h1

Masih Saja Kau Bertanya……

29 Oktober 2007
 
  Masih Saja Kau Bertanya Tentang Rindu

Kerinduanku padamu adalah rindu camar-camar pulang
saat matahari tenggelam di sisi laut
Bait-bait pusimu tersapu ombak
Sebentar basah sebentar lembut
Pasir-pasir menghempaskan ombak, sembilu

Jangan kau mengira hatiku tak ingin dibawa ke tempat kau ingin
Bermil-mil jarak yang menghitamkan waktu semakin mematikan harap
Lalu bagaimana aku akan hidup satu hari lagi
Bila antara datang dan pergimu tak ada sedikitpun peluit sebagai tanda

Banda Aceh, 8 Oktober 2007

 
 

download kode blogframes ini

Thanks to Oom Dino umahuk
Images from deviantart

149 komentar

  1. wah lagi maen ke aceh ya ….


  2. keduaaaaaxxx siyap!!
    ada fakta menrarik tentang aceh. kapan2 tak critain😀


  3. kapan ke jakarta??


  4. lagi ngapain di Aceh?


  5. rindu itu apa sih?

    *diganyang*


  6. halah situ ternyata sama aja kek ik….tukang jalan-jalan


  7. halah…

    kapan ke jogja…???

    *niat morotin uangnya almast*


  8. Perlu dijemput ???

    (asal ndak lupa oleh-olehnya….)


  9. Rindu is missing, isn’t it?
    (Cinta is loving, isn’t it?)


  10. Ah, jadi rindu seseorang… *OoT*


  11. Apakah itu cewek yang kau ceritakan itu….
    Udah..udah jangan kau ganggu kebahagiaan orang laen ..
    wakakakaka


  12. klo menurut saran saya,pilih cewe polwan aja biar doi slalu tiup pluit tilangnya he he he

    *puisinya keren*


  13. Lho???😯

    Beneran nih di Aceh? Dimana? Di Banda Aceh?

    *kaget beneran ini!*


  14. Lagi merindukan siapa seh ? Hmm, mantep abiez, deh.


  15. sebenarnya alma lagi ga tau mo bikin post, makanya muncullah post begini. demikianlah klarifikasi
    *mewakili alma*
    *kabur sebelum dilempari benwith *


  16. rindu sama siapa nih… ehem ehem


  17. ah, aku juga rindu dengan aceh😉


  18. nice poem🙂


  19. ooh di Aceh,.. sekarang dmn lg?


  20. Jangan kau mengira hatiku tak ingin dibawa ke tempat kau ingin
    Bermil-mil jarak yang menghitamkan waktu semakin mematikan harap <— ce..ile…puitis banget seh….


  21. lebih kaya dari cinta lebih miskin dari rindu.

    dan rindu camar pulang saat senja itu, nyesak tuh, harus dituntaskan, sebelum sayap keburu lelah.

    (sok-sok ngerti puisi)


  22. Puisinyaaa bikin merinding…..
    Ah, jadi kangen sama seseorang di ujung sana..


  23. […] sekali orang yang menganggap kematian itu hal yang sangat menakutkan,entah apa yang mereka takutkan dari kematian itu.apa mungkin mereka malu pada sang pencipta…??? siapa […]


  24. ih kok keren gitu ya. Sip!!!


  25. uhuy… deep bangeeeetttt…🙂

    lagi rindu ma sapa neh??


  26. Aceh memang bisa bikin rindu ..


  27. “Camar, laut, ombak, pasir”, ya, ya, ya, diksi ini mengingatkan saya tentang suasana sunyi, damai, rindu, juga memancarkan makna kebebasan. Dan matahari adalah simbolik dengan harapan. Nah, *sok tahu* di balik kerinduan agaknya memang ada harapan untuk kembali seperti kerinduan camar pulang ke habitatnya.
    *Weleh3 Bung Almas dah layak ditahbiskan sebagai penyair cyber, nih*


  28. Boy sekarang tinggal dimana?
    Di Ambon ya?
    Huhhhh … sudah tauk pakai nanyak segala😈


  29. ehh larik pertama sepertinja aneh degh😕

    berkesan memaksa atoeran poeisi….


  30. almas, saya tahu almas rindu pada saya…

    *dihajar massa*


  31. Cara tepat menyulap blog wordpress sebagai sumber dollar.
    Sobat bisa jadikan wordpress menjadi blog bisnis. Setiap klik di blok sobat akan mendapatkan sekitar Rp.1,- sampai Rp.2,-. selama ini wordpress melarang penggunaan javascript sehingga untu memasukkan iklan insentif tidak bisa. Untuk itu sobat bisa memilih alternatif lain untuk dapat tetap memberikan dollar gratis.

    informasi dan petunjuk silahkan klik di :
    gallery-c5lxeuuycpfssic.usercash.com


  32. Nice blog………….

    Mohon maaf bila informasi ini mengganggu dan tidak berhubungan dengan tema sobat…..

    Saya hanya ingin berbagi sedidikit tentang …..Cara tepat menyulap BLOG WORDPRESS menjadi sumber dollar.

    Sobat bisa jadikan wordpress menjadi blog bisnis. Setiap klik di blok sobat akan mendapatkan sekitar Rp.1,- sampai Rp.2,-. selama ini wordpress melarang penggunaan javascript sehingga untu memasukkan iklan insentif tidak bisa. Untuk itu sobat bisa memilih alternatif lain untuk dapat tetap memberikan dollar gratis.

    informasi dan petunjuk silahkan klik di :
    gallery-c5lxeuuycpfssic.usercash.com


  33. gi di aceh yah om???
    hhmm, dt jd rindu jg nih ama banda aceh…
    T_T


  34. kok komen-komen diatas itu samfah semua yaks?🙄

    Bermil-mil jarak yang menghitamkan waktu semakin mematikan harap

    kan bisa naek kereta listrik, atawa pesawat sekalian😆

    Lalu bagaimana aku akan hidup satu hari lagi

    ya mbok makan lho, ndak makan ya lapar, kalau laper-nya keterusan, ya ndak bisa hidup, gitu aja kok repot😈

    Bila antara datang dan pergimu tak ada sedikitpun peluit sebagai tanda

    ngambil pluit dari tangan wasit, trus ditiup-in ngasih tanda ke almas:mrgreen:

    *up, up, and away, kabuurrrr*


  35. Titip kopi aceh dong


  36. #sandy egi
    waduh ga kok .. masih di ambon saja🙂

    #herawan
    masak sih? walah jangan2 kang herawan punya kisah tak terlupakan tentang aceh nih😆

    #cK
    tunggu dirimu kawin chik😆

    #ayahshiva
    ga ke aceh kok pak🙂

    #caplang
    tanyakan pada rumput yang berkibar😛

    #celo
    sapa bilang?/ sayah mah anak pingitan😳

    kalo ke jgj mah sayah ke tempat cewek ngapain ke tempat kaw
    wakkakakkak

    #mbah mbel
    ga usah mbah ga usah repot2…😆

    #pacaran islami
    dan bahagia is happynes, isn’ it?😆

    #roze
    *kasihkan perahu ke sorong*😆

    #regsa
    bukan.. bukan cewek itu.. ini yang kemaren lagi👿
    emang sapa jga yang ganggu si Rum
    :p
    *kaburrrrr*

    #baliazura
    walah jangan2 sayah yang kena pentungannya dia lagi mas
    hihihhihihih

    #alex
    ga kok lex.. masih diambon aja
    itu puisinya om dino umahuk yang diaceh🙂

    #dewa-dewi
    merindukan kekasih hati 😆

    #may
    kok tau aja sih may??
    kita memang jodoh pakir benwit
    *woi may cepet nyalain gensetnya woi*😆

    #anang
    siapa ya???😆

    #mei
    thanks for om dino mei🙂

    #alle
    heh?? sapa bilang diaceh..dare kemaren disini aja kok
    :p

    #senyumeva😳
    makanya puisinya aku ambel karena romantis😆

    #toga
    “dan lebih sederhana dari bahagia” *mungkinkah?*
    kan semua burung akan kembali ke sarangnya ya bang🙂

    #qzink666
    wekz emang kipas kali sampe merinding hahahhaha
    silahkan berkangen2 ria lewat sms aja yah😆

    #bang ardi
    makasih bang…

    #mitra
    halah.. yang pasti ga rindu ama mba mitra wkakakkakak
    *kabur ditimpuk sendal jepit*

    #erander
    negeri yang tak akan dilupakan.. n selalu menimbulkan aspirasi🙂

    #pak sawali

    Di balik kerinduan agaknya memang ada harapan untuk kembali seperti kerinduan camar pulang ke habitatnya.

    T_T ga bisa diungkapkan dengan kata2 pak

    #deKIng
    *skip*😆

    #celo
    aha yang penting indah *cuek mode on*
    hhiihihhhihi kayak yang bikin aja
    *ntar sayah tanyain ke pengaranya deh*😆

    #itikkecil😳
    jangan gitu mba.. ntar sayah disumpahin ga boleh injak bandung😆

    #gama
    makasih untuk infonya pak. bisa dicoba nih😆

    #deet
    halah aku mo kesana kalo disediain blekporest banyak2
    wakkakkakkak

    #extremusmilitis

    kan bisa naek kereta listrik, atawa pesawat sekalian

    duitnya ommmmmm wakkakkakka

    ya mbok makan lho, ndak makan ya lapar, kalau laper-nya keterusan, ya ndak bisa hidup, gitu aja kok repot

    *lansung ke warung makan nambah bon*😆

    ngambil pluit dari tangan wasit, trus ditiup-in ngasih tanda ke almas

    hati2 dilarang mimpin pertandingan seumur hidup lho wakkakakakka

    #dokterarekcili
    Lexxxxxxxx ini bagianmu broooo😆


  37. aih aih, perasaan bukan bulan februari deh… kok melow2an cinta2an siiii


  38. biarin
    :p


  39. ahh setelah ik tjoba toek boeat poeisi jang terikat dengan atoerannja…hasilnja kakoe banget…


  40. lepaskan imajinasimu dong
    ikut aturan puisi? sayah belom pernah baca sih😦


  41. mau ik post tengah malem ntar…batja adja seberapa kakoenja😉


  42. ah, ini reply buat sayah ya??

    *ditabok*


  43. kafan ke furwokerto?


  44. di aceh ngafain?


  45. ah…hettrix


  46. *gara2 ga pake YM ga ketauan yang comment*

    #celo
    okehh bro😆

    #COTD
    weks..replymu kan sama ade??😆

    #hoek
    mo kawin di purwokerto.. carikan jodohnya disana yah wakakkakaka
    ga ngapai2n emangnya sayah masih diambon kok

    *tendang hoek*


  47. g pertjaja kalo jij ndak njalain J!M


  48. kenapa orang2 pada berpuisi semua??
    *bingung


  49. #celo
    tadi engga.. menjaga koneksi aja skarnag mah udah😆

    #morishegi
    karena manusia adalah mahluk puisi *halah*😆


  50. berarti sekarang udah😕

    *siap-siap ngebuzz*


  51. wakakakkaka
    BUZ!!!


  52. […] Kenapa aku harus terperangkap dalam sangkar kecil ini Sangkar yang hanya berisi sedikit dari kebutuhan hidupku Sesuatu yang kadang kala meracuniku dalam pekatnya amis Semua hal yang kubutuhkan walaupun kadang tak kusuka […]


  53. 😯 banda aceh?
    alex kah “pasangan sesama”mu sekarang?


  54. halah.. ga lagiii
    sayah kan masih di ambon dan setia menanti seseorang
    wakakkaka


  55. almas, aku ke ambon hari jumat tanggal 2/11/2007 trus lanjut ke seram timur, bareng pak Bupati dari jakarta


  56. rindu, cinta, betapa indahnya..
    jadi ingat ketika pertama pacaran, dunia serasa surga🙂


  57. liat tagsline bawahnya … “Banda Aceh”

    jadi kangen beneran ,…

    huaaaahukks..hukss…


  58. mobilitasnya tinggi juga ya.. setidaknya dari banner ada tulisan “blogger community Maluku”, tapi adanya di sekarang di Aceh… sory kalau OOT bos… salam kenal yaa… sering ku lihat namamu terpampang di layar monitor, tapi belum bersenggolan kata.🙂


  59. hwaduh….main pasir *cekikikan*


  60. semuanya mungkin,
    karena dirimu merasa🙂

    terimakasih dah berkomentar!
    pas kebetulan puisinya juga nyambung tentang rindu😀

    err..om Dino sapa yah?


  61. weleh…….berpuisi ria…


  62. hiks.. hiks.. jadi rindu ma seseorang nehh…


  63. katanya lagi pakir benwit😆


  64. Masih saja bertanya? Lha iyalah, malu bertanya khan sesat di jalan, sering bertanya malu maluin.


  65. Masih di maluku tapi ngaku (puisinya) di Aceh … 😦
    kamu kok jadi melakukan kebohongan publik begene…:mrgreen:


  66. almast dan alex….kuberikan restuku padamu nak


  67. Puisinya bagus sangadh.😀


  68. #kang abuy
    wah berarti lansung ke seram yah ga lama diambon nih🙂

    #wira
    waks… pertama pacaran atawa pertama dipacari hiihhihi
    *kaburrrrrr*

    #leksa
    waduh ternyata banyak yang punya kisah banda aceh yah🙂

    #kurtubi
    salam kenal jga pak kurtubi.. makasih dah mampir pak.. wah sayah masih dimaluku kok pak.. cuman puisinya dibikin di aceh sama om dino..🙂

    #simbok
    *ingat masa kecil*
    :ngakak:

    #mei
    mungkinkah? hohoooh jadi ingat comment aku ditempat mba mei deh.. iya menohok banget kata2 di puisinya mba mei tuh

    om dino umahuk, penyair dari ternate skarang diaceh🙂

    #abeayang
    yeaaaahhhhhhh😆

    #ferry
    walah dimisscall aja lansung yah😆

    #aLe
    jangan diingetinnnnn👿

    #pak dokter
    walah jadi malu aku pak😳

    #pak heri
    wakakkakakkakkkaka lho pak sayah kan ga diaceh sayah masih tetep di ambon lho..🙂

    #celo
    emangnya dikaw bapakku!!!
    *sambit celo pake kapur tulis*

    #dana
    rindu jga???😆


  69. wuih kang almas sok puitis
    aceh memang selalu menarik..meskpun cerita bohong ttap bergulir indah..
    kang..aku wis ra nganggur meneh
    wekekkekkekekke aduh…pinggangku pegel biakakkaka


  70. Ngga, aku ngga akan lagi bertanya….🙂


  71. #kang huzni
    waaaaaaaaa si penganten baruuu baru datengggg gimana kabarnya kang.. wah lagi bulan madu nih hihihihi😆
    halah gaya pinggang sakit emangnya jadi buruh bangunan kali wakakkakkakka

    #dwi
    rugi lho kalo ga tanya.. ada hadiahnya lagiii😆


  72. lho, puisi buatku, mas ??
    duh, gausah segitunya ah, mas.
    biasa ajah.
    ihihhiii…


  73. @niez yang puyeng bikin tugas
    iya aku bikin puisi buat kaw biar tugasmu cepet selesai
    habis itu jangan lupa… nyuci piring ama gelas trus nyuci baju jga yah
    waakkakakkaka


  74. nggak begitu tertarik dengan puisinya tapi sangat tertarik dengan BlogFramenya.. gambarnya itu bagus banget, bikinlah tutorial Photoshop praktisnya mas! biar ilmunya bermanfaat !


  75. hahaha..menohok?
    boleh juga tuh kata2nya🙂
    tapi puisi yah puisi, memang untuk tohok menohok
    hahaha…makasih udah di link yah😉


  76. Puisinya menyentuh bangat. Keren lagi.


  77. Aku gak pernah tanya tentang rindu loch


  78. gw belum pernah ke aceh.. bagaimana gw bisa rindu dengan aceh?😛


  79. satjara poeisinja ndak boeat sendiri….

    *tjap almast sebagai plagiat*


  80. Thanx dah berkunjung ke tempat saya Ya ???
    Puisinya touching banget, bikin kangen hampung halaman. Padahal baru satu minggu lalu pulang mudik, jadinya pengen balik lagi.


  81. Bagus, ngena puisinya

    ..kata temen saya yg anak sastra….


  82. abis lebaran pada melow ya… hmmm…😀


  83. Njrit! Ternyata masih di pulau sana.
    Hohohoho…. sampe sms dikau segala daku😆
    Coba kalo beneran di sini, kan bisa diajak ngopi tadi😛


  84. dan….masih saja kau menjawab


  85. ah biasa saja kali…

    saya sendiri gak tau PG saya kenapa tiba-tiba
    bisa melejit sampe ke angka 5 point….

    eh iya…
    kok pas pestablogger kemarin gak gabung dan ikut ke jakarta bareng sama komunitas Angingmamiri.org ?

    reply yo!


  86. posting dengan puisi…. suka ya ?


  87. Fuih… Lega deh. Baru bisa tinggalin koment setelah perjalanan yang panjang. Sedang rindu, ya? Rindu itu kadang indah. Bagai rembulan tanpa bintang, he he he he. Kaburrr ah.

    Eh, ada yang ketinggalan. Puisinya bagus.


  88. #om fetro
    wadaw.. eh kalo tutorial blogprem udah ada kok.. kalo ini code-nya buat pake emang belom sayah masukkan🙂
    makasih bro

    #jejakkakiku
    waduh tohok menohok dalam hati aja ga apa2 asal jangan tohok menohok lansung.. bisa2 benjol lha awak ni
    hihhhhihihi
    sama2 jga

    #Hanna🙂 makasih mba hanna… karena nyangkut diaku makanya ta postkan mba..🙂

    #wong sing tanda tanya
    lha aku lho kangen karo pean wakkakakak😆

    #Nisa
    jangan tanya tempatnya tapi rasakan kerinduannya *halah*:mrgreen:

    #celo
    wakakkakakkakakakk😆
    lha itu kan udah dikasih tau kalo yeeee.. *thanks to om dino*
    plagiat?? wakakkakak sayah jadi plaster luka aja dah

    #Sq
    sama2…
    waaa dah bikin kangen *pulang lagi dan jangan lupa oleh2 kopinya
    wakakkakakak😆

    #Paijo
    lha kata om paijo mana?? *nagih*😆

    #ruyas
    karena abis lebaran banyak yang kawin makanya jadi banyak yang kepengen *ga nyambung *😆

    #alex
    iya lex… kaget aku baca sms mu
    tapi yah karena pulsa lagi nyekak berhubung tgl tua jadi gini hihihihihi
    krik jangan bilang ngopi aku jadi ngiler beneren nih👿

    #deKing
    karena sayah baik hati pak😆

    #sugo
    sama dong kalo gitu.. ga tau tiba2 bisa naek🙂
    waduh.. pengen tapi banyak hambatan *sok jadi orang sibuk*😆

    #tiar
    serah gw dong wkakakakk😆
    mo dibikinin jga buat kamu? emang aku pacarmu !😆

    #mba hana
    weks jalan2 kemana mba?? wah minta oleh2nya dong hiihiih

    Rindu itu kadang indah. Bagai rembulan tanpa bintang,

    arghhhh bikin rindu lagiiii😦


  89. masih saja kau bertanya…

    *ah, dasar bawel😛


  90. ada apa dgn cintanya almas yaaa👿
    *apakah blog ini brubah menjadi blog puisi?*


  91. aku rindu dengan seseorang di aceh sono
    aku rindu dengan kedahsyatan bibirnya😛


  92. Aku ingin bertanya, mana post baru?😕


  93. #wira
    cerewet!!😆
    wakkakakkkaka

    #ade`K
    belom berubah…ntar kalo dah kawin baru berubah
    wkakakakkakak

    #mardun
    bibir???😯
    arghhhhhhhhhh
    *ga mo bayangkan aneh2*😆

    #roze:mrgreen: *cengar-cengir*


  94. glekk…
    komennya bejibun..😯
    kapan ya blog gw serame ini..?😕

    btw, lam kenal, Nyong..😉


  95. Ngeliat komen di atas
    sepakat sekali

    *bantuin bersiin sampah*

    btw, unda salut sama puisinya, indah


  96. #arhamkendari
    ahahahahahhaha…
    slaam kenal boss… gimana kabarnya kendari makasih udah maen kesini boss

    #anak rimba
    lha kok malah sama yang diatas hehehhe😆

    *kasih sapu ke anakrimba*
    makasih


  97. apdet apdet!!!


  98. puisi dan latar yang keren🙂


  99. #anto
    skripsiiiii….skripsiiiii….skripsiiiii….👿
    *mbales*

    #GraK
    makasih bro
    salam kenal yah


  100. gyakakakka!!!
    mbalesnya pake kata sakral ituh… *saya nyerah deh*


  101. rindu sama sapa hayooooo


  102. MANAAA??? *misuh*


  103. apdett apdett


  104. jadi sekarang masih belum balik dari Aceh


  105. Coommenku,
    Puisi yang baguuuuus, sangat puitis


  106. […] anda mengalami dialog seperti diatas ? sebenarnya kenapa bisa sampai terjadi seperti itu ? kenapa seseorang ingin […]


  107. ARGGHHH!!! APDETTT!!! *bakar ban bekas*


  108. masihkah kau bertanya…???

    KAPAN APDETT….????


  109. #anto😆
    selama dikaw belom berjubah item dan dipindahin talinya ama bapak rektormu.. kata itu masih jadi kata ajaib wakkakakkaka

    #zazi
    rindu sama siomay nduk
    wakkakakkak

    #roze
    masuk draft.. *nunggu misuh2 dulu*😆

    *tendang celo dari anak tangga*

    #ayahshiva
    ga pak.. diambon skarang.. lagi nikmati kelapa muda pak hehehhe

    #mba puan
    jawabku..
    makasihhhh
    wakkakakaka

    #roze
    *telp CIA ada teroris*👿

    #celo
    *colok matanya celo pake gergaji*


  110. nice blog
    bila anda berniat menjual hubungi saya


  111. silahkan hubungi mertua sayah pak👿


  112. Blog yang menarik…..
    Mohon maaf jika komentar ini tidak berhubungan dengan topik sobat.
    saya hanya ingin mampir memberikan info…siapa tau bermanfaat bagi sobat.

    Temanya ” Bagaimana menjadikan blog wordpress bisa menghasilkan rupiah??

    Mungkin sobat bisa memberi komentar atau tanggapan.
    silahkan kunjungi klik disini


  113. gelar kloso… ngopi.. (lha meh ngopo maneh, moco uwis.. komen uwis..)


  114. Masih saja kau belum update tulisan:mrgreen:


  115. Dan aku masih bertanya, memang…
    Bertanya:
    Wooii!!! Kapan diapdet ini blog!!

    *ngluyur*😎


  116. absen 115… numpang ngeramein aja deh


  117. #endy
    thanks infonya

    #ruyas
    ikutan ngopi ah
    kate ngopo maneh yo kang😆

    #deKing
    gaya.. yang baru balik dari hiatus
    hihiihiii

    #alex
    *sambit alex pake kuwaci*👿

    #Anang
    sialhkan tanda tangan pak dibuku absen
    hihihihi


  118. ooh sama siomay

    *kasih siomay super spesial*
    ada togenya juga 8)


  119. *cari karung buat masukin siomay*
    tapi toge asli kan bukan keledai kan?😆


  120. kopi joss khas acehnya 1 ya bang😀


  121. ~(-_-~) apdett ~( – _ – )~ apdett (~-_-)~


  122. Cis… lamanyaaaaa….


  123. ooooo………
    lagi kangen sama neng ya?
    doh, gak usah sampe diabadiin pake puisi segala atuh kang.

    *narsis mode on*

    *kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr*


  124. Saya kenal situ?😛


  125. lho? koq muncul smiley?* Paijo katrok*

    tes…:P <=====tuh kan?

    *edited by nyang punya blog*


  126. Salah, ihihi

    tes…:D<====iya kan?


  127. wedew, nggak muncul!

    Tadi saya mencet apa yak?

    mmmhh…..
    :d 😛


  128. hai.. lam kenal dulu ah.


  129. hmmm… yg kangen berat nih…

    pusinya, luruh…🙂


  130. waduh gak nyangka juga ya rame banget yang kasih komen, ampe ratusan, aku aja nembus angka 60 aja baru sekali
    salut deh


  131. Apakah puisi ini di dedikasikan untukku ?
    ngerasa gitu….

    ehehehehehe


  132. ALMA!!!
    apdet!!!!


  133. apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett apdett


  134. …puwas…


  135. Sebentar basah sebentar lembut

    kasih kanebo :))

    *ambil helm


  136. apakah almast sudah meninggal?? ini blog dibiarin ajah!!!
    kang..kalo mau meninggal sms dulu donk!!!!!
    /me kabooor


  137. mau posting baru..wis kentean bahan ketoke…
    blog ini di bubarkan ajah!


  138. eh..eh.. jangan diapdet dulu… aku masih belum puas melototin yang ini… pliisss…

    DAZARS !! >:)


  139. kirain beneran ke aceh..
    huks..
    pengen kesana lagi.. *kangen alex*


  140. 😦 koneksi sayah tewasssss!!!!!
    *mohon maaf sayah hanya bisa ol lewat hp yang pas2an..*
    T_T

    #dobelden
    wekz… alexxxxxxxxxx ada pesanan kopi lagi nihhhh😆

    #celo😦 koneksi sayah tewasssss!!!!!

    #roze😦 koneksi sayah tewasssss!!!!!

    #neng ika
    iya aku kangen sama neng! neng kemana sih habis wisuda kok ilang… T_T

    hhihihihiih

    #om paijo
    belom om.. sayah aja ga kenal hihihi

    walah wong gendeng wakkakakakaka

    #mad man
    salam kenal jga bro
    makasih dah mampir sini bro

    #mba mitra
    weks sayah kangen sama koneksi sayah mba😦

    #ayahshiva
    iya.. padahal belom apdet😦
    koneksi anjur bener pak.. mohon maaf karena belom bisa seperti biasa
    T_T

    #affcell
    woo masak jeruk makan jeruk kang raffa
    wakakakkakakkaka

    #may
    *cuman bisa nangis darah*😦

    #celo gendeng bin gila bin edan
    *rajam celo pake aer garam*

    #harriansyah
    *hajar palanya harri pake pentungan satpam*👿😆

    #kang huzni
    si**l hhihihihi
    nyumpahin orang mati aja.. sayah belom kawin woiiii
    situ mah enak dah kawin wakkakakaka

    #kang ruyas
    jadi ga enak hati nih wkakakkakak

    #mba tika banget
    aku jga kangen sama aceh.. bukan sama alex😆


  141. belati yang kaupinjamkan itu
    tak sanggup memutus nadi rindu
    percuma juga kaukirimkan sebilah pedang
    ia takkan sanggup menebas bayang-bayang
    yang kutunggu adalah kehadiran
    bukan suara dan kata yang memintas ruang

    mendekatlah, sayang
    biarkan kutelusuri lebat rambutmu.
    ingin kuberteduh di helainya
    ingin kurasakan silir
    dan lelap di kedalaman hitamnya

    ini puisi/comment…hasil copy paste juga…he hehe


  142. wew.. puisinya mantap sekaliii
    puisinya siapa dhe`.. makasih ya


  143. jangan tebak sang rindu datang,
    sebab sang rindu pecinta sejati,
    jangan lupakan rindumu..
    sebab rindumu bagai burung pemikat


  144. #zal

    jangan tebak sang rindu datang,
    sebab sang rindu pecinta sejati,

    untuk sebuah tebakan demi cinta sejati
    apapun akan dipertaruhkan demi menggapainya

    jangan lupakan rindumu..
    sebab rindumu bagai burung pemikat

    ahhhh rindu itu tak pernah pergi
    hanya bertamu dalam hati
    menunggu kekasih menjemput😆


  145. huhu baca pertama kali saya nggak begitu ngerti
    baca ke dua saya masih nggak ngerti
    baca ke tiga sama aja.
    baca ke empat ………….. anjing tanah itukan aku.


  146. #bedh😆
    coba baca tuju kali terus banting kaki kiri 7 kali dijamin kejang2 kaw
    wakkkakakakkakakakak


  147. hei… saya gantian singgah.
    puisi sapa tuh..
    kok ke aceh gak bilang-bilang?
    di panyingkul! ada tulisan tentang tranportasi. Naik mobil dinas ke Raja Ampat.


  148. #usi luna
    puisinya om dino usi heheheh
    waduh seng ka aceh ada rencana tapi balom bajalang lai hehehe
    wew.. *meluncur ah*


  149. Todays guidelines say anyone 50 and older should get a colonoscopy, and likely sooner if theres a family history of cancer,



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: