h1

Ritual

8 Desember 2007

 

Kenapa kita selalu terjebak dalam segala hal yang berbau ritual dan melupakan esensi yang seharusnya dicari, ritual sudah menjadi kebanggan kita, ritual menjadi alasan utama untuk melupakan atau bahkan dengan sengaja ritual digunakan untuk menjadi alasan utama ketidak becusan kita untuk mengurus sesuatu.

Kita secara tidak sadar (entah sejak kapan) dikondisikan untuk ikut pada Ritual Seremonial yang tidak membutuhkan banyak pikiran dan juga kerja keras, dengan sangat bangga kita lebih memilih untuk merayakan sejenak setiap tugas yang membutuhkan perjuangan berat dan menjadikan Ritual sebagai simbol selesainya tugas tersebut dan dengan yakin kita berkata “Tugas ini telah sukses”.

Penghargaan menjadi tujuan utama yang tidak bisa diganggu gugat lagi, tradisi yang dipertahankan dan diturunkan secara sistematis kepada kita menjadikan kita mahluk2 hidup yang tidak mampu lagi untuk berbuat lebih banyak selain mengikuti sistem yang ada, tidak ada lagi kreatifitas murni, yang ada hanyalah kretifitas titipan dari atas untuk tetap mendapatkan kelebihan pundi-pundi yang sudah menggunung.

ah dan saat hujan deras ditengah malam  begini syah jadi ingin melakukan ritual minum kopi sambil menyedot sebatang rokok disamping rumah sambil mendengarkan bunyi rintik hujan.

Image Frome Here

109 komentar

  1. bah! skripsi kah?


  2. skripsi apaan nto?
    tapi kalo kaw anggap skripsi jga ga apa2😆


  3. ah dan saat hujan deras ditengah malam begini syah jadi ingin melakukan ritual minum kopi sambil menyedot sebatang rokok disamping rumah sambil mendengarkan bunyi rintik hujan.

    jadi ini esensinya apa ??


  4. tentang blogging kah ??


  5. ato tentang hetrix kah ??


  6. bakar menyan, siapkan sesajen, bersila, komat-kamit memanggil seluruh dedemit dibumi nuswantoro …


  7. ritual cari jodoh kah???
    *kabuurr*


  8. “ah dan saat hujan deras ditengah malam begini syah jadi ingin melakukan ritual minum kopi sambil menyedot sebatang rokok disamping rumah sambil mendengarkan bunyi rintik hujan.”
    Saya juga mau menjalani ritual tidur di saat saya ngantuk…😀

    Pada saat bangun, saya kan berkata, “Wah, ritual saya berhasil!”

    Hihihi…😀


  9. #niez
    lha yang quote kira2 tujuannya kemana yah?😆

    *tendang niez ke pelukan bayut*👿

    #regsa
    ga ada darah ayam putih dan hitam
    *bertapa anda tidak terkabul*😆

    #traju
    ritual cari anak😆

    #adit
    walah belom bisa tidor jga dit?
    kekekkekeke
    ayo ikut ngopi abis itu dijamin tertidur dah🙂


  10. maksudnya ritual dukun tah ???


  11. dukun modern pak.. nyang butuh sesajen berupa pundi2 Rp.😆


  12. hiiiy almas serem, pake ritual segala…😯


  13. wadow emangnya sayah dukung apa chik?😆


  14. Kita secara tidak sadar (entah sejak kapan) dikondisikan untuk ikut pada Ritual Seremonial yang tidak membutuhkan banyak pikiran dan juga kerja keras,

    Ada lagi Oom …
    Kalau ritual itu kelihatan dari luar, jadi orang2 lain bisa melihat ritual yang kita lakukan sehingga mungkin kita akan mendapatkan “bonus” gelar yang wah … (misal: alim, dermawan, dkk).
    Lha kalau kita memilih mengejar esensi maka kita tidak kelihatan keren:mrgreen:


  15. “Kita secara tidak sadar (entah sejak kapan) dikondisikan untuk ikut pada Ritual Seremonial “, nah kan tiap-tiap sesuatu ada tangga untuk langkah selanjutnya..kayak main caturlah…mana mungkin langkah pertama langsung memakan raja…ya ngga..😆


  16. Saya jadi terinpirasi untuk memberi ritual komen.😀

    Tapi cobalah pengkondisian yang sekian lama itu di hancurkan, lalu buat ritual yang cocok dengan esensi.:mrgreen:


  17. Long live moral!!!😆


  18. saya suka ritual,..
    suka dengan yang masih nempel2 dengan etnik lokal
    suka dengan wejangan2 orang tua..
    suka dengan acara2 tadisional.
    suka dengan mitos2, mistis2, dan dongeng2 lama…

    Tapi itu buat dihargai dan dijunjung keberadaannya..
    Creative is a must..and dont forget to open mind..

    Ohya,.. Rock adalah Doa2..


  19. ritual dan simbol
    masih banyak penggemarnya:mrgreen:

    btw, kok ga ada gambar pentagram?
    trus itu pake taplak meja sapa?
    ntar dicariin lhoo…


  20. ritual ya…

    namanya juga Indonesia…

    Sampai sekarang saya masih melakukan “ritual” bangun pagi dan berangkat ke sekolah😆


  21. Yah, semoga ritualnya sukses, deh…
    SEMANGAT!!!😀


  22. bencong kurang kerjaan
    disuruh mangkal kok malah ngudud.
    piye seh?
    *kabur sebelum disambit golok sama almas*


  23. berarti ritual itu = kebiasaan..?


  24. hueheuhe..bukan jatuh cinta, tapi sebuah puisi yang diminta oleh orang untuk dibuat, temanya tentang RINDU, makanya jadilah itu🙂

    senangnya kamu selalu mampir dan berkomentar!
    terimakasih yah! *hugs*


  25. Salam kenal Bung, blognya bagus. Semoga bisa mampir lagi kapan-kapan. Sukses!


  26. ritual malam pertama kah ??
    kapan kauw nikah na?? kok ak g diundang iks…
    *sembonyi dibalik rok na almas


  27. Aku pikir, ya, manusia juga mem-butuh-kan sugesti mental dalam proses penjelajahan-nya bro😉


  28. saya jadi merasa tersindir😦
    *buatin kopi untuk almas*


  29. apdett itu ritual wajib ya🙄


  30. orang tua saya mati-matian memaksa saya menjalankan ritual keagamaan….

    saya nggak tau gunanya macem-macem ritual itu untuk apa tapi tetap saya lakukan ritual keagamaan yang melelahkan itu….

    diakhir ritual saya berdo’a kepada Tuhan agar orang tua saya rukun….

    eh ternyata ritual keagamaan yang saya lakukan sebelumnya itu nggak ada gunanya….

    puih….


  31. hetrik itu juga ritual bro


  32. Ya, Mas Almas, ritual ini sudah masuk dalam bebagai institusi, melembaga, bahkan telah jadi budaya yang kuat mengakar hingga ke dasar2nya. Upacara sering digekar di mana2. Substansi dan hakikatnya sering dikalahkan oleh ritual2 upacara semacam itu.
    *Hanya bisa geleng2 kepala*


  33. merayakan sejenak setiap tugas yang membutuhkan perjuangan berat dan menjadikan Ritual sebagai simbol selesainya tugas tersebut dan dengan yakin kita berkata “Tugas ini telah sukses”.

    akh, pas bgt ama dt pas kmrn nyelesaiin tgs kul yg tebal bgt itu… xp

    kalo soal ritual keagamaan…
    yah, itu emng msh ada yg jalanin…
    udah membudaya sih, udah mengakar malah…
    so.. ritual msh eksis gitu deh…
    *eh, ini komen-a bnr gak yah??!*

    binun dah..:mrgreen:


  34. #deKing yang katanya sudah tidak hiatus lagi

    sehingga mungkin kita akan mendapatkan “bonus” gelar yang wah … (misal: alim, dermawan, dkk).
    Lha kalau kita memilih mengejar esensi maka kita tidak kelihatan keren

    ohohoho ritual ini yang paleng rame skarang bosss.. yang penting kelihatan “wahh”🙂

    #om zal

    nah kan tiap-tiap sesuatu ada tangga untuk langkah selanjutnya..kayak main caturlah…mana mungkin langkah pertama langsung memakan raja…ya ngga..

    😆
    tapi….. intinya kita tetap menjadi bidak dalam permainan catur ini kan? kita dijalankan oleh ‘seseorang’ atau apalah namanya secara bertahap untuk mencapai tujuan dia sendiri
    😛

    #om dana

    Tapi cobalah pengkondisian yang sekian lama itu di hancurkan, lalu buat ritual yang cocok dengan esensi.

    yupi.. seharusnya begitu, dan semuanya membutuhkan kekuatan besar dalam kebersamaan:mrgreen:

    #rozenesia:mrgreen:

    #om leksa

    saya suka ritual,..
    suka dengan yang masih nempel2 dengan etnik lokal
    suka dengan wejangan2 orang tua..
    suka dengan acara2 tadisional.
    suka dengan mitos2, mistis2, dan dongeng2 lama…
    Tapi itu buat dihargai dan dijunjung keberadaannya..

    saya pun suka dengan hal2 kayak gitu, sesuatu yang serba alami tanpa dicampuri oleh keinginan untuk mencari kejayaan dibalik segala macam ritual tersebut😆

    Creative is a must..and dont forget to open mind..

    nah dalam hal ini “Creative” hanyalah pelengkap untuk tujuan yang singkat yang tidak berguna sama sekali

    #caplang™

    ritual dan simbol
    masih banyak penggemarnya

    digemari dan dipaksa untuk menggemari kan beda to om hehehhe
    pentagramnya disembunyikan😆

    walah.. nyang punya taplak dah ijinin kok om:mrgreen:

    #yarza

    Sampai sekarang saya masih melakukan “ritual” bangun pagi dan berangkat ke sekolah

    lha itu bukannya kewajiban?? wakakkaka kewajiban yang menjadi ritual yah:mrgreen:

    #suandana
    mo titip doa apa bang?:mrgreen:

    #arya
    *kebiri arya*👿

    #baliazura

    berarti ritual itu = kebiasaan..?

    ritual mungkin bukan kebiasaan tetapi disaat tertentu ritual yang digunakan untuk mencari keuntungan akan menjadi lebih “biasa” dari pada “kebiasaan” itu sendiri
    :p

    #jejakkakiku a.k.a simungil

    bukan jatuh cinta, tapi sebuah puisi yang diminta oleh orang untuk dibuat, temanya tentang RINDU, makanya jadilah itu

    wah boleh dong aku pesen puisi
    *mikir tema puisi ah*😆

    #bangbadi
    salam kenal jga bang.. makasih dah mampir🙂

    #minten
    hust…. malam pertama ntar kaw tau sendiri lah
    hahahhahahahhahaha😆

    #extremusmilitis

    Aku pikir, ya, manusia juga mem-butuh-kan sugesti mental dalam proses penjelajahan-nya bro

    yups kita semua membutuhkan itu bro… tapi kadang sugesti yang diberikan tidak lagi menjadi lebih bermakna.. sugesti hanyalah simbol yang tidak punya arti… apa artinya sugesti jika sudah begitu😆

    #tukangkopi
    aha.. ambil secangkir.. sruputttt!!
    *thanks om, bikin kepala serasa ringan sekali*😆

    #celo

    apdett itu ritual wajib ya

    dan kaw yang hilang kok ga balik2???😆

    orang tua saya mati-matian memaksa saya menjalankan ritual keagamaan….
    saya nggak tau gunanya macem-macem ritual itu untuk apa tapi tetap saya lakukan ritual keagamaan yang melelahkan itu….
    diakhir ritual saya berdo’a kepada Tuhan agar orang tua saya rukun….
    eh ternyata ritual keagamaan yang saya lakukan sebelumnya itu nggak ada gunanya….
    puih….

    ritual yang menjadi kebiasaan ataukah hanya seremonial belaka..🙂

    hetrik itu juga ritual bro

    itu ritualmu ndul😆

    #Sawali Tuhusetya

    Ya, Mas Almas, ritual ini sudah masuk dalam bebagai institusi, melembaga, bahkan telah jadi budaya yang kuat mengakar hingga ke dasar2nya. Upacara sering digekar di mana2. Substansi dan hakikatnya sering dikalahkan oleh ritual2 upacara semacam itu.

    Betul pak… kita semakin melupakan hakekatnya pak, yang penting udah Ritual bla…bla…bla….. dan kita anggap selesai😦

    *Hanya bisa geleng2 kepala*

    *ikutan geleng2 jga ah*😆


  35. woloh si deet nyalip aja nih😆

    uhmm deet mungkin sayah tidak terlalu menyoroti “agama” deh hehehheh ini cuman melihat perilaku sosial kita aja kok…🙂


  36. pendekar sakti tapak suci buda ?


  37. Dukun kali


  38. #pak salman
    waduh tapak suci yang komik itu yah😆

    #muhammad Rachmat
    Dukun nyang mana??😆


  39. nama filenya ritual_.jpg

    *gi iseng*:mrgreen:


  40. ga sekalian linknya???
    *tendang caplang ke ATM*
    cepet kirim traktiran ritualnya!!
    *mrgreen:


  41. yihu.. kali mbahas ritualnya dulu, segera menyusul mengenai uborampe dan syarat2nya.. asyik.. harum dupa mulai merasuk..


  42. lah yg barusan ultah kan yg sono noh
    bukan aye, bang…
    minta trakter ksono yuk:mrgreen:

    kok nama filenya pake anderwerskor yak


  43. waks lama2 sayah bisa buka kursus dukun disini yah
    *ide anda ntar dipertimbangkan dah*😆


  44. yah salah ketik
    benerin dong, bang

    *rikwes op de dey*


  45. ah terima kasih…
    maap ga mbayar, atmnya masih rusak


  46. weleh nyang ultah dah ntraktir aku… giliran yang punya atm dulu lah
    *negosiasi mode on*😆

    kok nama filenya pake anderwerskor yak

    kalo pake anderwer ntar dikira ritual apaan lagi hahahhaha
    *suka2 sayah dong mo pake andertable jga gpp sih*


  47. ritual ato kebiasaan yah,..
    tipis banget bedanya,..


  48. setidaknya semua bisa kehilangan makna jika hanya dibuat untuk mencari kejayaan tanpa mencari esensi🙂


  49. Miissssisiiiiii…
    Numpang Lewat ya,,,,


  50. *sambit sandal buat yang barusan lewat*😆


  51. *menghela nafas*

    ritual….


  52. ah dan saat hujan deras ditengah malam begini syah jadi ingin melakukan ritual minum kopi sambil menyedot sebatang rokok disamping rumah sambil mendengarkan bunyi rintik hujan.

    Heh! Ritualnya kok jadi mirip begitu?!
    Ganti!!👿

    *ditendang*


  53. Heh! Ritualnya kok jadi mirip begitu?!

    yang namanya pasangan sehidup semati suka bikin ngiri degh….

    *dibakar almast, dihajar alex*


  54. Om… Kopi-nya di kasih susu ga????😕


  55. hadduh malem-malem ngomongin susu😳


  56. ngopi di tempat saya ajah…..
    *promosi mode on*


  57. alah2, kaw cemburu sama aku ya😆


  58. saya sendang menikmati ritual menjelajahi pikiran2 orang yang sedang menjalankan ritual blogging ini, tapi saya sering nyasar huhuhuhu


  59. apakah mas sedang beritual ?


  60. ritual apa ni bang?
    ceremonial itu? hmmm berhubungan dengan kerja ya? akhir tahun setiap perusahaan hampir seluruhnya sibuk menghitung laba atau rugi. November-desember setahu saya si emang bulan-bulan yang menyibukkan untuk tutup buku.
    *Lalu saya menutup komen ini*


  61. Ritual minum kopi sambil melihat sisa-sisa rintikkan air hujan. Ikut ah…!

    Btw,mau ritual apa nih, mas?


  62. Kalo mau menikah biasanya ada ritualnya juga, kan? Jangan2 yang ini yach, he he he he.


  63. kamu mau menghapus ritual nenek moyang ? hah !


  64. eh aq pake ritual juga loh…mandi itu buat yang paling terakhir harus 5 gayung, kanan,kiri,tengah, kepala2…
    dan masih ada beberapa ritual lagi🙂


  65. Ooo…. di Ambon lagi hujan nih…
    Koq ritualnya pakai asap rokok, diganti pakai asap kemenyan biar tambah keramat…


  66. Ritual maen PS…sambil komat-kamit melepas doa.
    salam kenal, om


  67. […] huhuhu… sebelomna saia minta maaf sangadh kefada Yang Difertuan Agung, Baginda Almascatie Yang Terhormadh, karena titah beliau yang disabdakan kefada saia baru saia kerjaken sekarang… ah ya, dan […]


  68. kalau-pun sugesti hanya men-jadi simbol saja, tapi bukan-kah itu lebih baik sebagai bentuk “pen-dorong-an” ter-hadap diri sendiri, dari-pada tidak sama sekali?😛


  69. #alex
    waks…
    lha gimana lagi.. suasananya pas e, ada ujan, ada kopi bubuk + gula tanpa aer panas😆

    #celo
    *bakar jempol celo*👿

    #mba dwi
    sebenernya enak sih ditambahin susu… tapi dari racikan yang ada kayaknya nahan hati aja dulu😆
    *minta dong kan ada stock buat dua taon kan?*:mrgreen:

    #celo
    ikut aja ni anak!!… *tendang celo pulang*

    #otakiphan
    dimana pak?? dimana alamatnya pak?? *kalo ada gratisan cepet pokoke*:mrgreen:

    #vend👿
    wes ga usah diingatno maneh!!!😆

    #bedh
    siapkan kompas blogger + ransum makanan yang banyak mas…😆

    #mba mitra
    sayah sedang melakukan ritual menari dengan hujan mba😆

    #mba puan
    hohohohoho kalo perusahaan ga pa-pa mba, sebab kita sudah tau tujuan masing2 lah kalo yang berhubungan dengan perut rakyat miskin ini yang susah😆

    #mba hanna

    Ritual minum kopi sambil melihat sisa-sisa rintikkan air hujan. Ikut ah…!

    monggo mba hanna.. silahkan pilih tempat dipojokan yang tersisa:mrgreen:
    *ritual orang2 tak punya otak sih*😆

    Kalo mau menikah biasanya ada ritualnya juga, kan? Jangan2 yang ini yach, he he he he.

    waks.. bisa jga sih, pas dimusim hujan lagi😆
    ga kok mba.. kalo sayah menikah masih jauh lagi

    #bacteri
    nyang suruh sapa?? aku cinta indonesia kok😆

    #pak eko

    eh aq pake ritual juga loh…mandi itu buat yang paling terakhir harus 5 gayung, kanan,kiri,tengah, kepala2…
    dan masih ada beberapa ritual lagi🙂

    woloh…. kayak dangdtan aja hahahhahhahah

    #indra

    Ooo…. di Ambon lagi hujan nih…
    Koq ritualnya pakai asap rokok, diganti pakai asap kemenyan biar tambah keramat…

    hust…. ntar dikirain “suanggi” wakakkakakkaka

    #evan

    Ritual maen PS…sambil komat-kamit melepas doa.

    apalagi tangan sambil nekan2 tuts… pasti lebih khusuk yah😆
    *salam kenal juga om makasih dah mampir*

    #extremusmilitis

    kalau-pun sugesti hanya men-jadi simbol saja, tapi bukan-kah itu lebih baik sebagai bentuk “pen-dorong-an” ter-hadap diri sendiri, dari-pada tidak sama sekali?😛

    sepakat bro… sugesti setidaknya dapat menjadi pen-dorong-an ter-hadap diri sendiri, tapi kalo sugesti yang dimanipulasi demi kepentingan sesaat? jangankan diri sendiri bisa didorong malah bisa2 didorong kejurang hhihiihihhihi


  70. Ritual merupakan adat kebiasaan nenek moyang, ritual sebagai simbol selesainya tugas tersebut dan dengan yakin kita berkata “Tugas ini telah sukses” tetapi jika disangkutkan dengan agama maka merupakan penyakit T…..Bid’ah Curafat (TBC)baginda Almascatie


  71. tugas apaan sih?


  72. ritual saya…kalau sudah malem, bobo…😀


  73. alma…. ritualmu kan cuma pacaran dengan kompie
    *kabuur*


  74. Bukannya ritual memang penting? Ritual adalah penyeragaman. Berbeda itu boleh, tapi ada ciri yang seragam untuk membedakannya dengan yang lain itu juga penting.
    Misal, untuk menjadi sarjana beneran ya ada ritual kuliah, tugas, ujian, skripsi, dll. Nah yang sarjana beneran tentu beda dengan Sarjana bayar uang wisuda doang karena ritualnya juga beda.


  75. takut pada rasa sunyi…


  76. jadi maksudnya???
    hihihi


  77. ah mau ngepet ya mas….
    sini saya jagain lilinya…
    huauahhhaahahaha….


  78. Mana list-nyaaaaaaaaaaaaaaaa???????

    *ngamuk amuk almas*


  79. hmmm…


  80. DELAFAN FULUHXXX!!!!!!!!!!


  81. HETTRIXXXXXXXXX!!!!!!!!!!!!


  82. “ah dan saat hujan deras ditengah malam begini syah jadi ingin melakukan ritual minum kopi sambil menyedot sebatang rokok disamping rumah sambil mendengarkan bunyi rintik hujan.”
    EDANNN!!!!! SYAHDU SANGADH!!! SEHATI SAMA SELERA SAIA!!!!


  83. Lihat photonya Ade pikir mau ngomongin perdukunan …

    -Ade-


  84. Hidup itu sendiri kan memang ritual mas …

    -Ade-


  85. Hetrizzzxxxx … mumpung sepi dan belum diusir yang punya blog plus ngikutin gaya HOEK

    -Ade-


  86. Postingan ini masuk ke kategori spiritual ya mas ?
    Tanda2 tua kah, mulai mengarah ke spritual neh… :mgreen:
    Biar saya jawab : tanda2 semakin dewasa …😀


  87. malam, hujan, sebatang rokok plus segelas kopi, ah nikmatnya hidup..


  88. ritual itu: mandi-bangun pagi-ngopi+rokok-celingak celinguk-makan siang-tidur siang-ngopi lagi- nonton bola – ngegame sebentar- tidur malem, back to the top….


  89. wah, tergantung ritualnya dulu!😀
    kalo ritual adat gitu kan mungkin aja tetap dilestarikan supaya budaya kita tak ditiggalkan…😉
    yah, meskipun kadang tibet dan nyusahin, sih…😛


  90. ritual apa terpaksa yak…….

    atw ,melaksanakan”ritual” tersebut supaya di pandang ‘wah” ( sama seperti khalayak ramai)..bisa jadi

    kayak peringatan hari HAM kemarin sekedar ritual jugakah? di negeri ini masih banyak pelangaran HAM yang di lakukan terang – terangan

    atau seperti pelaksanaan upacara kemerdekaan setiap taon dilaksanakan negara ini ‘ yang sebenarnya belum merdeka dalam artian yang sebenarnya

    hayah jadi panjang kayak gene..hihi


  91. Konvensi Bali : Tulisan ke 1.

    Sumber dan inspirasi  :  Konvensi UNFCCC di Bali, Gatra.com, MNC Jp, Tempo, dll.
    Ratusan tokoh penting dari 189 Negara dunia bekumpul di Nusa Dua, Bali, mulai dari tgl 3 s/d 14 Desember, utk mencari solusi dari sebuah kata Pemanasan Global yg mengan…


  92. Mampir disini, karena dah lama gak baca tulisannya mas.. moga selalu diberikan infirasi yang bagus untuk menulis. pa kabere mas?


  93. Ass, ritual diam yang saat ini lagi melandaku bung…
    heheheh sip deh…Wassalam.


  94. ritual apdett harus segera dilaksanakan….!!!!


  95. Saya kira ritual daripada sesuatu yang bertalian dengan misteri alam ghaib, ternyata ritual merokok. Memang banyak saudara daripada saya yang melakukan ritual “mengudut” sebagai pertanda bahwasanya pekerjaan telah terselesaikan. Seperti saudara A Tji yang selalu merokok setelah makan. Kata-katanya yang terkenal dan selalu saya ingat :
    “Habis makan tidak merokok, rasanya seperti habis buang air besar ga cebok”.
    Sebelumnya saya ucapken salam kenal daripada saya teruntuk saudara almascatie, dan sudilah mengijinkan saya me “roll” blog daripada anda. Sekian dan saya ucapken terima kasih.


  96. Penghargaan….
    ya itulah manusia..
    maunya minta dihargai terus…🙂


  97. lama kali kau beritualnya mas..😛


  98. ini juga ngapain, ritual kok lama banget, abis menyan brapa kilo tuh… hoi.. bangun hoi…


  99. APDETT !!!


  100. dasar DUKUN….

    APDET!!!!!!!!!!!!! *ikutan teriak brg2 ma niez


  101. wah…wah….
    beneran jadi seleb blog nih si akang.
    tapi sallute juga. masih kuat aja balasin semua komen.
    mank kerjanya depan kompi terus ya kang?


  102. A~P~D~E~T~T


  103. […] a l m a s c a t i e ::: Keep Idealism For Moving Realism! « Ritual Kenji 14 Desember […]


  104. #Meong Siliwangi

    tetapi jika disangkutkan dengan agama maka merupakan penyakit T…..Bid’ah Curafat (TBC)baginda Almascatie

    hahhahaha bisa aja nih bapak satu.. kalo soal bid’ah aku ga ikutan dah ntar pada pake acara serang-serangan lagi dah😆

    #mba ira
    tugas untuk persiapan 2009 mba:mrgreen:

    #verlita
    lha kalo sayah malah ritual begadang:mrgreen:

    #ordinary
    Asyemmm….👿
    jangan keras-keras napa… pasaran sayah bisa turun nih😆

    #Iwan Awaludin
    uhmmm apapun alasan yang dipake mungkin bisa dibenarkan tapi jika hanya sekedar simbol untuk membenarkan pekerjaan yang salah, apakah masih bisa dipake jga hehhe
    *makasih dah mampir n salam kenal*

    #tobadreams
    tapi ga takut sunyi dalam keramaian kan?
    hahahhahah

    #rara
    maksudnya ritual makan sop saodara aja dah hahahhahahha

    #Moerz
    heh? ngepet??? apaan tuh
    wolohhhh pake lilin segala ga keren.. pake obor aja biar terang wakakkakakkak

    #Mrs. 49 Lagi di Lab
    walah.. ntar wi.. listnya ga jadi prioritas, pelan2 non
    :p

    #Hoek Soegirang
    *orang waneh*😆

    EDANNN!!!!! SYAHDU SANGADH!!! SEHATI SAMA SELERA SAIA!!!!

    Tosss!!!!!
    ga pake pendamping kan?😆

    #ade
    hahahhahaha.. waduh de’ kalo maen dukun aku ga mao ah😆

    Hidup itu sendiri kan memang ritual mas …

    iya de’ ada ritual2 yang harus kita jalani, namun ritual2 itu kan alami dan memang bermaksud “baik”, tapi ritual yang hanya untuk mencari keuntungan materi dengan mengorbankan orang lain apa harus dipake to?
    hehheheh

    Hetrizzzxxxx … mumpung sepi dan belum diusir yang punya blog plus ngikutin gaya HOEK

    aiyaaaaaaaaaaaaaaaa……………..
    *terlalu khusuk ritual sampe lupa blog*😆

    #pak Heri

    Postingan ini masuk ke kategori spiritual ya mas ?
    Tanda2 tua kah, mulai mengarah ke spritual neh… :mgreen:
    Biar saya jawab : tanda2 semakin dewasa …

    aminnnnnnnn…..
    *sayah jadi semangat nih untuk ke arah setelah ‘dewasa’ kalo ada pak heri nih*
    hahhahhahha

    #wira

    malam, hujan, sebatang rokok plus segelas kopi, ah nikmatnya hidup..

    apalagi pas lagi bokek mas hahhahahha😆

    #bodrox

    ritual itu: mandi-bangun pagi-ngopi+rokok-celingak celinguk-makan siang-tidur siang-ngopi lagi- nonton bola – ngegame sebentar- tidur malem, back to the top….

    lah kapan pacarannya mas? hahahhahhaha

    #keritiKentang™
    aha.. bener mba kan ga semua ritual yang harus disikat habis.. tapi kalo ritual “pejabat” untuk cari “kesempatan” kan beda jga😆

    #Dhe’ lagi nga’ nyambung

    ritual apa terpaksa yak…….
    atw ,melaksanakan”ritual” tersebut supaya di pandang ‘wah” ( sama seperti khalayak ramai)..bisa jadi
    kayak peringatan hari HAM kemarin sekedar ritual jugakah? di negeri ini masih banyak pelangaran HAM yang di lakukan terang – terangan
    atau seperti pelaksanaan upacara kemerdekaan setiap taon dilaksanakan negara ini ‘ yang sebenarnya belum merdeka dalam artian yang sebenarnya
    hayah jadi panjang kayak gene..hihi

    yeahhhhhhhh sip betul….. peringatan yang hanya sekedar simbol, lama2 kan jadi ritual tahunan tanpa arti sama sekali
    *bilang ga nyambung tapi nyambung malah*😆

    #Telmark.
    wah info menarik nih pak:mrgreen:

    #Bindrang
    woloh orang ini kemana aja om.. masak ikut ritual jga hehehehhe
    masih baik mas.. seperti dulu aja kok

    #mba fira
    waalaikum salam
    walah kalo ritual mba fira selalu menghasilkan cerita dan puisi yang ‘mantap’ kalo itu sapa yang mo larang hehehhehe

    #celo =3
    celo=3 <<< udah mirip kaki celana hahhaaha

    #Jaka

    “Habis makan tidak merokok, rasanya seperti habis buang air besar ga cebok”.

    😆
    makasih n salam kenal jga bro.. yups aku link balik jga yah🙂

    #klikharry
    selama manusia masih punya ambisi, penghargaan apa yang tidak diinginkan?
    :0

    #mba mitra
    iya nih mba.. kuwalat ritual makana jarang ol.. :mrgreen:

    #ruyaz
    heh?
    *tendang ruyas*
    cewek yang dipelet belom sukses makana ritual terus dolow
    wakakkakkakaka

    #nieznaniez minggu tenang
    woloh………………

    #ina
    hoiiii nyang dukun sapa?? yang didukunin jg sapa???

    *siul2 liat para ina n niez lagi histeris*

    #neng ika
    walah neng, gimana kabarnya neng.. maaf yah neng jarang maen ketempat neng🙂

    mank kerjanya depan kompi terus ya kang?

    cuman pacaran ama kompi aja neng:mrgreen:

    #celo lagi
    *udah tuh*😆


  105. Kalo dah merit, “ritual” bersama istri menjadi selalu dinanti:mrgreen:


  106. ritual=RI-Tual…?=====>RI=Republ….., Tual?


  107. #pak tovic😆
    *moga-moga tercapai pak ritual sama istri*

    #embin
    ada mo bikin baru ka apa? talama soldadu dong kokang senjata la katong lari leheng dikalapa-kalapa ulang lai hahahahhaha


  108. ::kayaknya, ritual sudah tidak diperlukan lagi…, jadi sekarang apdetlah…😆


  109. kekekek thanks om zal😆



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: