h1

Pardidu : Seram & Buru

12 Maret 2008

Pulau Buru, pulau pembuangan Tapol dan Napol para mantan -yang katanya- PKI dengan sejuta misteri politik dan keindahan sekaligus geliat arus bawah yang ingin menonjok ke langit, pulau dengan gunung2 yang penuh dengan kayu putih meneteskan rupiah dan juga membawa kapital-kapital masuk menambah deretan kemiskinan.

Warning! Potonya banyak banget tapi lebih banyak narsisme yang bertebaran maap kalo bikin ngos-ngosan pakir benwit seperti sayah..



Pelabuhan : Pelabuhan Namlea Dari atas Gunung


Minyak kayu putih : Gunung bekas tanaman kayu putih yang habis terbakar pada saat musim kemarau namun kembali hijau pada waktu musim hujan.


Gembira : Kegembiraan anak-anak buru


Pulau Tiga : tiga pulau tidak berpenghuni diselat antara Pulau Seram dan Pulau Ambon dilihat dari kapal yang menuju Namlea.

Pardidu Di Pulau Seram
ini bukan Seram yang menakutkan itu tapi ini julukan bagi pulau Nusa Ina *ga tau kenapa dikasih nama Seram, kayaknya dari jaman belanda deh* masih diteliti neh

Sakral : Kawasan Tiga Batang Aer, sejarah orang Maluku bermula dari tempat sini, tiga bersaudara anak Raja alifuru berpencar ditempat ini dan membangun seluruh suku yang ada diMaluku


Mancing : seorang nelayan sedang memancing didekat pelabuhan Feri


Sendiri : Pohon Bakau yang terbuang dari kumpulannya


Pulau Indah : Pulau kecil tempat rekreasi yang sangat indah yang berada diantara pulau Ambon dan Pulau Haruku


Laut Banda : pemandangan Laut Banda yang tenang dari pulau seram


Hasa Omba : sebuah Perahu Tempel sedang mengantarkan penumpangnya dari kota kecamatan ke desa-desa mereka


Istrahat divilla CInta : sebuah tempat nongkrong yang dibangun pemuda Tamilouw untuk tempat istrahat para pengendara motor yang melewati desa tersebut, sambil menikmati keindahan desa tersebut dari atas ketinggian *sayang nyampe disitu dah amper maghrib ga dapet sunset dah*


Sungai Kering : sungai mengalir membelah lebatnya hutan


Menyebrang SUngai : awas banjir oi😆


Nenek : seorang nenek sedang duduk2 dengan cucunya diberanda rumah


Pisang Goreng : Habis mengendarai motor berjam-jam, maka acara paleng enak adalah menyeduh kopi sambil menikmati pisang goreng dari anak-anak kecil yang berjualan :nyam..nyam:


Lensa : Anak SMA yang baru keluar dari sekolahnya


Terminal Rakyat : ini baru namanya terminal Rakyat, beratap Daun sagu, berdinding Gaba-gaba dan dekat pantai.. kalo duduk disini dijamin pasti bawaanya ngantuk dah

ArgggHHHhhhhHHhhhh

I Hate THIS…..!!!!


UH I Hate this : Kerusuhan sudah berlalu tapi para pengungsi ini masih belom keurus juga sampai mendirikan tenda2 darurat dan gubuk2 dari pelepah gaba-gaba sambil membangun rumah-rumah mereka yang layak ditempati…
aRGHHHHHhhhhh kemana sih upulatu Maluku??

102 komentar

  1. liat semua pemandangan begitu indah
    hanya yang dibawah menyesakkan dada
    ah saudaraku….
    T_T


  2. wuih keren banget…


  3. siyal… pertamx diembat jugak😛
    saya suka gambar transaksi itu, efek2nya keren….
    bisa dapat gambar ungu itu gimana? sotoshop apa aslinya?


  4. ungu sotosop…
    ungu asli rada buram😀
    holoh sayah malah suka pisang gorengnya aja rul


  5. liat Ewang itu segar banget…. subhanallah yah, Nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan.


  6. apalagi yang mandi disitu .. uh sejuk banget.. abis mandi berjemur dah *lansung gosong*😆


  7. aaaahhhh, batapa indahnya, kapan ya awak bisa ke sana….


  8. wow…..
    sumpeh kerennnn…..
    apalagi ewang dan poto pulang sekolah itu:mrgreen:


  9. WAA..WAA..WAA..pengen banget mandi di sungai yang jernih kek gitu!!

    *liat Ciliwung*

    *bergidik ngeri*


  10. 🙄
    ina itu nama pulau?
    kirain temenku yang di makasar😆
    nice picture bro😀


  11. Wauwww…. indah bangetttt…
    Keindahan pantai n gunung, hmmmmmm…. Aku sangat suka pemandangan seperti itu.
    Apalagi itu pisang gorengnya, udah lama aku ga pernah mencicipinya. Hmmm… nyam nyam nyam
    *ngebayangin*🙄

    Semalam udah di pamerin soto ayam ma lontong, sekarang kesini malah liat pisang goreng:mrgreen:
    *ngiler lagi*


  12. skrinsutnya mantab bang…🙂


  13. […] Maret 11, 2008 Super Semar, Semar Super dan Semar […]


  14. pake kamera apa??


  15. Saya suka foto yg pertama…

    Ungu…:mrgreen:


  16. eh sempet kenalan ama anak2 SMA itu ndak? bagi nomer hapenya dunk… *digebuk*


  17. keren foto nya! seharusnya pulau buru dan seram dijadikan sebagai tempat andalan wisata bagi program visit Indonesia ya!?


  18. Bagus ya pemandangannya. Bahkan dengan pemandangan seperti itu cukup untuk membiayai negeri ini. Sebenarnya Indonesia lebih baik jadi negeri pariwisata, ketimbang negara pariwisata.
    halah…
    maaf OOT.
    peace😀


  19. ketimbang negara industrialis, maksudnya.


  20. Buset dah, poto terbanyak dalam sebuwah Post nyang pernah sayah liat…. 👿

    Btw, pemandangannya sungguh Indah….


  21. wah bagus banget pemandangannya…………….
    jadi pengen, ayo donk buat para blogger, siapa yang amu kasih tiket ke aye biar bisa kasana……:-)


  22. Photonya bagus – bagus tuh Almas. Thanks🙂


  23. wuiihh..
    ada jg oleh2 pardidu-a.. ^-^
    keren2 pemandangan-a..
    suka liat yg sotosop ungu..😎
    tp koq gak pink aja om, hihihihi..

    btw, dt bnr kan?!
    itu ada foto tante2 SMA-a..😆

    yg foto terakhir, akh.. T_T
    *miris*

    eh, koQ gak ada foto narsis diri sndiri om??! xp
    *siul2*


  24. Jika melihata pemandangan2 diatas lengkap dengan kehidupan masyarakatnya, sering kali menyayat hati. Bumi pertiwi yang elok rupawan, tanah tumpah darah beta, tanah tempat membesarkan harapan .. tapi, kita seperti hanya jadi penonton saja. Melihat dari luar jendela.

    Al .. terima kasih atas upaya mu untuk mengabadikan keindahan tanah air ku Indonesia, khususnya Maluku. Selama ini, yang disajikan dilayar2 kaca hanya kehidupan ibukota dengan pemandangan2 artificial. Pohon2 tinggi diganti dengan gedung2 tinggi. Semoga Allah selalu melindungi kita semua.


  25. sumpah, aku kepingin banget ke sana.
    kayaknya tenaaaang banget…


  26. Ini bakat atau profesi Mas ?😉


  27. Ahh foto2nya bagus. Saya rindu ingin melihat Seram (kampungnya oma sayah). Ingin berkeliling juga melihat Ambon dan sekitarnya. Bagaimana mungkin, sedangkan kampung saya di tenggara (saya dari tual) aja belum pernah saya kunjungi. Ahhh indahnya. Salam basodara.


  28. Mas Almas, foto2nya keren. Pemandangannya sangatlah indah. Aku suka banget. Walang pengungsinya mengingatkanku akan kampung halaman, hik…


  29. aku nunggu sesuatu:mrgreen:


  30. Fotonya keren2 ya, Suka banget deh sayah dengan foto2 alam gitu.


  31. Hohoho pardidu terus.aku ikut2an ah,banda dibikin trilogi


  32. senang dengan laporan perjalanannya nih..


  33. waktu beta SMP dolo….
    beta pernah liburan di pulau Pombo….
    itu sewa perahu warga di dekat pelabuhan Liang…
    sampai di sana pulau seng ada manusia…
    sepi…
    mar ada satu kacupeng alus namanya burung Pombo…
    tinggal di atas dahan tingi-tinggi…


  34. saya cuman ndengar cerita pulau Buru dari si Pram, jaddah cantik betul pulau itu ternyata .
    tapi smoga kecantikan pulau itu, ndak terkotori karena kedatanganmu:mrgreen:


  35. fotonya keren say, tapi bener tuh, gambar yang terakhir bikin saya jadi miris……
    ke mana pemerintah?


  36. eh mas, keren banget vectornya…ajarin dunks😀

    keren2


  37. This post is very hoting, and this blog is high ranked in
    the top blogs report
    . You can
    earn some money with a good blog
    like this.


  38. kapan saya diajak mas?! aseli ngiri banget…


  39. welah al…dari dolo ngasih postingan gambar2 nyang mantap kali…mbok ya saya diajak kesana….
    *colek2 almas*


  40. #Oom Ndaru:mrgreen:

    #Om Baliazura
    wah pulang sekolah? wihhh sama dong😆

    #tukangkopi
    hehehehe ayo-ayo kesini aja yuk.. beneren dari pada mandi di ciliwung hahahhah

    #Goop
    kalo ina yg dimakassar emang sejenis pulau jga dia.. pulau Inamayodri wakakkakakak

    #Mba Dwi
    hahahhahaha makin ngiler dah😆

    #mybenjeng
    makasih mbah…

    #Jendral Bayut
    Olympus D95Z, f/2.8

    #adit-nya niez
    busyet manja amit😆

    #anto

    eh sempet kenalan ama anak2 SMA itu ndak? bagi nomer hapenya dunk… *digebuk*

    mau?? telp daku ntar kujawab hwakakakkakaka

    #nicoustic
    hohohoho kalo itu disini ga masuk daerah pariwisata.. masih alami semua… cuman beberapa tempat saja disini yang dijadikan andalan😦

    #norie
    seharusnya seh.. tapi yah gitu gajah didepan ga keliatan semut dikejauhan keliatan:mrgreen:

    #mbelgedez
    hwakakkaka itulah mbah.. tapi dari pada ga masuk mendingan masukin semuanya aja😆

    #zakiyah umami
    wah sayah aja termasuk pakir mba.. pakir benwit
    *lariii*

    #Dewa Dewi
    makasih mba….

    #Deet

    wuiihh..
    ada jg oleh2 pardidu-a.. ^-^
    keren2 pemandangan-a..
    suka liat yg sotosop ungu..😎
    tp koq gak pink aja om, hihihihi..

    ya harus tuh dari pada bawain oleh2 yang berat mendingan ini aja hahahha

    btw, dt bnr kan?!
    itu ada foto tante2 SMA-a..😆

    😳 *stttttttt jangan besar2 napa ngomongnya*

    yg foto terakhir, akh.. T_T
    *miris*

    😦

    eh, koQ gak ada foto narsis diri sndiri om??! xp
    *siul2*

    huuuu dari pada disemprot sama kaw mendingan syaah buang jauh2 mimpi untuk mejeng disini hwakakakkaka

    #Bang Eby
    Aminnn… iyah.. kita kayaknya dipaksa menjadi modern secara instan tanpa perlu melihat dari mana kita berasalah😦

    #n0vri
    kalo ada rencana kesini, ntar daku temenin deh bang.. yah liburan satu dua hari kan hehehhehe

    #Pak Heri

    Ini bakat atau profesi Mas ?😉

    Gyaaaaaaaaaa hwakakkakakak pak heri ini bisa aja sih.. kayaknya hobi buat buang2 duit deh pak hahahha

    #Mba Ocha
    kampung Oma-nya dimana mba? sapa tau sayah bisa jalan kesana sekalian sayah poto2 :p
    eh kalo tual malah sayah pengen jelajahi tuh…. habis TUal malah daerah paleng alami yang belom terjajah modernitas sekaligus masih banyak potensi yang belom tergali
    salam kenal mba

    #Mba Hanna
    wih.. msak sih mba?

    #jiki
    tunggulah aku datang sayang
    *ngumpet*

    #AdityaWirawan
    makasih pak

    #Adis
    makanya jangan kelamaan di ternate sonoh.. ayoh cepet pulang. kan baru dapet motor baru kan? ntar barengan sama om sef dah hahahah

    #iman brotoseno
    semoga laporannya memuaskan pak!!
    hiihihihiih

    #Indra

    waktu beta SMP dolo….
    beta pernah liburan di pulau Pombo….
    itu sewa perahu warga di dekat pelabuhan Liang…
    sampai di sana pulau seng ada manusia…
    sepi…
    mar ada satu kacupeng alus namanya burung Pombo…
    tinggal di atas dahan tingi-tinggi…

    hahahaha eh tapi kalo skr malah sering orang pi kasana tuh.. pake speed lai
    tapi sayang kacupeng alus tuh su jarang lia… seng tau punah ataukah habitatnya terganggu karna ada tranportasi yang padat disekitar situ

    #Regsa

    tapi smoga kecantikan pulau itu, ndak terkotori karena kedatanganmu:mrgreen:

    simprul.. ada poto aku kaw marah2 ga ada poto aku kaw sumpahin wkakakakakakkakak
    kapan kesini ger? kerja bareng boss aku si mahluk aneh aja yah
    hwakakkakakka

    #Mba Ira
    itu yang sangat menyesakkan mba… kasian mreka.. padahal dananya dah ada tinggal gerak aja tuh orang2 pemerintah namun sampe skr mreka belom dapat jga hiks

    #Mba Liez
    wuihhh itu aja baru belajar mba.. setelah bertahun2😀

    #phuongnana
    dangke nyong!

    #Om Gempur
    lha sayah sih pengen ngajak semuanya😀


  41. #Om Abe
    walah… sayah mah pergi gitu sambil numpang kerjaan hahahha yah kadang2 aja jalan2 sendiri tapi kebanyakan numpang doang
    :p


  42. masih ndak mudeng juga, kenapa pulau buru yang eksotis itu bisa menjadi tempat pembuangan para tapol, yak?


  43. bener-bener indonesia banget.

    Di sana ada resort nggak yah? Kalau blon, berarti saya bisa bangun resort to hotel disana dong


  44. perasaan jalan-jalan mlulu ya?? senangnya!!! *iri mode ON*


  45. foto-fotonya indah sekali… jadi pengin jalan-jalan kesana juga😀


  46. aduh … foto2nya cuantik sekali … bikin iri mau ke sana deh😀

    thanks kunjungannya yah🙂


  47. belum pernah ke sana

    pingiiiiiiiiiinnnnnnnn😦


  48. #pak sawali
    kayaknya terpencil dan dulu masih liar *jadi teringat ama percakapan para mantan tapol😦

    #quolpi
    ada sih.. tapi kalo menjangkau daerah2 belom masih ada dikota kabupaten aja

    #om Totok
    makasih om

    #eliswelt
    makasih..n sama-sama

    #wennyaulia:mrgreen:


  49. Kalau sekedar weekend sih mau😛
    Tapi kalau ber-wwk-week bahkan ber-mont-mont, lantaran jadi napi, ogah ah:mrgreen:


  50. selalu ada keindahan dibalik hal hal buruk🙂


  51. wah fotonya bagus2
    asri banget… bisa gak ya jakarta se-asri itu?:mrgreen:


  52. belum terjamah keangkuhan..
    natural sekali alamnya..
    indonesia memang indah sekali…


  53. mampir lg deh…
    tombo (obat) kepingin…😀


  54. perfect, dan foto tittled: sendiri itu perfectest. Posisi si bakau yang dibuat di pinggir, makin menguatkan komposisi kesepiannya. dan caption-na itu lo: “Pohon Bakau yang terbuang dari kumpulannya…”

    *berlagak jadi analis fotografi*
    *daripada nangis liat foto2 plg bawah?*


  55. FOto2 na KEREN……
    Harus kesana..
    *nulis2 di wishlist


  56. petilasan kanjeng kyai Pram ga da gambarnya😦


  57. Wah… foto2nya ngambil sendiri nih?? Bagus euy!! Bakat jadi fotografer internasional profesional nih!😀


  58. almas, saya suka foto yang paling atas. warna ungu-nya bagus banget!!

    foto yang lain juga keren-keren. pengen bisa moto kayak gitu… T_T

    dan yang paling bawah itu ngenes…😐


  59. kek bagus banget🙂

    wah..kapan ya bisa kesana???


  60. sereman muka om almas ah…


  61. Mohon dukungannya, Mas.
    http://atapsenja.wordpress.com/2008/03/15/lapar-menjemput-ajal-pedulikah-kita/


  62. jadi tringet bukunya pramudya yg nyritain pengalamannya di pulau buru. kemaren juga barusan crita2 sama relasi yg pernah dines di pulau buru, katanya viewnya kewren abis, masih aseli. cucok deh sama poto2nya…🙂


  63. KEREN BETUL PEMANDANGANNYA SOBAT……THANKS SUDAH MEMPERLIHATKAN KEINDAHAN DIBELAHAN LAIN NUSANTARA KITA. –SALAM–


  64. mana narsis-nya?


  65. ladang minyak kayu putih ijo banget yaks al…moga ajah terawat….
    o iya, nyang gelayutan di becak kamuh khan al? 😆
    *dicemplungin kelaut buru*


  66. terminalnya sepi kaya itu? di pinggir pantai pun?
    *terheran2..*


  67. suka banget , meski agak narcis menurut saya , tapi keren


  68. sumpah keren banget…

    lagi jalan jalan sore nih….


  69. Gilak!!! ungu nya keren banget…..
    Kagum + meringis…..
    daerah kayak gini jauuuhhh 1000X lipat lebih indah daripada daerah2 pariwisata di Malaysia…

    Ah Indonesia, kita ngga perlu menguras hasil tambang kita kok…. dari pariwisata saja kita bisa makmur seperti Bali..

    ARGH!!! Kecewa sama Mentri Pariwisata!!


  70. #djunaedird
    wkakakakkak kalo jadi napi sekalian dapet gaji gimana?😆

    #leksa
    siapa yang bisa melawan?:mrgreen:

    #hanggadamai
    bisa kok.. asal orang jakarta mau aja😀

    #tehaha😀

    #mba wennyaulia😆

    #Nesia!
    wew… makasih bang asal analisisnya🙂

    #5un5hine
    aminnn semoga bisa kesini…..

    #sayurs😀 khusus untuk PKI Muda komsumsi pribadi om😆

    #Yari NK
    wah ga bisa bayangkan deh pak… poto seadanya aja😀

    #cK
    makasih chik.. weh kalo dirimu jadi objek pasti tu poto lebih kren lagi😆

    #shaffiyah
    lha ibu maunya kapan??
    *siap2 jemput Ibu di bandara*:mrgreen:

    #Moerz
    lebih serem wajah kaw lah hahahhaha

    #mba hanna
    siappppppp

    #titov
    wew… sipppp 🙂

    #daeng limpo
    makasih daeng

    #suandana
    kangen kaw sama narsisku?? hwakakkakkak

    #om Abe
    hehehe kan baru tumbuh tuh.. ntar kalo dah kebakar yah gosong lagi dah

    #novee
    unik kan??😀

    #realylife
    thanks bro

    #diyniy
    wah jalan2 sore nih ye kok ga ajak2 sih😀

    #Raffaell
    itulah bro.. Indonesia ini indah tapi dipandang hanya dari kaca jendela dibalik kawalan aparat bersenjata.. gimana bisa liat keindahan bumi ini
    hiks


  71. 😦
    ngiler sayah liatnya..
    **napsu jengjeng kumat**


  72. keren2 euy potonya😀

    lam kenal…gi blogwalking nih mas


  73. wah bagus2 fotonya! hehehe

    salam


  74. wah bagus sekali pemandangannya, jadi pengen kesana? kapan ya ada yang ngajak?


  75. #mba tika
    weh jenjeng apaan to mba?😀

    #gagah
    salam kenal jga boss

    #xero
    makasih n salam kenal

    #om yankwork
    ntar tunggu diajak sama bini aja om hihiihhihii


  76. *fakir bendwit*

    Foto na banyak amat sech….!! lama kebuka na.
    untung aja pas kebuka keren2…coba kl nga dah aku penggal kamu.

    btw…kok bernuasa ungu2 gitu yach..makin keren.
    dan makin keren krn ada nama pulau pake namaku.😀

    *injak2 boy dl sblm pergi*


  77. *balik lagi*

    boleh nyampah nga?

    *injak kaki na boy*


  78. *baru sadar*

    Header na keren boy…!!!!
    *akal jahat muncul*

    Hetrixxxx euy..!


  79. haduh…ga bisa liat poto2nya😦 maap gambar dimatikan disini :p


  80. cuma mampir😀


  81. jd pingin jln2 ksono🙂 , btw lam knal yahh *salaman*


  82. indah batul… sampe beta ingin rindu mau pulang ka ambon.


  83. Indahnya….. Ditambahnya pandainya seseorang di balik kamera mengabadikannya…
    Gak ada gambar yang paling kusuka… karena semuanya aku suka…Fantastic…
    Indonesia memang benar-benar karunia Allah yang luar biasa…
    BTW… Al, begitu banyaknya foto yang ditampilkan, tp kok gak perlu waktu lama untuk membukanya. Sizenya kecil ya? maklum…. gaptek kelas berat….Harus belajar nih dari pakarnya…


  84. niiiiiceeee shot,

    bakat motretnya makin terasah nih…😉


  85. test…..


  86. Suer…gambar2nya bagus euy..sy ampe ngambil gambar orang yg sedang mancing utk cover di komputer kerja..tp gambar yg terakhir duh ko sedih bgt ya, pemerintahnya kemana sich…


  87. nwanglaa itu baru namanya beta pung ambon tuh……
    dia pung gambar dari atas sampe bawah kereeeeeeeeeeennn

    for ambon manise…. tunggu beta eeee


  88. oh…Pulau Buru..Namlea….Hatawano..yang beta cinta….gambar-gambar diatas membuat beta menangis….mengingatkan beta akan sagala tentang tanah kelahiran….. yang sudah hampir 8 tahun belum beta kunjungi…..

    Bahrun Warhangan


  89. hikz pulau 3 nongol disini juga,..hehehe,.
    mantap bung..usi,.

    salam kanal

    ,….nona asilulu,..


  90. foto2nya bagus-bagus
    thx


  91. sudah dri 1990 su seng pulang, dan masih inggat thun 1986 beta deng mam deng kaka pergi ke pulo pombo yang laen pd pergi k pantai liang …..


  92. @Nona Asilulu
    lama sng nulis ee.. updet blog do nona hahaha

    @Bahrun
    kapan pulang bos??😀

    @Pak Yusuf🙂 kenangan yang seng terlupakan pak yah😀


  93. tak pernah ada kata-kata yg bs terucap tentang pulau Buru dan Namlea… ada yang tertambat dalam hati sekian lama dan sampai kini. Desa Mekar Wangi, Waigeren / Wae Apo. Namlean. Miftakul Jannah… siapa yang tahu dia di mana? terima kasih,


  94. rame batul…………..e


  95. katong samua basudara satu bahsa satu suku, deng satu moyang………


  96. subhanalloh sungguh takjub oleh Mu ya Allah
    trimakasih engkau tlah mnciptkan ke indahan dunia ini.


  97. petani jabon mampir lagi nich,,,
    salam


  98. waw….
    tempat kelahiran kuuu!
    krenztttt……..


  99. @Savitri Tan
    caca.. caca Tan? dari namlea kah.. masih sudara deng beta kalo gitu..🙂


  100. ma siang salam kenal baku dapa lae,,,,,,,,,,,,,


  101. ih….gunung yang terbalut pohon kayu putih,begitu sejuknya di pandang mata…..
    hai….p.buru khususnya kec waeapo unit 16,pa kbrnya
    boleh dunk kl aku ingin byk tahu tentang kec.waeapo…..????????
    tambah za gambarnya…………


  102. wah.. kangen pulang pas lihat foto2 ini. salam kenal saya dari pulau buru tepatnya dari Namlea.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: