang paten? ciri-ciri yang boleh dipatenkan? tahu? bangunlah dari memikirkan benda tak berfaedah macam ini…

    diseluruh dunia mengenai hak cipta lagu2 lama tidak ada yang dipermasalahkan walaupun setiap lagu tersebut hanya menggunakan NN atawa no name, dan ini sudah menjadi ciri khas lagu2 yang tidak diketahui pencipta namun diketahui asal nya..
    malaysia mengangkangi hak lagu tersebut.. apakah malaysia berhak?? apakah malaysia sendiri yang melayu? jangan lupa malaysia tidak punya jati diri sebagai bangsa melayu, sebagian besar tradisi melayu malah lebih banyak pada kerajaan Riau yang dicaplok malaysia.. so apa yang mo dibanggakan? :)

    #celo
    yah celo.. cemana bisa ngerti…. wong ke maluku aja ga pernah atau jangan2 ga tau maluku itu sebelah mana di atlas, sebaiknya belajar geografi lagi tu orang
    wakkakakak
    eh liriknya bener kok :lol:


  169. ahh nyante ja bang…kalo ada bule dari timur ke sini…pasti aku hadapin…

    kalo bule dari barat udah diembat natt duluan :lol:


  170. ntar kalo bule dari malingsia dikaw hendel dulu yah
    kan lewat jgj dulu :lol:


  171. udah lah…
    yg namanya MALASya tetep aja MALAS…
    Malas bikin lagu trus bajak punya tetangga


  172. om abe.. malaysia dah mengakui skarang kan??
    ga sia2 usaha kita nih hehehhe :)


  173. iya yach tapi jangan sampe lagu “suwe ora jamu” di akui juga ama mereka :lol:
    “OOT mode ON”


  174. kalo gitu bakul jamu sama pecinta jamu dikomporin demo aja mas.. *siap-siap pinda propesi jadi bakul jamu* :lol:


  175. rasional…
    bukan emotional…
    lagu rasa sayang dah lama…
    sebelum wujudnya malaysia dan indonesia…
    belum merdeka lagi…
    jadi masa itu adalah apa tanah air kalian?…
    mao kata lagi hak milik indonesia…

    cuba menghargai budaya dan lagu…
    portugis sangat suka lagu rasa sayang ini…
    1511 – portugis datang ke melaka…
    1512 – portugis di maluku…

    mungkin juga portugis yang membawa lagu ini…
    mungkin composer nya juga portugis…
    keh keh…

    bercakaplah selagi boleh bercakap…
    padahalnya lagu ini sudah zaman nenek moyang ku…
    bukan zaman merdeka…
    kami bukan maling…
    maling tiada dalam bahasa melayu…
    maling = pencurik rite?…
    tuduh lah selagi boleh tuduh…
    yang pentingnya indonesia dan malaysia belum merdeka…
    jadi hal ini tak patut langsung dibangkitkan…

    hanya kerana maluku terletak di indonesia…
    lagu rasa sayang yang popular dinyanyikan di asia tenggara…
    malaysia dituduh maling…


  176. Ups…(sambil liat komen di atas)



    … buka2 buku sejarah dulu ah :mrgreen:


  177. #chk
    uhmmm kayaknya aku ga mo debat lagi deh.. karena masalah ini negara anda sendiri sudah mengakui bahwa lagu itu milik Indonesia so apa lagi yang mo dijawab hmmm..
    TAPI tolong dijawab mengenai masalah “Reog Ponorogo” yang negara anda klaim lagi :)
    makasih bro n salam kenal

    #papanya difa
    hehehhehehhehe…. yah begitulah pak :)


  178. salam…
    maaf terlewat untuk meberi tahu…. saya meminta ampun dari langit sampai ke bumi kerana mengambil artikel saudara untuk saya pastekan di blog saya. dan andaikan kata saudara tidak izinkan, Isya Allah saya akan saya buang..


  179. :) salam pak ayem
    waduh meminta ampunnya sampai segitu pak hehehhe santai aja kok pak ga apa2 kok berarti tulisan sayah bisa dihargai, sayah ijinkan kok pak.. silahkan dicopy pastekan.. sayah ga terlalu masalah cuman yah itu mungkin sedikit basa-basi kayak gini *tapi ga pake minta ampun lho pak* :)

    http://chikastuff.wordpress.com/2007/08/08/sudahkah-anda-minta-izin-untuk-copy-paste/

    oh iya salam kenal yah pak :)


  180. [...] miskin, ga bisa bayar hutang, sering dimaling pula kita sama tetangga. [...]


  181. singa dan merak menari bersama….

    Indonesia sadis ya…??? soalnya indonesia bukannya…???

    merak mencolok mata singa dan naik ke atas kepalanya….

    tapi lebih suka versi Indonesia…. lebih greeng gitu… :lol:


  182. wih banyak banget komentarnya…^_^


  183. rasa sayang hey…sie malon bodoh kali kaw ini yah…..memang kita serumpun????kita ada melayu jawa,batak,sunda,asmat,dayak dll…tetapi malingsial rumpun apah????melayu…ngakunya sih gitu,tp jumlah melayu indonesia jauh lebih banyak dr malon….duh…susah emang kalo benmtuk negara ky kontol gitu…


  184. nama ya juga negara maling jadi identik ma malingsia
    mereka kyak y ga takut deh m indo pdhal indo puya teroris andalan



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: