h1

Setengah Tiang

29 Januari 2008

setengah_tiang.jpg

Mungkin sang pemilik bendera ini tidak berniat untuk mengikat tiang bendera sekaligus tempat jemuran didepan rumah *gile jemur handuk didepan jalan raya😆 * Si pemilik hanyalah ingin menunjukkan rasa bela sungkawanya atas kepergian Sang Pemimpin yang dikagumi sampai akhir hayat, namun karena kondisi lahan yang makin sempit sampai2 untuk menjemur handuk-handuk pun terpaksa dilakukan diatas trotoar jalanan.
Alhasil sang saka merah putih pun berkibar setengah tiang dikuatkan oleh tempat jemuran..
oh Nasib Sang Merah Putih, sampai untuk berdiri sendiri sajakah dikaw harus dibantu oleh tempat jemuran?

Mungkinkah ini protes terhadap kondisi bangsa ini ?

103 komentar


  1. makar itu… makar👿


  2. 😆

    oh Nasib Sang Merah Putih, sampai untuk berdiri sendiri sajakah dikaw harus dibantu oleh tempat jemuran?

    *miris


  3. *injek-injek adit yang makan kapling numero uno*


  4. Hoo.. Itu punya mas regsa?:mrgreen:
    Itu namanya sambil menyelam minum aer…


  5. rumah saya nggak pasang bendera karna nggak punya tiang… dan saiyah lagi males nguprek-nguprek lemari buat ngeluarin bendera….


  6. Ngakak liat komen celo…😆


  7. jah… celo nyampah juga…:mrgreen:


  8. Hetrixxx


  9. hoi


  10. aku sikat kepala anak2 ini pake handuk jemuran baru tau rasa nih
    :p


  11. oh, lagi pada ngumpul disini to ??
    ngikut ah…


  12. di rumah saya juga blum pasang bendera…
    gatau deh besok gimana…
    liyat jemuran jadi inget handuk2 saya yang dijemur di balkon keujanan…basah kuyub…😦


  13. hetrix ah…lama ga hetrix…


  14. wah, mas almas hebad…
    baru beberapa menit posting, komengnya udah belasan gini…😆


  15. Mungkin sang pemilik bendera bener2 bermaksud agar ada orang yg memfoto bendera dan jemurannya untuk kemudian menebak2 apa maksud semua itu
    :mrgreen::mrgreen:


  16. almast kasian banget dirimu nak… baru berapa menit sampah yang masuk udah bisa buat naikin tinggi air laut🙄


  17. eh saya komen ke 17 lho barusan… keren kan…??? 17 agustus aja gitu


  18. *ngeliat almast bersihin sampah di rumah*

    *bakar ban bekas*


  19. #om guntar
    kayaknya begitu jga sih😆

    *comment mutiara ditengah2 sampah*
    😆

    *skip nyang laen*


  20. nasionalis yang apa adanya dan tidak dibuat-buat supaya termegahkan.. bukan begitu ?


  21. weks pemilik bendera baru dateng
    *kaburrrr*

    yupi bro… ga perlu kemunafikan, jujur tapi ga diperhatikan lebih baik dari pada munafik tapi tertindas


  22. walah…kayak postingan saya nih…😆

    eh…almas masang bendera apa to? jangan-jangan bendera bayut?😀


  23. rrrr…. tapi terlepas dari untuk siapa bendera itu dikibarkan… bendera merah putih itu tetep benderanya negara Indonesia… lambang negara… agak gimana aja gitu kalo diperlakukan stengah-stengah gitu…


  24. Tetangga satu kompleks ada juga yang masang bendera merah putih diikat di batang pohon, mas. Setengah tiang, tapi tiangnya batang pohom jambu.🙂 Nggak niat atau memang nggak punya tiang bendera ya ?


  25. aku malah nggak tahu apa Sang Merah Putih milik-ku mau di-kibar-kan atau tidak🙄


  26. wajah bangsa..
    smoga tdk diwariskan ke anak cucu nya


  27. Setubuh! Makar!!😈


  28. itu tandanya rasa nasionalisme mengalahkan handuk dan kolor *hahahahaahahaa, ga nyambung yak* btw dirumahku pasang bendera jg, tapi benderanya butek, kelamaan ngendap di lemari😀


  29. kok setengah setengah yah pasang bendera setengah tiang nya ??!!! sungguh hal yang aneh..


  30. nasib anak kost ga punya tiang bendera plus benderanya😦


  31. Minimal dah di kibarkan.😀


  32. itu benderanya mungkin lagi dijemur abis dicuci…😆


  33. Kenapa kita hari ini harus mengibarkan bendera setengah tiang? kemaren saat banyak yang aktivis, mahasiswa, masyarakat, hilang yang munking karenanya ga ada yang peduli. sekarang???


  34. Ndak Punya Nasionalisme !!!

    Orang nyang masang bendera kayak getoo ndak boleh protes kalok harga BBM naek, harga kedele membumbung tinggi…

    Sontoloyo tenan.

    Kalok sayah RT nya, tak tempiling !!!


  35. paling tidak masih punya niat…..


  36. tak ada rotan aka rpu jadi. mereka yang pasang bendera untuk turut berkabung itu ingin menerapkan falsafah pennggalan nenek moyang, mas almas.


  37. ini baru yg kelihatan di dunia, belum yg dibawah sana…


  38. aih… sampai segitunya….🙄


  39. merah putih teruslah kau berkibar…
    *…hm… coklat!


  40. Setengah tiang….
    setengah hati….


  41. Yah, mungkin itu rasa frustasi berstatus WNI
    🙄


  42. kalau dilihat dari sisi paling atas jemuran sih, itu jadi seperempat tiang..


  43. Itu handuk apa bendera?? koq handuknya ga kelihatan. Sedang dipake Al mandi ya??😆


  44. asal jangan dianggap bubur aja … bubur merah putih …😀 keren fotonya, gan.


  45. hihihi…nemu dimana???


  46. pelecehan ituh…pelecehannnn 👿
    *lapor hansip*


  47. Ikut berbela sungkawa mas! pada benderanya…😉


  48. dari pada kamu nga ngibarin bendera mendingan si pemilik bendera itu.

    Wakakakakakaaka….


  49. Benderanya seperti baru beli….!!! 🙂


  50. yg penting semangat-a itu loh om..
    untung msh ngibarin bendera, walaupun apa ada-a gitu..:mrgreen:

    tp yg plg gak ada kerjaan itu, koQ ada yah yg moto-in??
    hwkekekeke..
    *si om dpt wangsit drmana tuh bs dpt foto-a??😆 *


  51. wuih, keren, tu bendera bisa terbang gitu..
    butuh figuran berapa kipas angin ituh…:mrgreen:


  52. mana feedback…??? mana…???

    mana apdettnya…??? mana…???

    *bakar ban bekas*


  53. *geleng geleng kepala….*

    segitunya kah???
    kalau memang begitu bakar saja


  54. Jangan-jangan yang punya jemuran ini bang Almas, hehehe (lariiii……)


  55. ini toh, rumah slingkuhanmu👿


  56. #cK 😆
    woloh bayut lage…….. *tendang chika ke aprika*

    #andrew Anandhika “celo” Wijaya *panjang amit*
    ini bukan setengah-setengah bro.. masih mending dari pada para koruptor yang mengangkangi negara?😆

    #Bang Fertob
    waks.. hahahha kayaknya biar lebih tinggi kali yah Bang😀

    #extremusmilitis
    biarlah berkibar dalam hati aja bro🙂

    #fauzansigma
    untung masih ada yang bisa diwariskan pak.. kalo tidak ada lagi😆

    #Goenawan Lee
    Makar!!! *bakerin malaysia biar gun pulang*:mrgreen:

    #kang Ojat

    dirumahku pasang bendera jg, tapi benderanya butek, kelamaan ngendap di lemari

    *telp isilop*😆

    #cempluk

    lha mo disalahin sapa yah? ga tau sengaja apa tidak tapi tetep terjadi jga, ataukah nasionalisme kita sudah sangat luntur kali yah pak:mrgreen:

    #baliazura
    anak kost ikut upacara aja sana bro.. wakkakak😆

    #danalingga
    yups dari pada tidak sama sekali yah😆

    #tukangkopi
    yups pak.. betul sekale😆
    *momentnya kok pas yah*

    #Bindrang

    Kenapa kita hari ini harus mengibarkan bendera setengah tiang? kemaren saat banyak yang aktivis, mahasiswa, masyarakat, hilang yang munking karenanya ga ada yang peduli. sekarang???

    diantara pahlawan dan bukan pahlawan, tergantung dari sudut manakah penguasa melihat kali bro:mrgreen:

    #mbah mbel

    Ndak Punya Nasionalisme !!!
    Orang nyang masang bendera kayak getoo ndak boleh protes kalok harga BBM naek, harga kedele membumbung tinggi…

    hahahhahahahhahaha wadow untung bukan mbah mbel yang RT sini nih😆

    #Mba Ira
    Semoga mereka jga ga berniat menyamakan benderanya dengan handuk mba🙂

    #pak Sawali
    ouch.. yups pak seperti mba ira setidaknya mereka sudah berniat untuk ikut menghormati dan berbelasungkawa

    #harriansyah
    wadow ada ga potograper alam bawah mas hari😆

    #goop:mrgreen:

    #kangTutur
    lho nyanyi to kang😆

    #kang husni
    dari pada sepenuh hati tapi ditindas :p

    #Nazieb
    wah berarti mo diriin negeri sendiri tuh
    *lirik comment makar*😆

    #iman brotoseno
    waks.. kayaknya ga dihitung deh pak.. yan penting berkibar😆

    #erander
    bang Eby.. huahauhauahua.. wadow pak sayah malah barusan bangun tidur dapet pemandangan gitu lansung jepret aja:mrgreen:

    #nirwan
    kalo jadi bubur gimana yah?
    thanks bro

    #sezsy
    didepan tempat kerjaan mba..:mrgreen:

    #Abeeayang™
    hansipnya lagi ikut upacara kali waktu itu
    :p

    #gempur
    hahahhahahhahah *ga sama negaranya yah*

    #Ina
    lha sayah udah menyumbangkan poto tuh?😆

    #Thamrin
    kok tau pak? jangan2 punya pak Thamrin nih:mrgreen:

    #deet

    yg penting semangat-a itu loh om..
    untung msh ngibarin bendera, walaupun apa ada-a gitu..

    lha dikaw ngibarin ga?? :p

    tp yg plg gak ada kerjaan itu, koQ ada yah yg moto-in??
    hwkekekeke..
    *si om dpt wangsit drmana tuh bs dpt foto-a?? *

    weks.. malah ngomongin sayah ga ada kerjaan, *kalo ga moto ga bisa posting sayah*-
    *dapet wangsit setelah makan onta*👿

    #tikabanget™
    waks… kayaknya ga butuh piguran deh.. habis pas angin bertiup, tapi selesai poto tu bendera dah ketutup Truck dah :mrgreen:

    #Andrew Anandhika Wijaya
    *lagi nelp orang ketiga tanyain pidbek*😆

    #3l3ctr0n
    yang dibakar mana nih bro? kalo rumahnya sih dah pernah kebakar masak harus kebakar tiga kali?😆

    #indra kh
    stttttt…. *lirik kiri kana*
    pak indra jangan buka rahasia dong
    hahahahhahaa

    #ade
    woloh…… kaw cemburu??😆


  57. ya kira-kira artinya:
    ini sekedar ikutan berduka buat yang meninggal, toh yang lebih penting jemuran cepet kering. Semboyannya: “Sekali memasang jemuran, dua tiga lembar jemuran kering sekalian…”


  58. maaf salah ketik semboyannya:
    “Sekali memasang bendera, dua tiga lembar jemuran kering sekalian…”
    😛


  59. Mungkin (mungkin) seseorang yang menjadi tujuan dikibarkannya bendera ini setengah tiang, menjadi salah satu penyebab tidak adanya tiang (baca lahan) yang pantas untuk mengibarkan bendera merah putih. Wallahua’lam. Hanya DIA yagn tahu. Tak berani menghujat.

    –Pagi-pagi makan soto….enak gitu lho…—


  60. *terdengar suara dr dlm kmr mandi*

    almas… mana neh handuk emak,
    emak uda selesai mandi neh.,
    😀


  61. Itu namanya dwi fungsi ABRI tiang bendera…


  62. bendera sama tiang nyaa, kalau bisa bakar sekalian semangat anak muda nya untuk bisa bakar tu bendera

    *nasionalis mode= OFF*


  63. kayaknya tuh gak niat masang bendera deh, ide awalnya kan jemur pakaian, eh gak tahunya salah satu kaki meja ada yang rusak, ya udag deh, tiang bendera jadi korbannya.


  64. itu bendera dikibarkan apa dijemur ya… perasaan, ga ada upacara penjemuran bendera. aku tau, dikibarkan yah? :pengibaran bendera setengah ati😉


  65. hohoho… iya, baru ngeh kalo itu bukan tiang bendera. tp tiang jemuran.😛
    gpp lah. yg penting usaha. hahaha…😀


  66. Ya ampun… segitu bisanya kali, asal benderanya jgn sampe jatuh ke tanah saja… *keinget dulu pernah dihukum push-up gara2 jatohin bendera*:mrgreen:


  67. bukannya ga niat, mbak…cuma emang cuma ada tiang itu…
    syukur aja benderanya masih bisa nyangkut😀


  68. bagus juga gambarnya. setengah tiang, tapi tak setengah hati. Maybe.


  69. tiang jemuran ?? ya mau gimana lagi, keadaan itu keluarga mungkin dah pas-pasan🙂. Beginilah keadaan rakyat pada umumnya…


  70. #bang Novri

    “Sekali memasang bendera, dua tiga lembar jemuran kering sekalian…”

    hahahhahaha betul sekali bang.. pas liat kayak gitu yang dalam pikiran hanya itu doang, naikin bendera sekaligus menjemur aja dah…

    #ibu Nin

    Mungkin (mungkin) seseorang yang menjadi tujuan dikibarkannya bendera ini setengah tiang, menjadi salah satu penyebab tidak adanya tiang (baca lahan) yang pantas untuk mengibarkan bendera merah putih. Wallahua’lam. Hanya DIA yagn tahu. Tak berani menghujat.

    Wallahualam jga bu.. memperkirakan hanya membuat pikiran macem2 aja :mrgreen:

    –Pagi-pagi makan soto….enak gitu lho…—

    bagi dong bu..😦

    #aLe

    sejak kapan mak daku berubah jadi cowok???😆

    #om adis

    lho ternyata tiang bendera jga mempunyai undang-undang??:mrgreen:

    #3l3ctr0n

    hohoohoho anak muda malah pada cuek ama tu bendera *mungkin dah punya bendera sendri kale*🙂

    #alfaroby
    entahlah.. ga niat ato emang mo dijadikan praktis aja ga tau dah sayah:mrgreen:

    #Samsul

    upacara penjemuran bendera?
    wah kalo gitu butuh paskibraka jga dong pak hahahhahha

    #Juminten
    tetep semangat gitu yah hahahahhahhaha

    #takochan

    *keinget dulu pernah dihukum push-up gara2 jatohin bendera*

    wakakakkakakka *inget kenangan kecil2*
    *ngakak terus*

    #verlita
    hihihihi untung ga diiket jga pake tali rapia 😆

    #bodrox
    niat dan pekerjaan sapa yang tau?🙂

    #mba Mitra

    tiang jemuran ?? ya mau gimana lagi, keadaan itu keluarga mungkin dah pas-pasan🙂. Beginilah keadaan rakyat pada umumnya…

    yupi mba… keadaan dan jga kondisi lahan yang sempit, sampe mo jemur pakaian pun digunakan trotoar jalanan🙂


  71. Berduka, saya ikut berduka
    Atas apa yang pulang dan atas tak tegaknya merah putih.


  72. pak harto itu orang besar dan hebat…
    dan di akui oleh berbagai pemimpin besar bangsa di dunia

    saya tidak sempat menaikan bendera setengah tiang, tapi di hati tetap saya sangat menghormati beliau


  73. ternyata ibuk saya udah pasang bendera juga…:mrgreen:


  74. yah, itu namanya ga menghargai bendera sendiri.
    kasian aja yah, masih ada juga org indonesia yg ga peduli dengan benderanya yg merupakan simbol negaranya, apa dia ga tau klo untuk memperoleh kemerdekaan sehingga kita dapat mengibarkan bendera merah putih itu mengorbankan berjuta2 nyawa warga negara indoesia…????
    indonesia2… kasian deh negaraku… gimana yah klo yg memperlaukan bendera kita itu orang malaysia..?????
    soal pak harto gw ga ada respek tuh sama beliau, pemimpin yg hanya mementingkan dirinya beserta keluarganya sendiri……


  75. oia…sampe kapan sih..kita harus masang bendera setengah tiang?masak mpe satu bulan?lama amat ya?


  76. itu yang ada garis biru2nya bendera apa bang?

    saya ga ikutan masang bendera, gak punya soalnya:mrgreen:


  77. kalo tidak melambai2 saya pasti tidak tahu kalo itu bendera, mungkin handuk atau taplak meja lagi dijemur, hehehehe.


  78. Maksudnya biar gampang dipindah-pindah, atau diumpetin kali, soalnya takut dicolong orang iseng buat lap, atau orang yang anti jendral besar…he.hee!


  79. *speechless*😦


  80. bukan protes, tapi cerminan kondisi ekonomi bangsa yang ngos-ngosan di tanah yang loh jinawi…


  81. Hmm…
    Tu namanya perasaan yang keluar n g dbwt-bwt dari ati🙂

    Tpi lucu juga ya???

    Nyari ampe mana tu…
    Yang akhirnya berujung mndapat objek bwt materi blog😀
    *curiga nie….😎 *

    Jangan-jangan rumah sendiri ato kos sendiri😆


  82. hmmm…makna filosofinya sendiri berarti
    tiang jemuran = tempat fakaian basah dikeringkan.
    bendera = lambang negara
    hmmm…
    jadi sefertina bendera itu semalam mimfi basah, sehingga harus dikibarkan diatas tiang jemuran *maksa*


  83. Kenapa pake tiang yah, kayanya lebih bagus kalo itu bendera ditaruh di jemuran itu bersama handuk-handuk basah …

    -Ade-


  84. aku ga pasang bendera didepan rumah tuh cuz ga punya bendera,,hehehe,,,


  85. di daerah saya, jarang yg kibarkan bendera setengah tiang.. kayaknya bukan karena pro suharto atau nggak, tp masyarakat kayaknya udah males mikirin politik atau hal2 kayak gitu, cari aman n mikirin diri sendiri aja deh, hehehe

    *egois mode on


  86. kalau dilihat dari sudut pandang jemuran, maka bendera ini malah berkibar satu tiang penuh… bukan setengah tiang…

    *berpikir*

    bang almas, ada posting baru dari blog beta… jang lupa isi komen akang e…😀


  87. harusnya saya juga memasang bendera setengah tiang menyadari dikau masih hidup…
    😥

    :mrgreen:

    *ngakak gulingguling*


  88. jadi ini nunggu 100 komen, baru apdet gitu yah😆


  89. @om aLe
    iya om… nungguin nyampah dari malang dulu baru updet😆


  90. ya..ya..ya..
    Abang, beta njiplak banner malukunya yah.
    Danke lai


  91. si om sengaja gak updet krn gi nyari momen palentin nih kyk-a!!😎

    or gi sibuk nyari mangsa ce2 SMU dah tuh..!!
    kerjaan-a pasti nongkrong di dpn jln, godain ce2..😆

    walah, emng bnr2 om2 onta.. *prihatin*
    :mrgreen:


  92. danke e… mau jua deng kasbi goreng. beta paleng suka akang😀

    nungguin orang malang??? siapa nih??

    *suiiiit….suiiiit….*😀

    kabuuuurrrr….


  93. kan sambil menjemur mengibarkan merah putih…kekekeke..

    *judul postingannya mirip sama punya saia ==> http://maruria.wordpress.com/2008/01/28/episode-setengah-tiang/*


  94. ::almascatie, ini baru postingan ke 95, tadi dibelakang saya masih ada 350 bloger lagi yang antri mau baca postingan ini, jangan di update dulu ya…😆


  95. Udah lama saya g main kesini… sekarnag waktunya blogwalking. hehuehuehuehue


  96. haha,

    http://alix.wijaya.web.id/ *baru neh*

    nyampah deh klo gt😆


  97. mungkin juga tuh, aku juga lagi coba2 cari bendera baru ni broo, kalau ada yang bagus YM aku ya mas


  98. APDET
    APDET
    alma jelexxxxxxxx


  99. apakah saya menempati urutan ke 100 ??😛


  100. #mba puan

    Berduka, saya ikut berduka
    Atas apa yang pulang dan atas tak tegaknya merah putih.

    *cuman bisa ikut terharu*:mrgreen:

    #ridhocyber
    tidak semua manusia itu sempurna, dibalik kebaikan mungkin ada aja kekhilafan yang dibuat… dan lagi satu keburukan kadang dapat menghapus semua kebaikan…

    #niez-nya adit
    lha anaknya kok kagak??

    #mira
    penghargaan terhadap bangsa dapat terjadi melalui simbol2 yang ada seperti bendera… jika sampai bendera sudah diperlakukan seperti ini mungkin setidaknya kita bisa melakukan intropeksi yah.. mungkin emang rakyat indonesia sudah tidak lagi menghargai bangsa ini..
    ah kenyataan yanng paleng menyakitkan :mrgreen:

    #stey
    lha yang masang sapa? trus yang menyruh sapa?
    :p

    #tan andalas
    stttt bendera partai kali😆

    #yanworks
    uhuk… untung benderanya ketiup angin😆

    #Artana
    hahahha ga tau tuh bang.. ga nanya sih daku🙂

    #suandana😆
    kenyataan menyakitkan kah?

    #bang munggur

    bukan protes, tapi cerminan kondisi ekonomi bangsa yang ngos-ngosan di tanah yang loh jinawi…

    suara dan kritikan lansung tidak lagi diterima sampai menjadikan simbol negara ini menjadi sebuah permainan🙂

    #sang “Ibu”

    Hmm…
    Tu namanya perasaan yang keluar n g dbwt-bwt dari ati

    weh kok ngerti?? *curiga mode on*

    Tpi lucu juga ya???

    lha???😆

    Nyari ampe mana tu…
    Yang akhirnya berujung mndapat objek bwt materi blog
    *curiga nie…. *
    Jangan-jangan rumah sendiri ato kos sendiri

    hust emangnya sayah anak kost??🙂

    #hoek

    hmmm…makna filosofinya sendiri berarti
    tiang jemuran = tempat fakaian basah dikeringkan.
    bendera = lambang negara
    hmmm…
    jadi sefertina bendera itu semalam mimfi basah, sehingga harus dikibarkan diatas tiang jemuran *maksa*

    mimpi basah?? jubile dah *ga berani menapsir lebih lanjut*😆

    #Sayap KU
    biar keliatan lebih tinggi n bisa cepet kering kali de’:mrgreen:

    #ika
    sama dong:mrgreen:

    #wira
    hahahahahah to the point mas… perduli dan ga peduli hasilnya tetap sama aja sih🙂

    #siapaindra
    buset sampe diliat dari sudut jarak segala
    :p

    #Mrs. Fortynine
    wasyemmmm… *tendang shiwi ke aprika*

    #sef
    yoi bro…😀

    #deet
    hust… *siram deet*
    anak TK mo tau urusan orang tua2 aja sih
    :lempar deet pake onta kering*

    #siapaindra
    hahahahah hadoe beta tobat jua
    :p

    #maruria
    efektif dan efisien.. :p

    #zal
    simprul… *wasyem

    #AdityaWirawan
    silahkan… jangan lupa oleh2 yah😆

    #aLe
    woo dasar tukang mbuat blog:mrgreen:

    #3l3ctr0n
    weh.. sayah udah punya bendera baru, n kayaknya ga perlu dicari lagi deh.. benderanya udah ada tinggal mo dinaikkan atau disimpan dalam lemari🙂

    #jiki
    uhuk.. *terpeleset*

    #mba mitra
    kayaknya sih mba.. selamet yah😆


  101. untuk banyak hal yang memprihatinkan ditanah- air kita ini,
    Bendera setengah- tiang barangkali harus kita pasang tiap hari,


  102. […] RI. lalu angan pun mengembara dan mengingat sebuah posting lama bertanggal 29 Januari 2008 berjudul Setengah Tiang, disaat sang mantan presiden itu meninggal dunia dan seluruh negeri harus menaikkan bendera […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: