h1

dabel yu dabel yu dobol!

3 Agustus 2007

doble.jpg

 

Pengumuman hasil SPMB yang dilakukan secara serentak melalui internet membuat para siswa di ambon sedikit kelabakan, bagi sebagian siswa yang sudah akrab dengan internet hal ini tidak terlalu bermasalah, karena tinggal klak-klik sana sini masukkan nomor ujian beres dah, tetapi bagi siswa yang belom pernah bersentuhan dengan internet astaga akan menjadi pengalaman yang cukup membuat deg-deg an selain pekerjaan menunggu hasil kelulusan, mungkin pikir mereka lebih baik pengumumannya lewat koran masih mudah, tinggal beli koran cari nama, selesai.

Nah salah satu warnet dikota ambon yang kebetulan saya termasuk buruh disitu mencoba menyediakan salah satu komputer untuk dijadikan tempat khusus untuk para siswa yang melihat hasil SPMB dengan gratis… [lha gimana lagi, ditempat laen pada narik bayaran semua๐Ÿ˜ฆ padahal hanya butuh 15 detik untuk mengetahui hasil tersebut].

Yang datang untuk mengecek hasil SPMB ini pun beragam mulai dari calon-calon mahasiswa dengan wajah khawatir, sendirian, bergerombol, sekelas, sampai datang diantar oleh bapak atawa ibunya. tapi perasaan yang datang sendirian ga ada cewe deh mesti cowo, ceweknya paling datang bergerombol kayak geng bermotor alhasil niat buat sekedar ngeceng pung terlupakan dengan ocehan nada-nada khawatir serta ocehan angka-angka sakti nomor ujian yang tidak pernah berhenti walaupun sudah saya antri satu persatu bahkan saya suruh tulis nomor dikertas biar lebih mudah, tapi astaga tetap aja ga mempan cerewetnya mereka.sampai saya berpikir mereka ini kayaknya kelebihan praktek bahasa indonesia sampe2 ga bisa berhenti.

Tapi yang bikin aku malas bahkan tambah sumpek, ya kalo yang datang sekedar ngasih nomor, liat hasil, beres ga apa-apa, kadang yang datang nih belum tau komputer bahkan pegang mouse masih aja harus diajarin namun sok banget untuk melihat sendiri. akhirnya saya persilahkan untuk membuka pada bilik lain sehingga yang lain tidak terganggu, tapi apa daya telinga terpaksa harus mendengar teriakan-teriakan yang bikin stress.

“mas kalo udah gini trus diapakan” *dengan wajah sok tahu*

*mendekat* “ya itu klik personal masukkan nama trus klik ok”

“eh mas kliknya dimana???

“lha itu mouse-nya dipegang to mbak masak mouse dipelototin aja” *kembali ke meja layanin lainnya*

“mas… ini-nya kok ga mau jalan!!” “apanya mba??” “ininya lho……”, mampos pikir aku apa kompinya hang, akhernya kembali lagi ke bilik si mbak, “apanya mbak yang ga mo jalan?” “ini-nya diapakan mas?” weks, ampon dah masak dari tadi cuman dipegang doang tapi ga digerakkan.. ya ampe mati ga mungkin geraklah tu cursor,

“ooo ya mouse nya coba digerakkan biar anak panah itu bisa naek ke atas di personal itu mba, trus kalo sudah klik kiri nah gitu!, hmmm sabar-sabar… orang sabar pasti dikasih duit๐Ÿ˜€ akhernya dengan susah payah tu cursor bisa jga nyampe di personal… tapi ampun dah.. meja sekecil itu terpaksa harus jadi ladang tempat mouse joged-joged, ya gimana ga joged mo gerakkan cursor ke atas aja butuh lokasi satu meter, belom ke tengah belom.. belom ke seterusnya, akhernya saya bilang, ‘mba dari pada lama mendingan liat aja disana trus ga usah bayar lagi kan cuman liat hasil doang kan?’ akhernya dengan malu tu cewek ikut jga ke depan liat dengan saingannya yang lain, fuhhh!

Setelah gerombolan ini selesai, datang segerombolan cewek-cowok, wajah bersemangat, baju warna-warni, untung pada manis-manis yang ceweknya jadi ada hiburan dikit lha hehhehe.
“mas, mo liat hasil SPMB!”

“Oh iya, nomor ujian nya berapa mas/mba?”

“itu mas.. mo liat hasil SPMB di…….” ambel HP N90 nya dari dalam saku celana, trus diotak atik, saya pikir dia mo liat nomor ujian dia yang mungkin kelupaan karena sepuluh angka, sedang temannya mungkin pada kompak julurkan kepala ikut ngerubutin si pemilik HP….

“itu mas… liat hasil SPMB di dabel…..” berhenti sejenak *melongok aku, ni anak maksudnya apa lagi ya*

“oh iya Mas” sambil baca dari HP, “ke internet, buka situs dabel yu dabel yu dabel yu” *sebelum dilanjutkan saya udah potong*

“lha kan ini udah mas, tinggal masukkan nomor ujian, trus hasilnya keluar, selesai deh”

“bukan yang itu mas! tapi buka dabel yu dabel yu dot es pe em be dot o er dot ai di“, ucapnya dengan wajah dibikin pintar banget.

Busyet dah ni anak hp-nya kerena amit *sungkan juga punya HP jaman perang* tapi kok masih gaptek kelas 00 kecillll sekali gini, batinku, teman-temannya yang laen pada diam semua mungkin dah sepakat bahwa ni anak sebagai juru bicara mereka, akhernya saya mencoba sabar

“ya ini kan udah mas dari tadi, tuh baca situsnya diatas we we we dot es pe em be dot o er dot ai di, huruf we kan kalo bahasa linggis dibaca dabel yu” *sok jago bahasa linggis mode on*

“ooooo… yang itu ya mas.. ya udah liat aja mas, nama aku ……..” sambil sebutin nama lengkapnya!

“weks gini-gini!, yang dibutuhkan disini cuman nomor ujian doang, ga pake nama ga sekolah ga pake lain, jadi tulis nomor kalian aja dikertas ini nanti saya check satu-satu”

“Mas.. kok ga ada namanya, kok bukan kayak daftar gitu ya mas.. biasanya kan ada daftar yang ada nama tempat tanggal lahir dll…” celetuk salah satu diantara mereka.

“kalo yang pake daftar gitu dulu mas, waktu jaman suharto jadi presiden, tapi kalo SBY gini cuman dikasih nomor aja” *jawabku udah mulai cuek-cuekan*

“ooooo…. kaya gitu ya?, saya kira buka di apa itu mas.. ?” *buka di apa?? tanyaku balik*

“itu lho mas yang ada gambar huruf W biru-biru” “oooo itu namanya Ms Opis”*Astaga… anak-anak ini waaaaa pengen ketawa aku iks tapi tahan aja deh*

Akhernya selesai juga.. walaupun mereka ga lulus semua tapi ya.. setidak
nya pengenalan pertama internet dengan dabel yu dabel yu gaya mereka sudah cukup membuat aku ketawa-ketawa dan menambah jam terbang mereka walaupun hanya sekedar bercerita bahwa mereka baru saja pulang dari internet! *bukan dari warnet๐Ÿ˜€ * dan setidaknya dabel yu dabel yu dobol!! ga menjadi referensi internet terus dikepala mereka.

40 komentar

  1. hihiihiihii gmn kak dabel yu dabel yu
    jadi inget zaman aq sma dulu
    hihiiih gaptek hihihi
    hahahha jadi pengen tawa terus
    hihhihiihi


  2. *elus elus dada*
    Untung dah fa spmb lagi……


  3. bilang aja ama yang gak bisa buka di internet udah lo cari aja di koran kan sama aja๐Ÿ˜€


  4. ๐Ÿ˜†
    *gak bisa berenti ketawa*

    Tapi..saya jg baru akrab dgn mas operator internet pas kuliah:mrgreen:


  5. huahuaahua…aku lagi liad situs tripel dabel yu almascatie dot com lho ni…xixixix..sabar ya boyyy…xixixixix…tp beneran lucu deh postingan kamu hihihi


  6. Hahahahahaha……๐Ÿ˜† :lol ๐Ÿ˜†

    Buka internet aja gak bisa, gimana mau gunain fitur N90 yang super canggih ya????

    Yah,,, inilah anak muda jaman sekarang…. yang penting gaya dan tampang oke… otak, belakangan…


  7. #dedek
    walah malah ketawa-ketawa terus
    *jitakin dedek pake mukanya yanua :p~~~*

    #Neo Forty-Nine
    mas neo atawa mbak ya? hehehe.. untung ga spmb atawa untung ga kuliah lagi mas..
    *elus-elus perut*

    #ayahshiva
    nah itu lha susahnya pak.. ga ada dikoran lagi tuh, kayaknya lewat internet semua hehhehe

    #takodok
    hust.. yo pake rem ketawanya:mrgreen:
    iya mba, saya juga kenal pas kuliah tapi kan dulu ga kaya sekarang yang mudah banget to hehhehehe

    #novie
    waks… *jitak-jitak novie*
    liat tulisan nopie malah pengen ketawa lagi aku hahhahaa.. pokoknya sabar aja nov.. masih banyak tragedi seperti ini sih hiihihhiih

    #purnama:mrgreen:
    nah kebalikan mba` ama N90 jago banget.. tapi ama internet kok ga bisa ya.. heran bener aku….
    *aku masih anak muda juga lho.. * kaburrrrr*:mrgreen:


  8. Mas, saya mau ngisi komentar tapi kok gak pakai nomor? Yang ada hanya nama, email dan url. Ini jaman apa mas?
    Omong masalah gaptek sepertinya masih banyak dech, tapi kalau mengingat jaman sekarang sudah ada pelajaran TI di sekolah kok rasanya keterlaluan ya kalau tidak tahu yu dabel yu
    Selama ini seperti apakah wajah pelajaran TI di sekolah ya?


  9. jaman mathematika mas…๐Ÿ™‚
    masalah gaptek emang masih banyak, nah jaman sekarang TI nya sekolah2 sini hanya teori doang, prakteknya ga ada so ga terlalu familiar ama namanya yu dabel itu lho mas.


  10. wakakkakkakaka…
    kang bek soyo edan
    tapi great..tulisane kereen
    eddiaaan..ndagel nan!!


  11. Ma pernah kaya gitu ga ya??
    *inget inget pengalaman tolol seputar komputer*

    Hmm,, paling parah sih gara gara Mavis Ma cuma 35,, hiks,, padahal yang lain ada yang 80,,๐Ÿ˜ฅ
    *lha?*


  12. hehhehehehhe….
    kudune tok rekam kang..trus dijual๐Ÿ˜›
    labele..video amatir pasti lariss…๐Ÿ˜›


  13. Tapi ada untungnya ngadepin anak-anak gaptek. Jadi paling pinter khan…?


  14. euh.. bagus juga yah kang… sebagai pendidikan internet bagi masyarakat.. supaya lebih merata..๐Ÿ˜€


  15. ahahahaha…………. internet belum merata ya.


  16. komen pertama di sini dengan apatar imut yang baruu~~:mrgreen:


  17. hore ujian…
    murid stres. para guru (yang ngobyek) dapat lebih banyak komisi.

    hore… pesta pendidikan a la Indonesia…


  18. nambah:

    ‘ininya lho, gak mo gerak!’ lalu dijawab, ‘ya digoyang dong itunya.’

    ha ha ha jadi mikir yang tidak-tidak.

    asyiknya melihat orang riuh rendah sambil gumun. hiburan yang menarik. membuat terbahak sambil gemas.


  19. halah, kesian banget anak2 itu, hehehe….


  20. #herawan
    weks kok aku sing edan ?๐Ÿ˜€
    ndagel? walah aku ga bakat dadi penggantine tukul pak :))

    #rizma
    kok sampe 35 doang `Ma? weleh :mrgreen:

    #huzni
    weleh ga ana camera pidio kang, kalo ga wes ta rekam arek2 kui, :0
    jalu sumbanganne camera kang.. habis proyekan to.. hahhahah
    *kabur*

    #liexs
    weleh… jadi paleng pintar puseng yg jelas๐Ÿ™‚ hehehhehe

    #kang kabayan
    yups… akang kabayan mo jadi gurunya ga?

    #tiar
    cemana merata mba`.. telkom sering banget error.. speedy belom dapet.. satelit mahal๐Ÿ˜ฆ jadi ya sabar aja….

    #saRe`
    ?
    mana? kok belom berubah?
    *tendang apatar lamanya saRe ke bulan*

    #munggur
    waduh….. tapi kok katanya ekonomi para guru masih dibawah standart ya
    horeeeeeeee:mrgreen:

    walah.. kang munggur ada2 aja nih๐Ÿ™‚
    asyik emang mas.. hiburan menarik tapi kalo kebanyakan malah puyeng sendiri๐Ÿ™‚

    #venus๐Ÿ™‚ aku malah mangkel kok bu, ya itu punya hp mahal2 coba kalo duitnya beli komputer aja pasti malah pintar mereka dari pada aku….. .๐Ÿ˜€


  21. *ngabisin ketawa ngakak dulu ah*

    Bener nih, gak ada cewek yang colak-colek mas Boy ?
    … hehehe, sini dong maaasss *curigesien mode ON*


  22. wekz! malah ikut ngakak ingat kemaren cak:mrgreen:
    waduh cak kalo colak-colek masuk database cak.. ga boleh dipublikasikan, kan cakmoki ga boleh baca.. masih dibawah 21 kan ?
    wkakakkakakkaka


  23. mas tolong bukakan dabel yu dabel yu dabel yu dot motojipi dot kom


  24. #deKing
    mas ga pake we we we weeeeeeee aja to hahhahaha
    weleh susah mas.. “dabel yu dabel yu dabel yu dot motojipi dot kom”
    kok keluarnya error gitu mas…:mrgreen:


  25. hihihihi..itulah potret bangsa kita!
    gaya lebih maju dari otak…
    mampu beli hape bagus, tapi lupa mengupgrade otak..๐Ÿ˜›


  26. astaganaga…

    *cuma bisa geleng geleng*


  27. #antobilang
    itu yang saya sayangkan mas.. kebanyakan lebih senang gaul dari pada beli kompi.. makanya gaptek banget๐Ÿ™‚

    #nyonya Farid
    waa. nyonya datang…๐Ÿ˜€
    astaga puter lagu triping biar kepalanya tambah goyang
    *kaburrr*


  28. Berarti .. saya yang sudah tua ini ga kalah2 amat dong ya ama anak muda jaman sekarang? hehehe๐Ÿ˜€


  29. Waduh perjuanganmu ternyata berat juga nak. Semoga pahalanya dapat berlipat ganda.๐Ÿ˜€


  30. #erander
    lho bang erander udah tua?? kata siapa??

    #danalingga
    waduh sapa nih mas.. aku atawa anak2 itu, *aku yo masih anak2 lho*
    pahala nya dari sapa nih mas…. sapa tau tuhannya beda:mrgreen:


  31. Ya .. kalo dibandingkan ama yang baru lulus SPMB .. pastilah saya lebih tua toh? Secara sudah ga ikutan SPMB lagi hehehe


  32. begh….itu salah satu bukti kalo masyarakat kita ini cuman bisa konsumtif ajah… hape boleh keren..tapi internet ajah masih gaptek…pliss deh *sirik nih gara2 hapenya masih jadul* wakakakakakaka


  33. hahhahhaa…. Mba Ninoy.. Toss!! *hp-nya sama-sama jadul* biar jadul yg penting bisa sms gratis *halah*๐Ÿ™‚


  34. saya jadi ingat dulu pernah ‘berkelana’ disebuah kota cukup terkenal, tingkat ekonomi masyarakat kota tsb cukup tinggi, anak mudanya pun modis banget, motor/mobil mentereng, hape canggihnya minta ampun.. tapi, internet NOL! cari warnet susah! kalo ada pun mahal! pengunjungnya dikit!


  35. singkat, jelas, padat :๐Ÿ˜†
    wuakakakakakak…


  36. #sandynata
    tradisi malas nge-net hehehehehe.. belom kecanduan kali ya bang…

    #vend
    wekz… singkat, jelas, padat dan kurang kesimpulan saja hahahahhaa:mrgreen:


  37. so funny..


  38. konyol


  39. #usi Luna & anang:mrgreen:


  40. siapa sih yang gak ketawa, liat tulisan dabel yu dabel yu, tapi klo aq cuman nyebutin we we we dot bla, bla bla dot com ato dot ai di.

    inget masa skul dulu yang gapteknya 100 % tapi sok tahu,…

    wah, emang bisa bikin ketawa klo inget itu,…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: